Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Bioteknologi Di Bidang Lingkungan

Aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan. Selain pencemaran lingkungan bioteknologi juga dapat digunakan sebagai biokontrol dan sebagai biofertilizer untuk meningkatkan kesuburan tanah di lingkungan pertanian. Secara garis besar pemanfaatan organisme sebagai agen bioteknologi dalam bidang lingkungan dikenal dengan beberapa peran berikut ini peran dan contoh bioteknologi dalam bidang lingkungan.

Bioteknologi biru merupakan aplikasi bioteknologi di bidang kelautan yang mengendalikan proses-proses yang terjadi di lingkungan akuatik. Sedangkan bioteknologi lingkungan merupakan aplikasi bioteknologi di bidang lingkungan.

Namun dalam makalah ini penulis akan membahas tentang bagaimana aplikasi bioteknelogi dibidang lingkungan. Lima Contoh Bioteknologi Lingkungan dan Mekanismenya Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa bioteknologi lingkungan adalah salah satu pemanfaatan bioteknologi yang banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya.

Berikut beberapa contoh penerapan bioteknologi di bidang lingkungan. Penerapan Bioteknologi di Bidang Lingkungan Diposkan oleh Suci Rakhmadanti 1.

Fungi Biokontrol Sebagai Penghasil Enzim-Enzim Hidrolitik Penting Untuk Berbagai Proses Industri Ramah Lingkungan Proses industri ramah lingkungan adalah proses dengan sesedikit mungkin limbah. Kalaupun ada idealnya limbah yang dihasilkan dapat dengan mudah terdegradasi terurai secara.

Perkembangan bioteknologi yang pesat terjadi setelah diketahui mikroorganisme melakukan fermentasi. Penelitian ini dipelopori oleh Louis Pasteur sehingga beliau mendapat julukan sebagai Bapak Bioteknologi.

Bioteknologi kemudian banyak diaplikasikan. Salah satu aplikasi bioteknologi di bidang pelestarian lingkungan adalah pengembangan teknologi bioremediasi dan rekayasa genetika dengan memanfaatkan agen biologi berupa tumbuhan dan mikroorganisme.

Bioremediasi merupakan proses pembersihan lingkungan tercemar dengan memanfaatkan mirkoorganisme untuk menghilangkan dan mendegradasi zat-zat pencemar. Bioteknologi telah menghasilkan produk - produk yang bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu bioteknologi juga menimbulkan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat dan lingkungan. Dampak dalam bidang sosial ekonomi dan kesehatan.

Salah satu dampak positif dari bioteknologi ini berupa penemuan tumbuhan yang tahan serangga membuat lingkungan terbebas dari dampak. Bermanfaat bagi pelesratian lingkungan hidup Bioteknologi mempunyai penerapan penerapan yang mudah dan cepat menghasilkan yang dapat dijumpai lewat adanya pelestarian lingkungan hidup dari polusi misalnya penguraian minyak bumi yang tumpah dilautan oleh bakteri penguraian zat zat beracun di daerah sungai dan penggunaan bakteri tertentu pada laut.

Tetapi kondisi inin tidak akan selamanya. Pemanfaatan Bioteknologi bagi kehidupan manusia dintaranya digunakan dalam bidang.

Pertanian Kesehatan Lingkungan Peternakan Bioteknologi lingkungan adalah bioteknologi yang penggunaannya banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya. Ghina Sundari 1157020027 1.

Pengertian Bioteknologi Lingkungan Bioteknologi lingkungaan adalah salah satu pemanfaatan bioteknologi yang banyak melibatkan mikroorganisme untuk meningkatkan kualitas lingkungan hidup manusia dan alam sekitarnya 2. Pengertian Bioremediasi Bioremediasi merupakan penggunaan mikroorganisme yang telah dipilih untuk ditumbuhkan pada polutan tertentu sebagai.

Contoh Aplikasi Bioteknologi di Berbagai Bidang 20 Feb. Aplikasi bioteknologi modern diaplikasikan pada.

Penanganan limbah dengan memanfaatkan Clostridium bytyrium yang dapat mencerna dan menguraikan gula serta menghasilkan gas hidrogen. Aplikasi Bioteknologi Modern - Pengertian Genetika kedokteran pertanian.

Pemanfaatan prinsip ilmiah yang menggunakan makhluk hidup untuk menghasilkan produk. Di bidang lingkungan mikroba telah menjadi bahasan penting dan banyak lagi di bidang-bidang lainnya.

Mikrobiologi dapat diaplikasikan pada berbagai bidang yaitu bidang pertanian dan lingkungan pangan dan industri kesehatan dan bioteknologi. Di alam ini ada banyak sekali bakteri.

Bakteri-bakteri yang terdapat di alam tidak semuanya merugikan atau bahkan berbahaya justru sebagian besar tidak bersifat patogenik dan berperan sangat besar bagi kehidupan di dunia ini. Bioteknologi Bidang Industri PertambanganYaitu penerapan dan pengembangan bioteknologi dalam bidang industry pertambangan.

Thiobacillus ferrooxidans merupakan bakteri khemolitotrof atau juga merupakan bakteri pemakan batuan yang tumbuh subur di lingkungan yang bersifat asam. Rekayasa Genetik dan Perkembangan Bioteknologi di Bidang Peternakan 24 Biologi Sains Lingkungan dan Pembelajarannya teknologi produksi seperti inseminasi buatan embrio transfer kriopreservasi embrio fertilisasi in vitro sexing sperma maupun embrio cloning dan splitting.

Rekayasa genetika seperti genome maps marker. Di bidang kesehatan manusia terdapat kemungkinan produk gen asaing seperti gen cry dari bacillus thuringiensis maupun bacillus sphaeericus dapat menimbulkan reaksi alergi pada tubuh mausia perlu di cermati pula bahwa insersi penyisipan gen asibg ke genom inag dapat menimbulkan interaksi anatar gen asing dan inang produk bahan pertanian dan kimia yang menggunakan bioteknologi.

Bioteknologi modern banyak yang diaplikasikan di bidang pertanian dan juga peternakan dengan memanfaatkan teknik DNA rekombinan. Teknik DNA rekombinan bertujuan untuk memperoleh bibit unggul.

Prosesnya yaitu dengan cara memindahkan gen unggul dari satu organisme ke organisme lainnya melalui perantara mikroorganisme yang ada di alam. Aplikasi ini dapat dilihat dalam proses pembuatan DNA.

Aplikasi bioteknologi dalam bidang pertanian dapat membantu dalam percepatan produksi benih. Contoh bioteknologi dalam bidang pertanian yang berupa tanaman GMO yang ada di sekitar kita diantaranya adalah.

Jaringan atau organ yang ditanam dalam media tumbuh dalam kondisi lingkungan yang aseptis sehingga tumbuh menjadi tanamah utuh. Aplikasi Bioteknologi Bidang Pengolahan Pangan Selain terapi gen untuk gangguan genetik bioteknologi dapat digunakan untuk mengubah bakteri sehingga mereka mampu membuat protein manusia.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana hal ini dilakukan untuk menghasilkan sitokin yang merupakan protein kecil yang membantu melawan infeksi. Berdasar pengertian bioteknologi di atas maka kegiatan atau sektor industri jasa yang dapat dimasuki oleh bioteknologi menjadi sangat banyak jenis dan ragamnya seperti kedokteran farmasi pertanian industri pangan kimia energi dan lingkungan.

Aplikasi bioteknologi secara jelas dapat dilihat pada tabel 1.

www.slideshare.net