Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Aplikasi bioteknologi dalam bidang lingkungan. Lima Contoh Bioteknologi Lingkungan dan Mekanismenya Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bioteknologi lingkungan adalah salah satu pemanfaatan bioteknologi yang banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya. Berikut beberapa contoh penerapan bioteknologi di bidang lingkungan.

Peningkatan kandungan unsur N dalam tanah oleh bakteri penambat nitrogen. Di dalam sistem pertanian pengolahan tanah yang baik dapat meningkatkan kesuburan tanah contohnya yaitu penambahan pupuk kimia dalam tanah.

Salah satu peranan bioteknologi dalam bidang ini yaitu dengan memanfaatkan mikroba penambat nitrogen biofertilizer. Bioteknologi lingkungan merupakan aplikasi dari bioteknologi dibidang lingkungan 3.

Aplikasi bioteknologi dibidang lingkungan antara lain adalah bioremidiasi dan fitoremidiasi 4. Bioremidiasi adalah salah satu teknologi untuk mengatasi masalah lingkungan dengan memanfaatkan bantuan mikroorganisme 5.

Bioteknologi telah menghasilkan produk - produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Selain itu bioteknologi juga menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat dan lingkungan.

Dampak dalam bidang sosial ekonomi dan kesehatan. Salah satu dampak positif dari bioteknologi ini berupa penemuan tumbuhan yang tahan serangga membuat lingkungan terbebas dari dampak.

Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam bidang. Pertanian Kesehatan Lingkungan Peternakan Bioteknologi lingkungan adalah bioteknologi yang penggunaannya banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya.

Contoh Aplikasi Bioteknologi di Berbagai Bidang 20 Feb. Aplikasi bioteknologi modern diaplikasikan pada.

Buah tomat hasil manipulasi genetika menjadi tomat unggul tahan lama tidak cepat matang tidak cepat busuk. Menggunakan teknik hidroponik dalam bercocok tanam yaitu menggunakan media air sebagai media cocok tanam.

Berikut adalah beberapa dampak bioteknologi terhadap lingkungan yang memberikan dampak positif maupun negatif. Mempermudah pengolahan Bioteknologi termasuk ilmu dalam bidang teknologi pangan yaitu dapat digunakan untuk mempermudah pembuatan keju roti bir dan lain lain.

Cara ini ternyata sudah dilakukaan sejak abad 19. Penerapan Bioteknologi dalam Bidang Lingkungan Biromediasi Pengolahan Limbah Cair Limbah cair organic dapat diuraikan oleh bakteri anaerob menghasilkan bahan bakar alternative biogas.

Limbah cair yang mengandung protein lemak dan karbohidrat difermentasikan oleh metanobakterium secara anaerob sehingga mampu menghasilkan biogas. Aplikasi Bioteknologi Bidang Pengolahan Pangan Selain terapi gen untuk gangguan genetik bioteknologi dapat digunakan untuk mengubah bakteri sehingga mereka mampu membuat protein manusia.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana hal ini dilakukan untuk menghasilkan sitokin yang merupakan protein kecil yang membantu melawan infeksi. Bioteknologi adalah penggunaan organisme hidup dan komponennya dalam bidang pertanian pangan dan proses-proses industri lainnya.

Aplikasi berbagai teknik yang menggunakan organisme hidup atau bagiannya serta untuk menghasilkan produk danatau jasa. Penerapan Bioteknologi dalam Bidang Pangan Aplikasi bioteknologi secara konvensional dalam bidang pangan baik produksi makanan atau minuman banyak dilakukan dengan cara fermentasi sedangkan dalam bioteknologi modern dikenal dengan protein sel tunggal PST dan mikroprotein.

APLIKASI BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG PERTANIAN. Faktor lingkungan seperti cahaya temperatur kelembapan dan pH diatur pada kondisi yang paling sesuai untuk pertumbuhan eksplan.

Jika nutrisi zat pengatur tumbuh dan keadaan lingkungan sesuai eksplan akan tumbuh menjadi massa sel yang belum mengalami diferensiasi yang disebut. Demikianlah penjelasan singkat mengenai contoh penerapan bioteknologi di bidang farmasi kedokteran industri pencemaran lingkungan dan pertambangan.

Semoga contoh bioteknologi yang dijelaskan di atas menambah wawasan kita mengenai contoh bioteknologi kedokteran farmasi pertambangan industri dan pencemaran lingkungan. Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dalam percepatan produksi benih perbaikan sifat-sifat tanaman hingga menghasilkan jenis tanaman baru.

Semua itu bisa dihasilkan dengan cara rekayasa genetika dan kultur jaringan. Bioteknologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai pemanfaatan makhluk hidup menghasilkan produk untuk pengembangan pengetahuan penggunaan pengobatan kebutuhan pangan lingkungan maupun dalam arti pertanian.

Bioteknolgi sendiri banyak dilakukan oleh tenaga kedokteran dalam pembuatan vaksin dan antibiotik. Dalam bidang industri dikenal teknologi ramah lingkungan yang dikenal dengan Biopulping.

Biopulping adalah teknologi yang terinspirasi dari pelapukan kayu dan sampah tanaman oleh mikroorganisme dan jamur. Para ahli telah mulai mengembangkan proses pelapukan kayu dengan menggunakan mikroorganisme yang mampu mengolah limbah kayu secara alami.

Perkembangan yang pesat dalam bidang biologi sel dan biologi molekuler sejak tahun 1960-an mendorong perkembangan bioteknologi secara cepat. Dewasa ini manusia telah mampu memanipulasi mengubah danatau menambahkan sifat tertentu pada suatu organisme Kuswanti 2008.

Pemuliaan tanaman dalam menghasilkan varietas-varietas baru pada bidang pertanian dan juga pemuliaan reproduksi hewan. Pada bidang medis penerapan bioteknologi di jaman dulu diperlihatkan antara lain seperti penemuan-penemuan baru yaitu vaksin antibiotik dan insulin walaupun pada jumlah yang terbatas akibat proses saat fermentasi yang tidak baik atau tidak sempurna.

Secara Umum Pengertian Bioteknologi adalah aplikasi organisme atau bagian tubuh organisme ke dalam teknologi untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat. Pemanfaatan organisme atau komponen sbuselulernya dilakukan denga terarah dan terkontrol untuk melibatkan multidisiplin serta aplikasi yang terpadu dengan mikrobiologi biokimia biologi sel fisiologi genetika molekuler dan teknik kimia.

Perkembangan bioteknologi modern berkembang saat munculnya program Bioteknologi di beberapa perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 1985 yang bertujuan untuk meningkatkan penelitian dan memperluas jaringan bioteknologi dalam berbagai bidang untuk digunakan secara bijaksasana demi kesejahteraan manusia dan upaya konservasi lingkungan.

www.slideshare.net