Doc Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Ahmad Wahid Academia Edu

Doc Pengaruh Suhu Terhadap Laju Reaksi Ahmad Wahid Academia Edu

Contoh laporan praktikum kimia pengaruh suhu terhadap laju reaksi. Umumnya reaksi akan berlangsung lebih cepat bila suhu dinaikkan. Jika suhunya naik maka energi kinetik molekul-molekul zat yang bereaksi akan bertambah sehingga akan lebih banyak molekul yang memiliki energi sama atau lebih besar dari E a.

Dengan demikian lebih banyak molekul yang dapat mencapai keadaan transisi atau dengan kata lain kecepatan reaksi menjadi lebih besar. KIMIA LAPORAN PRAKTIKUM PENGARUH SUHU TERHADAP LAJU REAKSI OLEH.

KELOMPOK 7 KELAS XI MIPA 3 1. Adapun pembahasan dalam laporan praktikum laju reaksi ini adalah sebagai berikut.

Berdasarkan hasil percobaan yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa terdapat empat faktor yang terbukti mampu mempengaruhi laju reaksi antara lain adalah konsentrasi luas permukaan suhu dan katalis. PENGARUH SUHU DAN KONSENTRASI TERHADAP KECEPATAN REAKSI Abstrak Laju reaksi adalah cepat atau lambatnya suatu reaksi berlangsung.

Pengetahuan tentang laju reaksi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari dan industri. Laju reaksi ditentukan melalui percobaan yaitu dengan mengukur banyaknya pereaksi yang dihabiskan atau banyaknya produk yang dihasilkan dalam waktu tertentu.

Katalis adalah suatu zat yang mempercepat laju reaksi kimia pada suhu tertentu. Pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi.

2 Responses to LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA-LAJU REAKSI Kartiko Setiaji 3 June 2012 at 0101. LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA DASAR II.

Pada suhu 60 0 C laju reaksi berlangsung paling cepat dengan waktu 66 detik. Warna akhir larutan yaitu putih pucat.

Pada percobaan ketiga dilakukan pengamatan pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi. Pengaruh Suhu terhadap Pergeseran Kesetimbangan Kimia Praktikum Contoh Percobaan Reaksi - Lakukan percobaan berikut ini untuk membantu memahami materi ini.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pergeseran Kesetimbangan Kimia 1. Praktikum Pengaruh Suhu terhadap Kesetimbangan.

MAKALAH PRAKTIKUM LAJU REAKSI Kelompok Anggota. SMA NEGERI XI MIA 2 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya kami dapat menyelesaikan makalah ini dengan tepat waktu.

Makalah ini kami susun untuk menambah pengetahuan menambah wawasan serta memperdalam pemahaman kami dan teman teman akan makalah. Laju reaksi atau kecepatan reaksi menyatakan banyaknya reaksi kimia yang berlangsung per satuan waktuLaju reaksi menyatakan molaritas zat terlarut dalam reaksi yang dihasilkan tiap detik reaksi.

Perkaratan besi merupakan contoh reaksi kimia yang berlangsung lambat sedangkan peledakan mesiu atau kembang api adalah contoh reaksi yang cepat. Praktikum ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan suhu terhadap laju reaksi.

Volume HCl yang digunakan 30 mL dengan konsentrasi 02 M. Sedangkan volume Na 2 S 2 O 3 dibuat bervariasi dengan melakukan pengenceran.

Kesetimbangan kimia adalah keadaan dimana 2 reaksi yang tepat berlawanan terjadi pada laju reaksi yang sama. Praktikum ini bertujuan untuk mempelajari reaksi kesetimbangan kompleks besi III-tiosianat.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesetimbangan kimia yaitu pengaruh konsentrasi volume tekanan suhu dan katalisator. Suhu juga turut berperan dalam mempengaruhi laju reaksiApabila suhu pada suatu rekasi yang berlangusng dinaikkan maka menyebabkan partikel semakin aktif bergerak sehingga tumbukan yang terjadi semakin sering menyebabkan laju reaksi semakin besar.

Pada percobaan kedua dilakukan percobaan pengaruh suhu terhadap laju reaksi. Pencampuran hcl dengan Na 2 S 2 O 3 yang berbeda-beda yaitu pada suhu ruangan 29 o C dan suhu setelah dipanaskan yaitu pada suhu 40 50 60 o C.

Pada saat Na 2 S 2 O 3 pada suhu 29 o C diperlukan waktu yag cukup lama sampai warna larutan berwarna putih susu yaitu 170s. Ketika suhu dinaikan menjadi 40 o C waktu yag.

Tabel Data Pengamatan A. Mengamati pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi N Reaktan Waktu Pengamatan o 1 Pita Mg HCl 05M 34 mnt 23 s 2 Pita Mg HCl 1M 14 mnt 11 s Timbul gelembung 3 Pita Mg HCl 2M 01 mnt 10 s 4 Pita Mg HCl 3M 44 s B.

Mengamati pengaruh suhu terhadap laju reaksi No HCl 01M Na2S2O3 01M SuhuoC Waktu Pengamatan 1 25ml 25ml 30 2mnt 4s Terjadi perubahan warna 2 25ml. Contoh Laporan Praktikum Kimia.

Pengaruh Luas Permukaan Terhadap Laju Reaksi. Menyelidiki pengaruh luas permukaan terhadap laju reaksi.

Kenaikan suhu umumnya menyediakan energi yang cukup bagi molekul reaktan untuk meningkatkan tumbukan antar molekul. Misalnya dari contoh reaksi di atas 2HgCl 2 C 2 O 4 2- didapat bahwa orde reaksi total adalah 1 2 3.

Maka grafiknya akan sangat tajam. Pengaruh orde reaksi terhadap laju reaksi akan lebih mudah digambarkan dengan grafik berikut.

Jika nilai orde reaksi total 0 maka grafiknya seperti ini. Percobaan kedua yaitu pengaruh temperatur atau suhu terhadap laju reaksi disiapkan enam buah tabung reaksi tiga buah diisi dengan 3 ml H2SO4 05 M dan tiga buah lainnya diisi dengan 3 ml Na2S2O3 05 M dimasukkan sepasang tabung reaksi kedalam gelas piala yang berisi air dingin air es dengan suhu 5oC selama beberapa menit hingga suhunya merata termasuk suhu larurannya kemudian diambil.

Sesuai dengan asas Le Chatelier jika suatu sistem diberi suatu aksi maka sistem tersebut akan menyesuaikan diri bereaksi sedemikian rupa untuk menimimalisasi bahkan meniadakan pengaruh dari aksi tersebut. Berikut adalah ringkasan pengaruh konsentrasi suhu tekanan dan volume terhadap kesetimbangan.

Pengaruh Konsentrasi terhadap Kesetimbangan Mengubah konsentrasi bahan kimia akan. LAPORAN PRAKTEK KIMIA Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi Nama.

26 Oktober 2011 I. Mempelajari faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

-Gelas Erlenmeyer 100 mL -Gelas ukur 25 mL -Gelas kimia 100 mL -Tabung reaksi dan rak -Kasa kaki tiga dan pembakar spirtus. BAB V PENUTUP 51 Kesimpulan.

Konstanta pengaruh konsentrasi terhadap laju reaksi yaitu 38915 pada percobaan pengaruh suhu dalam laju reaksi dihasilkan konstanta konstanta dengan besar 924 titik konstanta ini didapat dengan cara mencari nilai k atau konstanta pada pengaruh konsentrasi dan suhu setelah mengetahui orde reaksi dari masing-masing senyawa.

www.academia.edu