Materi Bola Basket Lengkap Pengertian Sejarah Teknik Peraturan Dll

Materi Bola Basket Lengkap Pengertian Sejarah Teknik Peraturan Dll

Apa sejarah permainan bola basket indonesia. Peraturan permainan bola basket. Aturan dasar pada permainan Bola Basket adalah sebagai berikut.

Bola dapat dilemparkan ke segala arah dengan menggunakan salah satu atau kedua tangan. Bola dapat dipukul ke segala arah dengan menggunakan salah satu tangan tetapi tidak boleh dipukul menggunakan kepalan tangan meninju.

Sejarah Bola Basket Permainan bola basket saat ini telah menjadi salah satu olahraga yang terpopuler di Indonesia meski ketenarannya masih kalah dari sepak bola maupun bulu tangkis. Seiring berjalannya waktu olahraga basket semakin terkenal kini terlebih setelah kompetisi lokal dari antar sekolah hingga profesional telah semakin baik.

Dengan begitu ke depannya basket kemungkinan besar bisa lebih banyak peminatnya di Tanah Air. Dalam permainan bola basket dikenal adanya teknik permainan bola basket.

Di Indonesia sendiri bola basket sudah terkenal sejak lama. Sehingga tidak heran lagi jika olahraga yang satu ini diminati banyak orang.

Berikut sejarah singkat bola basket di Indonesia. Sejarah masuknya dan perkembangan olahraga bola basket di Indonesia tidak bisa dilepaskan dari penyebaran olahraga ini dari Amerika Serikat asal olahraga bola basket ke negara-negara Asia Timur sesuai dengan kondisi geopolitik saat itu.

Permainan basket dimainkan oleh dua regu yang masing-masing beranggotakan lima orang. Tujuan utama dari permainan ini adalah memasukkan bola ke ring basket lawan untuk mencetak poin serta memenangkan pertandingan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia KBBI pengertian dari permainan basket merujuk pada pengertian bola basket. Kedua tim tersebut saling bertanding untuk mencetak poin dengan memasukkan bola ke keranjang lawan sebanyak-banyaknya.

Olahraga tersebut sangat populer di Amerika Serikat dan penduduk di belahan bumi lainnya seperti Eropa Selatan Lithuania hingga Indonesia. Untuk sejarahnya di Indonesia permainan bola basket masuk di indonesia setelah Perang Dunia II yang dibawa oleh perantau-perantau Cina.

Permainan ini dapat berkembang dengan cepat. Sehingga pada PON 1 di Solo Permainan bola basket dimasukkan dalam acara pertandingan.

Demikianlah informasi mengenai topik yang berjudul Apa Pengertian Bola Basket. Ini Arti Sejarahnya Secara Singkat.

Sejarah Singkat Bola Basket. Nama basket didapatkan ketika seorang siswa YMCA mengatakan kata basket tidak sengaja.

Kemudian Dr James Naismith yang merupakan pencipta permainan ini pun tertarik menggunakan nama tersebut. Serjarah singkat bola basket berawal dari tahun 1891 di YMCA yaitu sekolah pemuda kriten di daerah Kanada.

Sejarah permainan bola basket yang terdapat di Indonesia berawalnya dari kedatangan pedagang dari Cina yang telah menjuala jenis bola basket setelah menjelang kemerdekaan. Sejarah bola basket di Indonesia terus berlanjut tepatnya pada tanggal 3 April 1982 untuk pertama kalinya dalam sejarah di Indonesia diadakan pertandingan bola basket antara raja wali Jakarta melawan semangat Sinar Surya Yogyakarta.

Sejarah bola basket singkat di dunia indonesia dan juga cerita penemunya hingga terpikirkan untuk membuat permainan bola basket cek disini. Aturan permainan di Indonesia sendiri tentu saja mengikuti standar 4 x 10 menit.

Sejarah Bola Basket via google images. Basket adalah permainan yang diciptakan oleh seorang guru olahraga bernama James Naismith di sekitar tahun 1891.

Apa tujuan dari permainan bola basket ini. Tujuan utama dari permainan bola basket ini adalah untuk mencarimendapatkan poin sebanyak-banyaknya dengan cara memasukkan bola basket tersebut kedalam ring lawan.

Permainan bola basket ini dilaksanakan di ruangan yang mempunyai ukuran lapangan dengan lebar 15 meter dan panjang 285 meter. Nah itu tadi Sejarah Bola Basket di dunia dan di Indonesia lengkap.

Ternyata bola basket memiliki sejarah yang panjang dan tingkat persaingan yang ketat di beberapa negara di dunia ya. Dengan mengetahui sejarah bola basket dan peraturannya diharapkan kamu bisa lebih mencintai permainan ini dan juga meningkatkan sportifitasmu.

Sejarah permainan bola basket yang ada di Indonesia berawal dari kedatangan pedagang dari Cinayang dimana tepatnya menjelang kemerdekaan. Pada masa itu telah berdiri beberapa klub bola basket di kota-kota besar yang berada Indonesia seperti Jakarta Surabaya Semarang Bandung dan juga Yogyakarta.

Sejarah bola basket pun semakin berkembang dan mendunia dengan berdirinya organisasi bola basket dunia Federation International de Basketball Amateur FIBA. Seperti sejarah bola basket di atas tujuan dari permainan ini adalah untuk mendapatkan point sebanyak-banyaknya.

Namun masih banyak orang yang belum tahu tentang ketentuan pemberian point atau skor dalam olahraga ini. Tidak adanya bola khusus yang digunakan pada awal terciptanya permainan basket membuat banyak inisiatif yang muncul untuk menciptakan bola basket pertama di dunia.

Hal ini akhirnya terjadi pada tahun 1893 sebuah kantung karet bekas dilapisi kain yang di jahit membentuk bola menjadi bola khusus permainan basket pertama di dunia. SEJARAH PERMAINAN BOLA BASKET Cabang olahraga memang sangatlah banyak salah satunya yaitu bola basket ini.

Bola basket ini merupakan salah satu cabang olahraga yang dalam permainannya menggunakan alat yaitu bola. Tahukah kamu permainan basket sudah ada cukup lama di dunia lo.

Basket muncul pada tahun 1891 Kids. Nah mulai saat itu permainan yang menggunakan bola ini pun terus berkembang serta meluas sehingga menjadi olahraga yang sekarang ini hampir dimainkan di seluruh balahan dunia.

Yap berbagai negara di dunia telah mengadopsi.

aminama.com

Related Image with Apa Sejarah Permainan Bola Basket Indonesia