Doc Contoh Makalah Fungsi Dan Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Yulius Usman Academia Edu

Doc Contoh Makalah Fungsi Dan Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional Yulius Usman Academia Edu

Contoh makalah fungsi dan kedudukan bahasa indonesia. MAKALAH FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL Posted by Zulfadli Mauludi at 343 AM on Monday November 26 2012 MAKALAH FUNGSI DAN KEDUDUKAN BAHASA INDONESIA SEBAGAI BAHASA NASIONAL Makalah ini disusun untuk mengikuti kuliah bahasa Indonesia KELOMPOK 1 PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNIK MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FTMIPA UNIVERSITAS. Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Negara juga Meliputi 4 aspek yaitu.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan Bahasa Indonesia sebagai alat penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan tata-cara perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional serta pemerintahan dan Bahasa Indonesia Sebagai. Fungsi bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus.

Fungsi bahasa secara umum yaitu sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri sebagai alat komunikasi sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi social dan sebagain alat kontrol sosial. Kekaburan pembedaan kedudukan dan fungsi bahasa indonesia dengan kedudukan dan fungsi bahasabahasa lain itu tidak saja akan merugikan bagi pengembangan dan pembakuan bahasa indonesia tetapi juga dapat menyebabkan terjadinya kekacauan dalam cara berpikir para penutur terutama penutur pemula yang dwibahasawan.

Merupakan sebuah dialek bahasa Melayu yang menjadi bahasa resmi Republik Indonesia. KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA MAKALAH Disusun Guna Memenuhi Tugas Mata Kuliah.

Bahasa Indonesia Dosen Pengampu. Maratul Lutfiyah MPd Disusun oleh.

Alief Latief 20106011239 Choerul Munajat 20106011270 Muhammad Ashabul Ulum 20106011249 Wahyu Budi Utomo 20106011247 PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG 2020 1. Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.

Dimana kedudukannya sebagai lambang kebanggan nasional lambang identitas nasional alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya dan alat penghubung antarbudaya antar daerah. Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia Oleh Dosen Pendidikan 3 Diposting pada 09092020 16 Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional dan Negara Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Bahasa Indonesia yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi kedudukan.

Itulah makalah fungsi dan kedudukan bahasa indonesia yang dapat admin kumpulkan. Admin Kumpulan Makalah Terkini 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait makalah fungsi dan kedudukan bahasa indonesia dibawah ini.

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat hidayah dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia. Bahasa merupakan saluran maksud seseorang yang melahirkan perasaan dan memungkinkan masyarakat untuk bekerja sama.

Lahirlah makalah yang berjudul Makalah kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia serta tantangannya di era globalisasi. Metode yang di gunakan dalam penyusunan makalah ini merupakan metode tinjauan kepustakaan yang bertujuan untuk mempelajari buku-buku yang relevan dengan masalah yang di teliti karena penyusun tidak melakukan tinjaun secara langsung terhadap objek pengamatan.

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia. Kedudukan bahasa indonesia sebagai bahasa nasional ditetapkan melalui ikrar Sumpah Pemuda pada tanggal 28 oktober 1928.

Dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara bahasa Indonesia berfungsi sebagai. Bahasa resmi kenegaraan 2.

Bahasa pengantar di dalam dunia pendidikan 3. Alat perhubungan pada tingkat nasional untuk kepentingan.

Kedudukan dan fungsi bahasa daerah masih tegar dan tidak bergoyah sedikit pun. Bahkan bahasa daerah diharapkan dapat memperkaya khazanah bahasa Indonesia.

Alat penghubung antarbudaya antardaerah. Contoh Makalah Sistem Perekonomian Indonesia dan Brazil - Desember 12 2016.

Penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia kepada masyarakat Indonesia Khususnya di kalangan kami sebagai mahasiswa sehingga dapat ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia. MAKALAH BAHASA INDONESIA Sejarah Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Oleh.

Shally Rahmawaty Sulhijrah Bola S. 16 Fungsi dan Kedudukan Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Nasional dan Negara Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai Bahasa Indonesia yang dimana dalam hal ini meliputi fungsi kedudukan pengertian dan awal mula nah agar lebih dapat memahami dan dimengerti simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Karena dengan adanya kenyataan bahwa dengan menggunakan bahasa Indonesia identitas suku dan nilai-nilai sosial budaya daerah masih tercermin dalam bahasa daerah masing-masing. Kedudukan dan fungsi bahasa daerah masih tegar dan tidak bergoyah sedikit pun.

Bahkan bahasa daerah diharapkan dapat memperkaya khazanah bahasa Indonesia. Penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa indonesia kepada masyarakat indonesia khususnya di kalangan kami sebagai mahasiswa sehingga dapat ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa indonesia.

Fungsi dan kedudukan bahasa indonesia. Rizkiandi nurul hidayatullahzainal abidinnismawatifiyula el syarahwahyuni aulia arriska amaliahjurusan pendidikan bahasa arabfakultas tarbiyah dan keguruanuin alauddin ii samata kab gowa2013kata pengantarkami panjatkan rasa syukur kepada allah atas segala karunia nyasehingga makalah ini dapat kami selesaikan.

Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dengan baik di mata kaum muda dan pelajar. Fungsi Bahasa Indonesia Dasar Jiwa Nasionalisme.

Menurut buku Arifin 200812 kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya. Lambang Kebanggaan Kebangsaan Di dalam fungsinya sebagai Lambang.

www.academia.edu