Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian Ppt Download

Bioteknologi Dalam Bidang Pertanian Ppt Download

Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian pdf. Download Full PDF Package. APLIKASI BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG PERTANIAN.

APLIKASI BIOTEKNOLOGI DALAM BIDANG PERTANIAN. Septiana Sari Bioteknologi berasal dari dua kata yaitu bios yang berarti hidup dan teknologi yang berarti metode ilmiah untuk mencapai tujuan praktis.

Jadi Bioteknologi adalah pemanfaatan prinsip-prinsip. Risalah Seminar llmiah Aplikasi Isofop dan Radiasi 26 PERAN BIOTEKNOLOGI DALAM PEMBANGUNAN PERTANIAN DI INDONESIA Sutrisno Balai Besar Litbang Bioteknologi dan Sumberdaya Genetik Pertanian JI.

3A Bogor 16111 PENDAHULUAN Kecepatan pertambahan penduduk Indonesia pada periode 2000-2010 yang diprediksi sebesar 14 per. Bioteknologi PertanianBioteknologi Pertanian adalah pengembangan teknologi di bidang pertanian yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang semakin lama semakin meningkat di era moderen ini kebutuhan pangan semakin meningkat sehingga manusia di tuntut untuk melakukan inovasi di dalam berbudidaya tumbuhan agar mendapat hasil yang.

Negeri Yogyakarta UNY dalam melakukan kegiatan perkuliahan Bioteknologi di Jurdik Biologi FMIPA UNY. Diktat ini memuat berbagai prinsip dan aplikasi bioteknologi dalam berbagai bidang.

Konsep-konsep dalam dikat ini memiliki peran yang sangat berarti dalam membantu mahasiswa memahami dasar-dasar biotenologi baik saat ini maupun yang akan datang. Bioteknologi hijau green biotechnology mempelajari aplikasi bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan.

Di bidang pertanian bioteknoogi telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama bahan pangan dengan kandungan gizi lebih tinggi dan tanaman yang menghasilkan obat atau senyawa yang bermanfaat. Aplikasi Hasil-Hasil Keilmuan Baru dalam Bioteknologi Beberapa contoh aplikasi hasil-hasil keilmuan baru dalam bioteknologi adalah sebagai berikut.

1 Penggunaan enzim endonuklease untuk menghentikan aktivitas sel. 2 Penggunaan metabolit sekunder seperti hormon insulin sintetis.

Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dalam percepatan produksi benih perbaikan sifat-sifat tanaman hingga menghasilkan jenis tanaman baru. Semua itu bisa dihasilkan dengan cara rekayasa genetika dan kultur jaringan.

Rekayasa genetika adalah suatu usaha memanipulasi suatu gen organisme untuk tujuan tertentu dengan cara. Bioteknologi adalah penggunaan organisme hidup dan komponennya dalam bidang pertanian pangan dan proses-proses industri lainnya.

Aplikasi berbagai teknik yang menggunakan organisme hidup atau bagiannya serta untuk menghasilkan produk danatau jasa. Bioteknologi pertanian merupakan salah satu cabang ilmu yang penting dalam pengembangan bioteknologi yang diarahkan untuk pemenuhan kebutuhan manusia akan pangan.

Sebagai negara tropis dan agraris yang sebagian besar penduduknyamemiliki mata pencaharian dalam bidang pertanian Indonesia memiliki keragaman flora dan fauna yang sangat tinggi serta ketergantungan terhadap sektor pertanian yang. Metode-metode dalam proses bioteknologi sanagat banyak seperti seleksi bahan kultur jaringan DNA rekombinan fermentasi dan modifikasi lingkungan untuk memperoleh produk yang optimal dan lain sebagainya.

Contoh Bioteknologi di Bidang Pertanian. Berikut beragam contoh-contoh bioteknologi yang diterapkan pada pertanian antara lain.

Dalam perkembangan lebih lanjut bioteknologi didefinisikan sebagai pemanfaatan prinsip-prinsip dan rekayasa terhadap organisme sistem atau Aplikasi Bioteknologi Modern Pengertian Genetika kedokteran pertanian peternakan limbah Biokimia Virologi Biologi sel. Virus akan mentransfer gen pengode ATT yang dibawa dalam sel paru- paru pasien.

Dengan demikia sel paru-paru pasien dapat membuat protein ATT dan pasien dapat bernapas dengan lebih normal Kusumawati 2012. Bidang Lingkungan Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan digunakan untuk mengani pencemaran lingkungan.

Bioteknologi Bidang Pertanian Yaitu penerapan dan pengembangan bioteknologi dalam bidang pertanian yang berguna untuk meningkatkan hasil pertanianbudidaya pertanian. Metode pengendalian hama dengan cara pengendalian biologibiological control yaitu pengendalian hama dengan menggunakan predator atau musuh alami dari hama tersebut.

Selain definisi ilmiah industri bioteknologi pertanian juga telah dikembangkan. Dan potensi aplikasi bioteknologi pertanian telah diakui.

Investasi dalam penelitian dan pengembangan teknik molekuler mulai menghasilkan produk baru yang menarik. Bioteknologi pertanian diharapkan menjadi mesin yang semakin penting untuk.

Pemuliaan tanaman dalam menghasilkan varietas-varietas baru pada bidang pertanian dan juga pemuliaan reproduksi hewan. Pada bidang medis penerapan bioteknologi di jaman dulu diperlihatkan antara lain seperti penemuan-penemuan baru yaitu vaksin antibiotik dan insulin walaupun pada jumlah yang terbatas akibat proses saat fermentasi yang tidak baik atau tidak sempurna.

Pertanian dan kedokteran kesehatan merupakan dua bidang terbesar dalam penerapan bioteknologi. Bioteknologi di bidang kedokteran telah menghasilkan berbagai obat dan cara pengobatan yang dapat menyelamatkan jiwa manusia.

Beberapa produk hasil bioteknologi di bidang kedokteran dan farmasi antara lain sebagai berikut. Bioteknologi dalam Bidang Kesehatan dan Pengobatan Suatu terobosan baru telah dilakukan di Colorado AS.

Pasangan Jack dan Lisa melakukan program bayi tabung bukan semata-mata untuk mendapatkan turunan tetapi karena perlu donor bagi putrinya Molly yang berusia 6 tahun dan menderita penyakit fanconi anemia. Peningkatan kandungan unsur N dalam tanah oleh bakteri penambat nitrogen.

Di dalam sistem pertanian pengolahan tanah yang baik dapat meningkatkan kesuburan tanah contohnya yaitu penambahan pupuk kimia dalam tanah. Salah satu peranan bioteknologi dalam bidang ini yaitu dengan memanfaatkan mikroba penambat nitrogen biofertilizer.

BAB II PEMBAHASAN 22 Peran Bioteknologi dalam Bidang Industri Bioteknologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup atau agen biologis berupa mikroorganisme hewan tumbuhan bagian dari makhluk hidup dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Berdasarkan hasil federasi Bioteknologi Eropa pada tahun 1981 Bioteknologi merupakan penerapan biokimia.

Bioteknologi hijau green biotechnology mempelajari aplikasi bioteknologi di bidang pertanian dan peternakan. Di bidang pertanian bioteknoogi telah berperan dalam menghasilkan tanaman tahan hama bahan pangan dengan kandungan gizi lebih tinggi dan tanaman yang menghasilkan obat atau senyawa yang bermanfaat.

slideplayer.info