Demokrasi Dalam Islam

Demokrasi Dalam Islam

Arti demokrasi dalam islam. Demokrasi Dalam Pandangan Islam Pada abad ke 20 Demokrasi sudah menjadi salah satu isu yang banyak sekali diperbincangkan oleh masyarakat. Gejala yang paling terlihat dari berita itu adalah semakin banyaknya negara yang menganut sistem demokrasi.

Demokrasi lahir sebagai anti-tesis terhadap dominasi agama dan gereja terhadap masyarakat Barat. Karena itu demokrasi adalah ide yang anti agama dalam arti idenya tidak bersumber dari agama dan tidak menjadikan agama sebagai kaidah-kaidah berdemokrasi.

Demokrasi Islam adalah ideologi politik yang berusaha menerapkan prinsip-prinsip Islam ke dalam kebijakan publik dalam kerangka demokrasiTeori politik Islam menyebutkan tiga ciri dasar demokrasi Islam. Pemimpin harus dipilih oleh rakyat tunduk pada syariah dan berkomitmen untuk mempraktekkan syura sebuah bentuk konsultasi khusus yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang dapat ditemukan.

Prinsip dan elemen-elemen demokrasi dalam ajara Islam itu adalah. As-syura al-adalah al-amanah al-masuliyyah dan al-hurriyyah.

Realitas demokrasi dalam sebuah negara pernah diterapkan pada masa Nabi Muhammad dan khulafaurrasyidin. Tetapi setelah itu pada sebagian besar negara-negara Islam tidak mewarisi nilai-nilai demokrasi tersebut.

Dalam Islam demokrasi bukan hanya sekedar pemilihan pemimpin serta anggota parlemennya secara langsung akan tetapi pengertian demokrasi dalam Islam lebih luas dan menyeluruh dari anggapan tersebut. Terdapat banyak ayat Al-Quran yang menjelaskan asas-asas demokrasi itu sendiri.

Namun majelis ummat dalam Negara khilafah tidak mempunyai kewenangan legislatif seperti parlemen dalam sistem demokrasi fungsi legislasi dalam pemerintahan khilafah memiliki arti yaitu melakukan Tabanni adopsiterima pakai hukum syara dari sejumlah hukum-hukum yang ada dalam suatu masalah untuk mengatur urusan rakyat dan itu hanya manjadi hak Khalifah bukan yang lain Zallum 200244. Sebagian orang mengira bahwa kata demokrasi sama maknanya dengan syuro dalam ajaran Islam.

Ini adalah perkiraan keliru dari berbagai sisi di antaranya. 1Syuro berlaku pada perkara baru dan kontemporer serta pada perkara yang tidak dijelaskan secara rinci dalam Alquran dan Sunah.

Arti dari kata demokrasi yaitu berasal dari bahasa Yunani. Dimana demokrasi ini terdiri dari dua kata yaitu Demos yang artinya rakyat atau khalayak manusia dan Kratia yang artinya hukum.

Maka dapat diartikan demokrasi merupakan hukum rakyat dari sini jelas demokrasi bukan merupakan bahasa Arab. Demokrasi secara bahasa berasal dari Yunani demos yang artinya rakyat dan kratein yang berarti kekuasaan.

Jadi pengertian utuh dari demokrasi adalah kekuasan yang berasal dari tangan rakyat atau bisa juga dikatakan sebagai kedaulatan rakyat. Demokrasi dengan mafhum pengertian dan muatan akidah dan ideologi dimana segala sesuatu dalam kehidupan ini menurut ideologi demokrasi ditentukan oleh suara rakyat baik seluruhnya maupun sebagian besarnya termasuk dalam hal halal dan haram yang boleh dan yang terlarang yang diterima dan yang ditolak dan seterusnya.

Sebenarnya istilah demokrasi-islam merupakan istilah yang mengalami contradictio in terminisSebab demokrasi-Islam terdiri dari dua istilah yang mewakili dua konsep yang asing antara satu dengan yang lain. Islam adalah sebuah sistem kehidupan yang terbangun dari pandangan hidup tertentu aqidah.

Dalam pemerintahan dan pengaturan urusan rakyat sistem demokrasi dianggap sebagai sistem terbaik bahkan tidak jarang hukum Islam pun dinilai dengan sudut pandang demokrasi kalau hukum Islam tersebut dianggap tidak sesuai dengan demokrasi maka tidak segan segan dibuang atau diabaikan. Hikmah dan manfaat demokrasi dalam islam.

Pengertian Musyawarah Ciri Macam Tujuan Manfaat dan Contoh. Berasal dari kata Syawara yaitu berasal dari Bahasa Arab yang berarti berunding urun rembuk atau mengatakan dan mengajukan sesuatu.

Pengertian demokrasi dalam islam. Oleh duniapcoid Diposting pada 22082020.

Pengertian Demokrasi Demokrasi merupakan sebuah bentuk maupun mekanisme sistem pemerintahan suatu negara sebagai upaya mewujudkan kedaulatan rakyat kekuasaan warganegara. Yang tidak berasal dari Islam hanyalah istilah demokrasi karena memang ini bukan idiom bahasa Arab.

Selain kelima karakter di dalam paham demokrasi Islam masih menekankan stressing keadilan hak kebebasan taharrur dan keseluruhan prinsip itu harus tetap sebagai aktualisasi dari tauhid. Tetapi jika dalam demokrasi ada kebebasan mutlak dalam Islam tidak.

Misalnya jika semua atau sebagian besar anggota parlemen menyetujui pembolehan perkawinan sejenis lelaki dengan sesama lelaki perempuan dengan sesama perempuan setelah melalui proses musyawarah hal itu tetap tidak dapat dibenarkan oleh Islam. Dalam Demokrasi Islam untuk menyelesaikan masalah selalu digunakan cara Syura yaitu memantapkan atau membulatkan hati dalam pengambilan keputusan menerima dan sekaligus melaksanakan hasil keputusan.

Ijma menurut fiqh berarti persamaan pendapat antara fuqaha mujtahidin mengenai hukum tentang sesuatu kasus atau peristiwa yang baru di dalam masyarakat. Demikianlah sahabat bacaan madani ulasan tentang pengertian demokrasi pengertian syura dan persamaan demokrasi dan syura.

Sumber Buku Pendidikan Agama Islam Kelas XII SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 2015. Pengertian demokrasi dan ciri-cirinya.

Suatu negara dapat dikatakan menggunakan sistem pemerintahan demokrasi jika dalam proses pemerintahannya sesuai dengan karakteristik negara demokrasi. Sesuai dengan pengertian demokrasi adapun ciri-ciri demokrasi adalah sebagai berikut.

Keputusan Pemerintah untuk Seluruh Rakyat. Demokrasi Pengertian Macam Prinsip Ciri Sejarah Dan Contohnya DosenPendidikanCom Hasil Penelitian menyatakan mungkin untuk pertama kali dalam sejarah demokrasi dinyatakan sebagai nama yang paling baik dan wajar.

www.slideshare.net