Tantangan Pancasila Sebagai Sistem Etika

Tantangan Pancasila Sebagai Sistem Etika

Contoh makalah dinamika dan tantangan pancasila sebagai sistem etika. Dinamika dan tantangan pancasila sebagai sistem etika Etika Pancasila adalah cabang filsafat yang dijabarkan dari sila-sila Pancasila untuk mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Indonesia. Pancasila sebagai suatu sistem falsafat pada hakikatnya merupakan suatu sistem nilai yang menjadi sumber dari penjabaran norma baik norma hukum norma moral maupun norma kenegaraan lainnya.

Disamping itu terkandung juga pemikiran-pemikiran yang bersifat kritis mendasar rasional sistematis dan komprehensif. Argumen tentang Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagi Sistem Etika a.

Argumen tentang Dinamika Pancasila sebagai Sistem Etika Beberapa argumen tentang dinamika Pancasila sebagai sistem etika dalam penyelenggaraan pemerintahan di Indonesia dapat diuraikan sebagai berikut. MAKALAH Dinamika dan Tantangan Pancasila sebagai Sistem Etika Kelompok 12 Dwi Pramesti Regina Z 1951011002 Fahrani Amalia 1911011006 Florentia Jessica Karnesya 1911011066 M.

Ghiki EgaZ 1951011008 Muhammad Faisal Yusuf 1911011023 Kartika Chandra 1911011058 Riski Khoerul Ikhwan 1911011027 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas. Pancasila sebagai sistem filsafat bergerak dinamis mengikuti masyarakat dimana kehidupan bermasyarakat selalu memiliki tantangan baik dari dalam atau dari luar suatu negara.

Argumen tentang Tantangan Pancasila sebagai Sistem Etika Pentingnya Pancasila sebagai sistem etika terkait dengan masalah yang dihadapi bangsa Indonesia sebagai berikut. Banyaknya kasus korupsi yang melanda negara Indonesia sehingga dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara.

Masih terjadinya aksi terorisme yang mengatasnamakan agama sehingga dapat merusak semangat. Pancasila adalah sebagai dasar negara Indonesia yang memegang peranan penting dalam setiap aspek kehidupan masyarakat Indonesia salah satunya adalah Pancasila sebagai suatu sistem etika.

Di dunia internasional bangsa Indonesia terkenal sebagai salah satu negara yang memiliki etika yang baik rakyatnya yang ramah sopan santun dll. Yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut baik dan buruk sopan atau tidak sopan susila atau tidak susila Norma hukum.

Sistem peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam suatu tempat dan waktu tertentu dalam pengertian ini peraturan hukum. Dalam pengertian itulah Pancasila berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum.

Makalah ini berisikan tentang bagaimana pancasila sebagai suatu sistem etika dan aplikasinya dalam masyarakat Indonesia. Penulis masih menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna ini dapat disebabkan pada saat pengumpulan data yang kurang atau hal-hal lain.

Pendukung dari Pancasila sebagai sistem etika adalah Pancasila memegang peranan dalam perwujudan sebuah sistem etika yang baik di negara ini. Di setiap saat dan dimana saja kita berada kita diwajibkan untuk beretika disetiap tingkah laku kita.

Unsur-unsur yang mempengaruhi tantangan terhadap pancasila sebagai ideologi negara meliputi faktor eksternal dan internal. Adapun faktor eksternal meliputi hal-hal berikut.

Pertarungan ideologi antara negara-negara super power antara Amerika Serikat dan Uni Soviet antara 1945 sampai 1990 yang berakhir dengan bubarnya negara Soviet sehingga. INFO NASIONAL - Ketua MPR RI Zulkifli Hasan mengatakan sistem etika menjadi tantangan dalam meimplementasikasi Pancasila.

Sistem etika merupakan seperangkat nilai menyeluruh. Karenanya menjadi tantangan kita hari ini menjadikan Pancasila mengintegrasikan sistem etika dan tindakan dalam Pancasila kata Zulkifli Hasan dalam Konferensi Nasional Etika Kehidupan Berbangsa di gedung Nusantara IV.

Meletakkan sila-sila Pancasila sebagai system etika berarti menempatkan Pancasila sebagai sumber moral dan inspirasi bagi penentu sikap tindakan dan keputusan yang diambil setiap warga negara. Pancasila sebagai system etika memberi guidance bagi setiap warga negara sehingga memiliki orientasi yang jelas dalam tata pergaulan baik local.

Dinamika Pendidikan Pancasila Penetapan Pancasila sebagai dasar negara itu memberikan pengertian bahwa negara Indonesia adalah Negara Pancasila. Hal itu mengandung arti bahwa negara harus tunduk kepadanya membela dan melaksanakannya dalam seluruh perundang-undangan.

Kehendak untuk bersatu le desir detre ensemble dan memahami Pancasila dari sejarahnya dapat diketahui. URGENSI PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA PERTAMA Banyaknya kasus korupsi yang melanda negara Indonesia sehingga dapat melemahkan sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara KEDUA Masih terjadinya aksi terorisme yang mengatasnamakan agama sehingga dapat merusak semangat toleransi dalam kehidupan antar umat beragama dan meluluhlantahkan.

Etika merupakan cabang filsafat Pancasila yang dijabarkan melalui sila-sila Pancasila dalam mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Indonesia. Etika Pancasila cenderung mendekati pada pengertian etika kebajikan dalam sistem pemerintahanHal ini dikarenakan konsep deontologis dan teologis terkandung di dalam Pancasila.

Hal-hal penting yang sangat urgen bagi pengembangan pancasila sebagai sistem etika meliputi hal-hal sebagai berikut. Pertamameletakkan sila-sila pancasila sebagai sistem etika berarti menempatkan pancasila sebagai sumber moral dan inspirasi bagi penentu sikap tindakandan keputusan yang diambil setiap warga negara.

Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana kita mempelajari tentang filsafat filsafat pancasila dan pancasila sebagai sistem filsafat. Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan.

Jika etika mampu membuat masyarakat mengerti tentang apa yang menjadi kewajiban dan apa yang menjadi hak dalam berdemokrasi maka tantangan etika dalam demokrasi selesai. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pengertian Hakekat Dan Ciri Menurut wikipedia Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Manusia sepanjang hayat selalu mengidamkan kebijaksanaan kebaikan kebenaran keindahan dan sebagainya.

id.scribd.com

Related Image with Contoh Makalah Dinamika Dan Tantangan Pancasila Sebagai Sistem Etika