Http Juke Kedokteran Unila Ac Id Index Php Majority Article Download 615 619

Http Juke Kedokteran Unila Ac Id Index Php Majority Article Download 615 619

Artikel diabetes melitus tipe 2. DIABETES MELITUS TIPE 2. Medical Faculty Lampung University.

Type 2 Diabetes Mellitus is a metabolic disorder that is marked by the. Nine out of 10 people with diabetes have Type 2.

This type occurs most often in people who are over 40 years old but can occur even in childhood if there are risk. Type 2 Diabetes Mellitus is a metabolic disorder that is marked by the rise in blood sugar due to a decrease in insulin secretion by pancreatic beta cells and insulin.

Four types or classes of diabetes mellitus viz. Type 1 diabetes type 2 diabetes gestational diabetes and other specific types Sicree et al 2006.

Type 1 diabetes is said to account for only a minority of the total burden of diabetes in a population although it is the major type of the diabetes in younger age groups at majority of. Type 2 diabetes is often milder than type 1.

But it can still cause major health complications especially in the tiny blood vessels in your kidneys nerves and eyes. Pengertian Apa itu diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 adalah jenis diabetes melitus yang menyebabkan kadar gula darah tinggi akibat pola hidup yang tidak. DIABETES MELITUS TIPE 2 Studi Kasus di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Dr.

Kariadi RISK FACTORS RELATED TYPE 2 DIABETES MELLITUS EVIDENCE ARTIKEL HASIL. Diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena kekurangan insulin dimana tubuh tidak menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup atau insulin yang dihasilkan tidak.

Diabetes tipe 2 sebelumnya lebih sering terjadi pada orang dewasa. Namun sekarang penyakit ini juga kerap ditemukan pada anak-anak akibat kegemukan.

Higga saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan diabetes tipe 2. Tetapi perubahan gaya hidup danatau mengkonsumsi obat-obatan dapat membantu penderita untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

American Diabetes Association Standards of Medical Care in Diabetes. Diabetes Care 2015 38 1 S8-16.

Gambaran Aktivitas Hidup. Diabetes tipe 2 lebih banyak terjadi pada orang dewasa dan lansia.

Namun kini diabetes tipe 2 juga mulai banyak ditemukan pada anak-anak dan remaja. Pasien diabetes tipe 2 dapat merasakan berbagai gejala beberapa di antaranya adalah timbulnya bagian tubuh yang menghitam luka sulit sembuh hingga penglihatan kabur.

Gejala Faktor Risiko DM Tipe 2. Gejala diabetes melitus tipe 2 sering berkembang selama beberapa tahun dan dapat berlangsung lama tanpa diketahui kadang-kadang tidak ada gejala diabetes yang terlihat.

Karena gejalanya sulit dikenali penting untuk mengetahui faktor-faktor risiko diabetes melitus tipe 2 dan mengunjungi dokter Anda untuk diperiksa tingkat kadar gula darahnya. Berikut ini beberapa gejala diabetes melitus tipe 2.

Sering merasa haus Sering buang air kecil terutama di malam hari Rasa lapar yang sangat Mudah merasa kelelahan Massa otot yang semakin berkurang Berat badan berkurang Bila mengalami luka lambat sembuhnya bahkan sering mengalami infeksi. Diabetes melitus tipe 2 terjadi akibat keterbatasan insulin untuk mengatur respon gula darah di dalam tubuh.

Gula adalah unsur penting dari konsumsi makanan bagi tubuh kita. Gula berfungsi sebagai daya tahan tubuh yang di masuk ke hati dan diproses untuk membentuk glukosa.

Sementara pada diabetes melitus tipe 2 tubuh Anda tidak mampu merespons insulin atau pankreas tidak cukup memproduksi insulin dalam jumlah yang dibutuhkan. Risiko mengalami diabetes tipe 2 dapat meningkat berdasarkan berbagai faktor risiko seperti kegemukan atau keturunan.

Sama dengan diabetes tipe 1 diabetes tipe 2 juga tidak dapat disembuhkan. Diabetes melitus tipe 2 dapat dicegah atau diperlambat munculnya dengan mengembangkan Pola Hidup Sehat.

Pola makan sehat dengan memperbanyak konsumsi sayur dan buah Olahraga 3 kali dalam seminggu masing-masing setidaknya 20 menit Jaga berat badan ideal Menghindari rokok Mengurangi asupan alkohol. Artikel Diabetes Melitus Tipe 2 Terbaru - Tetes tebu atau molase adalah pemanis yang didapatkan sebagai produk sampingan dalam produksi gula pasir.

Tetes tebu atau molase menjadi alternatif yang lebih sehat dibandingkan gula pasir namun harus dikonsumsi dengan bijak. Diabetes tipe 2 atau yang juga disebut diabetes melitus tidak tergantung insulin adalah penyakit jangka panjang yang terjadi ketika tubuh tidak secara efektif menggunakan insulin.

Pengidap diabetes tipe 2 memiliki kadar glukosa gula darah di atas normal akibat tubuh tidak efektif menggunakan insulin atau kekurangan insulin yang relatif. Diabetes mellitus tipe II adalah penyakit hiperglikemia akibat insensitivitas sel terhadap insulin.

Kadar insulin mungkin sedikit menurun atau berada dalam rentang normal. Karena insulin tetap dihasilkan oleh sel-sel beta pancreas maka diabetes mellitus tipe II dianggap sebagai noninsulin dependent diabetes mellitus NIDDM.

Related Image with Artikel Diabetes Melitus Tipe 2