Pengertian Fungsi Tujuan Gerakan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Teknik Bola Basket

Pengertian Fungsi Tujuan Gerakan Teknik Pivot Dalam Bola Basket Teknik Bola Basket

Apakah fungsi pivot dalam permainan bola basket. Pivot basket Permainan basket memang merupakan salah satu olah raga yang banyak membutuhkan pergerakan tangan dan kaki. Dan setiap pergerakan baik tangan atau kaki biasanya juga memiliki banyak variasinya dan harus juga mampu di kuasai dengan baik oleh setiap pemain bola basket.

Pivot menjadi teknik dasar dalam permainan bola basket meski begitu banyak pemain yang salah dalam melakukan pivot dan akhirnya menjadi pelanggaran tentunya merugikan untuk dirinya dan tim. Oleh karena itu kami akan membahas pivot dengan lengkap dan jelas agar kamu bisa mempraktekkannya dengan baik.

Teknik pivot merupakan salah satu dasar bermain bola basket dengan posisi bola yang masih di tangan mempertahankan bola dari lawan dengan menggunakan gerakan badan putaran kaki atau badan tersebut dapat diputar sampai 360 derajat selama tidak bergeser kaki yang satunya karena satu kaki sebagai tumpuan atau poros jika kedua kaki sama-sama bergerak maka akan terjadi pelanggaran kesalahan. Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi pivot dalam permainan bola basket.

Gerakan pivot bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan celah pada pertahanan tim lawan. Celah ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan teknik lain dalam permainan bola basket seperti drive shooting passing dan lain-lain yang bisa menguntungkan tim sendiri.

Pivot adalah gerakan memutar badan dengan bertumpu pada satu kaki sambil memegang bola basket. Gerakan putaran pada Pivot tidak boleh sampai menggeser letak kaki yang dipakai berputar.

Jika sampai geser maka sudah termasuk pelanggaran. Gerakan berputar itu bisa sampai 380 derajat.

Pengertian pivot dalam permainan bola basket tujuan dan cara melakukannya. Pivot dalam bola basket adalah gerakan memutar dengan salah satu kaki sebagai porosnya dan kedua tangan memegang bola.

Tujuan pivot dalam bola basket adalah untuk menghindari sergapan lawan yang akan merebut bola. Pivot bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan berputar kearah depan atau dengan berputar ke arah.

Berikut adalah penjelasan lebih lanjut mengenai fungsi-fungsi pivot dalam permainan bola basket. Gerakan pivot bisa dijadikan sebagai solusi untuk mendapatkan celah pada pertahanan tim lawan.

Celah ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan teknik lain dalam permainan bola basket seperti drive shooting passing dan lain-lain yang bisa menguntungkan tim sendiri. Istilah Pivot adalah Gerakan memutar badan menggunakan salah satu kaki baik kaki kanan maupun kaki kiri sebagai poros dengan kedua tangan memegang bolaFungsi dari gerakan Pivot ini adalah berguna sebagai gerakan untuk melindungi bola dari sergapan lawan karena dalam olahraga basket ini pemain yang telah memegang bola harus melakukan drible tidak di perkenankan untuk bergerak tanpa melakukan.

Pengertian PIVOT dalam Permainan Basket Ball Pengertian PIVOT. G erakan yang satu ini merupakan dasar dari bermain bola basket dengan posisi bola yang masih ditangan mempertahankan bola dari lawan dengan menggunakan gerakan badanputaran kaki atau badan tersebut dapat diputar sampai 360 derajat.

Dribble dalam permainan basket adalah memantulkan bola ke lantai berkali-kali sambil terus berjalanberlari menuju ring lawan. Dribble bisa dilakukan dengan satu atau dua tangan.

Teknik dribble ada dua jenis yaitu sebagai berikut a. Dribble Tinggi Teknik ini biasanya dilakukan ketika pemain dalam keadaan bebas atau tidak dihadang tim lawan.

Pada artikel ini terdapat tiga pembahasan mengenai pengertian gerakan pivot dalam permainan basket fungsi gerakan pivot dalam permainan basket dan teknik gerakan pivot dalam permainan basket. Gerakan pivot termasuk kedalam gerakan penting dalam bola basket.

Maka dari itu anda harus memahami setiap teknik yang ada dalam gerakan ini. Bantu Channel kami untuk mencapai 25000 subscribers.

ORDER PERLENGKAPAN BASKET. Rangkuman permainan bola basket Materi Permainan Bola Basket Lengkap Bola basket adalah permainan olahraga yang dilakukan secara berkelompok terdiri atas dua tim yang beranggotakan masing-masing lima orang yang saling bertanding dengan tujuan mencetak poin dengan cara memasukkan bola ke dalam keranjang RING lawan.

Teknik Dasar Bola Basket 1. Teknik menggiring bola Dribbling Teknik.

Sejarah Teknik Dasar dan Posisi Pemain Permainan bola basket sering disebut olahraga berkelompok adalah salah satu cabang olahraga bola dimana dalam permainannya diperankan oleh dua tim setiap tim terdiri dari 5 pemain maka membutuhkan 10 orang pemain untuk memainkan permainan bola ini. Permainan bola basket sangat menarik yaitu kedua tim akan saling.

Permainan Bola Basket Dalam bermain olahraga bola basket tentunya ukuran lapangan bola basket menjadi sangat penting untuk dipahami terlebih dahulu bagi para pemain maupun sekedar peninton permainan iniSebab standar untuk ukuran lapangan bola basket setiap negara memiliki sedikit perbedaan. Di Indonesia menetapkan aturan standar ukuran lapangan bola basket yang berbeda dengan standar.

Inilah yang dapat kami bagikan terkait sebutkan macam macam pivot dalam permainan bola basket. Admin blog Sebutkan Itu 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait sebutkan macam macam pivot dalam permainan bola basket dibawah ini.

Mengenal Sejarah Bola Basket Dunia dan Perkembangannya di Indonesia. Teknik Menembak Shooting Bola Basket Sumber Gambar.

Mendapatkan poin sangatlah penting dalam permainan bola basket untuk itu kalian harus menguasai teknik menembak bola ke dalam ring secara baik. Gerakan teknik dasar pivot dalam permainan bola basket memerlukan latihan khusus dan intensif untuk dapat melakukannya.

Perlu keterampilan agar di saat melakukan gerakan pivot tidak terjadi kesalahan yang bisa menyebabkan pelanggaran. Tujuan dari gerakan pivot ini adalah untuk menghalau lawan agar bola tidak mudah direbut.

Teknik teknik dasar dalam permainan bola basket menurut Drs. Nuril Ahmadi 200713 adalah sebagai berikut.

Passing mengoper bola menerima bola dribbling menggiring bola shooting menembak bola pivot gerakan berporos. Sebagian hal yang tidak boleh dilakukan ketika bermain bola basket dibagi ke dalam 2 kategori ialah.

Technical foul dan personal foul. Adalah kekeliruan yang tidak berhubungan dengan permainan.

Saat bermain bola basket pemain tidak boleh melaksanakan hal - hal berikut.

topteknikdasarpermainanbolabasket.blogspot.com

Related Image with Apakah Fungsi Pivot Dalam Permainan Bola Basket