Penulisan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki

Penulisan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki

Buatlah contoh daftar pustaka dan catatan kaki. Selain contoh kutipan langsung dan tidak langsung dan contoh kata pengantar cara penulisan daftar pustaka dan tata cara penulisan catatan kaki pun juga mesti diketahui terutama saat menulis karangan ilmiah semi ilmiah dan non ilmiahDengan mengetahui penulisan catatan kaki dan daftar pustaka kita bisa menuliskan bahan referensi yang kita ambil secara baik dan benar. Penggunaan sumber karya tulis dapat dinyatakan dengan daftar pustaka bibliografi dan catatan kaki footnote.

Daftar pustaka dalam karangan ilmiah merupakan hal yang wajib dituliskan. Hal ini berhubungan erat dengan rujukan dan kutipan yang diuraikan pada bagian-bagian sebelumnya pada karangan ilmiah tersebut.

Mempelajari beberapa contoh penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dari sumber yang berbeda. Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tata cara penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dengan baik dan benar serta penerapannya sebagai penunjang pembelajaran dan penulisan skripsi dan artikel yang akan datang.

Perbedaan catatan kaki dengan daftar pustaka. Daftar pustaka adalah suatu daftar yang berisi buku makalah jurnal dan lain sebagainya yang isinya dikutip langsung ataupun tidak langsung ke dalam suatu karangan Sedangkan catatan kaki adalah suatu catatan dari teks yang dikutip yang biasanya diletakkan di bawah karangan.

Catatan kaki footnote merupakan daftar keterangan khusus yang ditempatkan pada bagian bawah disetiap lembar atau pada akhir bab keterangan ilmiah. Biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan juga komentar catatan kaki footnote juga berfungsi sebagai sarana menerangkan sumber kutipan atau sebagai pedoman dalam penulisan daftar bacaan.

KUTIPAN Pengertian Kutipan adalah gagasan ide pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip.

Gagasan itu bisa diambil dari kamus ensiklopedi artikel laporan buku majalah internet dan lain sebagainya. Penulisan sumber kutipan ada yang menggunakan pola Harvard ada pula yang menggunakan pola konvensional atau catatan kaki footnote.

Pengertian daftar pustaka Daftar kepustakaan atau bibliografi adalah daftar yang berisi judul buku-bukuartikel dan bahan-bahan penerbitan lainnya yang bertalian dengan sebuah karangan atau sebagian dari karangan yang sementara digarap 2. Fungsi dan unsur-unsur daftar pustaka Secara keseluruhan fungsi bibliografi ada dua yaitu.

Catatan Kaki dan Daftar Pustaka. Pengertian Penulisan dan Contoh Pasti ada yang bertanya mengapa dalam buku cerita terdapat tulisan seperti berbentuk daftar pustaka.

Kita pastinya pernah mengira bahwa tulisan tersebut tidak memberikan makna terhadap teks yang kita baca. Catatan kaki atau biasanya disebut juga Footnote adalah keterangan khusus yang ditulis pada bagian bawah setiap lembaran atau bisa juga di akhir bab karangan ilmiah.

Umumnya catatan kaki ditulis dengan huruf yang berukuran lebih kecil. Catatan ini digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar serta menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaan atau bibliografi.

Mempelajari beberapa contoh penulisan kutipan catatan kaki dan Daftar Pustaka dari 3 buku yang berbeda. Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tata cara penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dengan baik dan benar guna sebagai penunjang pembelajaran.

Istilah daftar pustaka juga bisa disebut dalam beberapa macam seperti referensi kutipan referensi catatan kaki dan pranala. Pembuatan daftar pustaka tentu ada fungsinya.

Adapun fungsi daftar pustaka yakni. Memudahkan pembaca untuk mengetahui referensi lain yang dibutuhkan yang tercantum dalam daftar pustaka.

Tujuan Penulisan Catatan Kaki. Tujuan penulisan catatan kaki adalah untuk menyusun pembuktian sumber tulisan menyatakan utang budi kepada pengarang yang dikutip pendapatnya menyampaikan keterangan tambahan memperkuat uraian intisasi keterangan insidental materi penjelas yang kurang penting perbaikan dan pandangan yang bertentangan dan merujuk bagian lain teks uraian pada halaman.

Buatlah catatan kaki dan daftar pustaka berdasarkan data berikut ini. Untuk kepentingan penulisan skripsi Anda mengutip secara langsung dari Koesmahatmadja yang menulis artikel berjudul Sistem Pemerintahan Daerah di Indonesia.

Artikel tersebut dimuat dalam Kompas 10 Mei 2005 di Jakarta. Catatan kaki merupakan suatu catatan dari teks yang dikutip yang biasanya diletakkan di bawah karangan.

Tak hanya terkandung di dalam karangan ilmiah dan semi ilmiah catatan kaki juga terkadang bisa ditemukan pada beberapa jenis-jenis karangan non ilmiah seperti jenis-jenis novel macam-macam cerpen dan jenis-jenis esaiSeperti halnya daftar pustaka catatan kaki juga mempunyai sejumlah. Daftar pustaka dan footnote atau catatan kaki pada dasarnya adalah dua hal yang hampir serupa namun berbeda.

Jadi kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara daftar pustaka dan catatan kaki. Daftar pustaka adalah kumpulan daftar list referensi Artikel buku dan sumber ilmiah lainnya yang digunakan dalam penyusunan sebuah karangan.

Kumpulan contoh daftar pustaka jurnal skripsi majalah buku koran internet kamus dan lainnya. Agar dapat mengetahui cara membuat daftar pustaka.

Dibawah ini ada beberapa contoh penulisan yang dapat kita pahami sebelum membuat sebuah Catatan Kaki sebagai berikut. Contoh 1 Sampai 3 Pengarang.

Deru Campur Debu Jakarta. Pustaka Indonesia 1992 Halaman 9.

Abdul Kholik Bagus Kuncoro Rapi Armad. Buatlah catatan kaki dan daftar pustaka berdasarkan data berikut iniUntuk kepentingan penulisan skripsi Anda mengutip secara langsung dari Koesmahatmadja yang menulis artikel berjudul Sistem Pemerintahan Daerah di Indonesia.

Artikel tersebut dimuat dalam Kompas 10 Mei 2005 di Jakarta. Jenis catatan kaki ini biasanya menggunakan kata-kata.

Lihat Bandingkan dan Uraian lebih lanjut dapat dilihat dalam dan sebagianya. Dianjurkan penggunaannya tidak berlebihan agar tidak terkesan pamer.

Penggunaan ungkapan tersebut perlu secara konsisten dan benar. Dimana catatan kaki sebaiknya tidak melebihi sepertiga halaman.

Cara Menulis Footnote atau catatan kaki pada makalah skripsi dan karya ilmiah lainnya tentu harus baik dan benar. Karena penulisan pada karya ilmiah sudah diatur lengkap sesuai dengan peraturan penulisan di Indonesia.

Dengan penulisan catatan kaki yang sama maka akan mudah untuk dipahami dan dimengerti oleh pembaca. Catatan kaki Footnote adalah daftar keterangan khusus yang.

www.slideshare.net