Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang Hijau

Pengamatan Pertumbuhan Biji Kacang Hijau

Cara membuat laporan hasil penelitian kacang hijau. LAPORAN PENELITIAN kacang hijau. Download Full PDF Package.

Untuk mendokumentasikan hasil penelitian pada kacang hijau 2. Bahan 16 buah kacang hijau sebagai objek penelitian 4 biji tiap gelas Kapas sebagai media penelitian Air sebagai bahan tambahan yang digunakan untuk membasahi atau membuat kapas lembab.

Penelitian ini dilator belakangi oleh karena masih banyak orang membuat kecambah kacang hijau dengan cara kenvensional padahal berhasil tidaknya kecambah kacang hijau dipengaruhi oleh rangsangan yang berasal dari lingkungan seperti sinar matahari yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan kecambah kacang hijau. Melakukan penyiraman selama 5 hari sekaligus mengamati pertumbuhan biji kacang hijau yang telah ditanam.

Membuat grafik pertumbuhan yang tepat dari masing-masing perlakuan. BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN A.

Hasil penelitian Setelah biji kacang hijau direndam selama 24 jam mengakibatkan berakhirlah masa dormansi. Laporan Hasil Penelitian Kacang Hijau.

Mencuci kacang hijau sampai bersih kemudian merendamnya sampai 3 jam dengan air bersih 2. Menandai masing-masing gelas plastik misalnya untuk kacang hijau yang terkena cahaya.

A1 A2 dan A3 sementara untuk kacang hijau tanpa cahaya. B1 B2dan B3.

Sehingga membuat tumbuhan tumbuh. Label Untuk memberi nama setiap gelas 2.

18 buah biji kacang hijau objek penelitian. 18 lembar kapas media penelitian.

Biji kacang hijau di rendam selama 24 jam. Kemudian di pilih 18 biji kacang hijau yang tenggelam lalu tiriskan.

Laporan penelitian perkecambahan kacang hijau dan jagung Zenda Kirana Sehubungan dengan hal tersebut perlu kiranya penulis dengan ketulusan hati mengucapkan terima kasih kepada Ibu Pengajar Mata Pelajaran Biologi kelas XII IPA 6 yang telah membimbing penulis dalam menyelesaikan laporan percobaan ini. Dari penelitian yang telah dilakukan terhadap pertumbuhan dan perkecambahan biji kacang hijau biji kacang hijau yang diletakan ditempat gelap dan terang akan mempunyai perbedaan.

Biji kacang hijau yang terkena cahaya matahari secara langsung terang pertumbuhannya lebih lambat daunnya lebar tebal berwarna hijau batang tegak dan kokoh. Membuat grafik pertumbuhan batang kacang hijau.

Penelitian di atas membandingkan pertumbuhan kacang hijau yang diletakkan di dua tempat berbeda yaitu tempat terang dan gelapDari hasil penelitian di atas kecambah kacang hijau yang paling cepat tumbuh adalah kecambah kacang hijau yang berada di tempat gelapTumbuhan kacang hijau. Kadar air biji kacang hijau berkisar 5-15 pada kadar air ini kelembaban terlalu rendah untuk berlangsungnya metabolisme sehingga tahap perkecambahan adalah kadar air biji kacang hijau harus dinaikkan dengan cara dilakukan perendaman atau ditempatkan pada lingkungan yang jenuh uap air Anggrahini 2009.

Tanaman kacang hijau di tempat gelap lebih tinggi dari tanaman kacang hijau di tempat terang namun dengan kondisi pucat kurus dan daunnya tidak berkembang. Sebaliknya tanaman kacang hijau yang diletakkan di tempat terang tumbuh lebih lambat dengan kondisi relatif pendek daun berkembang baik dan berwarna hijau.

Jenis kacang hijau yang digunakan adalah biji dengan kulit yang belum terbuka. ALAT DAN BAHAN PENGAMATAN Media Tanah 15 biji kacang hijau 3 gelas plastik Media tanah Pisau Penggaris Spidol Media Kapas 15 biji kacang hijau 2 cawan petri 4 kapas C.

CARA KERJA Media Tanah. Sediakan sejumlah kacang hijau 2.

-Tinggi kecambah kacang hijau -Jumlah daun dalam kecambah kacang hijau 3. -Pemberian air 30 ml sekali pemberian pemberian dilakukan setiap sore hari -Takaran pupuk 15 gram sekali pemberian di awal menanam -Media tanam tanah -Penggunaan biji kacang hijau yang sama 33.

Waktu dan Tempat Penelitian 1. Kacang hijau direndam air dari kacang hijau yang tenggelam dipilih beberapa yang bagus untuk bahan pengamatan.

Kacang hijau yang sudah dipilih direndam air kira-kira satu malam. Kemudian kacang hijau hasil rendaman di tanam di polybag yang telah diisi tanah kompos masing-masing 2 butir.

Sesuai pengan penjelasan diatas maka penulis akan membuat sebuah laporan pengamatan mengenai proses pertumbuhan dan perkembangan khususnya dalam dunia tumbuhan yaitu tumbuhan kacang hijau. Periode pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan terjadi sepanjang hidupnya seperti halnya makhluk hidup lainnya.

Inilah pembahasan selengkapnya mengenai laporan penelitian kacang hijau terhadap cahaya. Admin blog Seputar Laporan 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait laporan penelitian kacang hijau terhadap cahaya dibawah ini.

Kacang hijau pada tanah yang telah dicampur pupuk ureatidak normal dan lebih lambat dari sampel A dan BSelain itu daun tidak mengalami pertumbuhan pada harike V sampai VII. PEMBAHASAN HASIL PENELITIANHasil analisis tebel pengamatan menunjukkan bahwapertumbuhan kacang hijau yang menggunakan tanah sajalebih baik dari sampel lainnya.

Morfologi kacang hijau dan pertumbuhan kacang hijau 3. Tempat penelitian pada gelas plastik dan kaca ukuran kecil.

Media penelitian pada kapas basah yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering dan dilakukan penyiraman secara rutin. Biji kacang hijau yang sebelumnya telah direndam selama 3 ja.

Kacang hijau adalah tanaman budidaya dan palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tanaman ini memiliki kulit yang hijau berbiji putih dan sering dibuat kecambah atau toge.

Dalam pertumbuhan tanaman kacang hijau memerlukan media dan dipengaruhi oleh beberapa faktor salah satunya adalah cahaya. Sehubungan dengan adanya kacang hijau yang dalam.

Cara Membuat Laporan Penelitian. Setelah mengetahui sistematika laporan penelitian struktur laporan penelitian serta format laporan penelitian saatnya kamu mulai belajar cara membuat laporan penelitian milikmu sendiri.

Panjang batang kacang hijau yang diukur setiap harinya baik di tempat yang mendapat sinar matahari maupun di. Perkecambahan adalah munculnya plumula tanaman kecil dari dalam biji.

Berdasarkan letak kotiledonnya perkecambahan dibedakan menjadi 2 yaitu epigeal dan hypogealPerkecambahan epigeal adalah apabila terjadi pembentangan ruas batang di bawah daun lembaga atau hipokotil sehingga mengakibatkan daun lembaga dan kotiliden terangkat ke atas tanah misalnya kacang hijau.

www.slideshare.net