Makalah Hukum Bisnis

Makalah Hukum Bisnis

Contoh makalah hukum bisnis tentang kontrak. Makalah Hukum Bisnis Kontrak atau Perjanjian BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Masalah Perjanjian diatur dalam pasal 1313 Kitab Undang-undang Hukum Perdata KUH Perdata yaitu suatu perbuatan yang mana satu orang atau lebih mengikatkan dirinya terhadap satu orang lain atau lebih.

MAKALAH HUKUM BISNIS Kontrak Bisnis Snpm 2016. Hindia BelandaHukum kontrak kita masih mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau Burgerlijk Wetboek Bab III tentang Perikatan selanjutnya disebut buku III yang masuk dan diakui oleh Pemerintahan Hindia Belanda melalui asas Konkordansi yaitu asas yang menyatakan bahwa.

Semoga dengan disusunnya makalah ini dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita dalam mempelajari dan memahami pokok-pokok bahasan dalam Kontrak khususnya mengenai Hukum Dagang dan Bisnis. Kami menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini masih sangat jauh dari sempurna.

Baik perjanjian maupun kontrak mengandung pengertian yang sama yaitu suatu perbuatan hukum untuk saling mengikatkan para pihak kedalam suatu hubungan hukum perikatan. Istilah kontrak lebih sering digunakan dalam praktek bisnisKarena jarang sekali orang menjalankan bisnis mereka secara asal-asalan maka kontrak-kontrak bisnis biasanya dibuat.

MAKALAH HUKUM PERJANJIAN Diajukan untuk memenuhi kelengkapan tugas pasca presentasi Pada mata kuliah Hukum Bisnis Dosen Pengajar. Indrati SHMS Disusun oleh.

Afiq Faradisya Auliya M KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah tuhan semesta alam ini yang masih memberikan kami kesempatan untuk bias menyusun makalah tugas pasca presentasi ini. MAKALAH KONTRAK BISNIS Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas mata kuliah Hukum Bisnis yang diampu oleh.

Gadis Ranti SH MKN. Rijal Arif Nuqoba NPM 0215103062 PROGRAM STUDI MANAJEMEN S1 FAKULTAS BISNIS DAN MANAJEMEN UNIVERSITAS WIDYATAMA BANDUNG 2016.

Contoh Makalah Perjanjian Kontrak Dalam Bisnis File Makalah Perjanjian Kontrak Dalam Bisnis Aspek Hukum Dalam Bisnis Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Usaha 3 Orang Contoh Kontrak Bisnis Pdf Surat Perjanjian Kerjasama Usaha Doc Pengertian Kontrak Bisnis Menurut Para Ahli Makalah Kontrak Bisnis Contoh Surat Perjanjian Kerjasama Jasa Contoh Kontrak Bisnis Sederhana Contoh Kontrak Bisnis. Menurut Munir Fuady banyak definisi tentang kontrak telah diberikan dan masingmasing bergantung kepada bagian-bagian mana dari kontrak tersebut yang dianggap penting dan bagian tersebutlah yang ditonjolkan dalam definisi tersebut2 2Munir Fuady Pengantar Hukum Bisnis Menata Bisnis Modern Chitra Aditya Bahkti Bandung Hal 9 4.

Hukum kontrak kita masih mengacu pada Kitab Undang-Undang Hukum Perdata atau Burgerlijk Wetboek Bab III tentang Perikatan selanjutnya disebut buku III yang masuk dan diakui oleh Pemerintahan Hindia Belanda melalui asas Konkordansi yaitu asas yang menyatakan bahwa peraturan yang berlaku di negeri Belanda berlaku pula pada pemerintahan Hindia Belanda Indonesia hal tersebut untuk memudahkan. Dengan tersusunya makalah ini kami berusaha memberikan penjelasan tentang pengertian perikatan dan perbedaan antara perikatan dengan perjanjian pengertian kontrak perjanjian dalam kegiatan bisnis dan unsur-unsur muatan kontrak bisnis Asas-asas dan syarat-syarat umum dalam melakukan kontrak perjanjian akibat hukum suatu kontrak technik penyusunan merancang kontrak bisnis dan beberapa.

Hukum yang berlaku bagi kontrak tersebut. PP No292000 Pasal 23 ayat 6 dengan tegas mengatakan bahwa kontrak kerja harus tunduk pada hukum yang berlaku di Indonesia.

Bahasa kontrak perlu disebutkan bahasa mana yang berlaku apabila kontrak dibuat dalam dua bahasa. HUKUM PERJANJIAN DALAM ASPEK HUKUM BISNIS KONTRAK A.

PENGERTIAN KONTRAK Kontrak sering disebut dengan istilah Perjanjian sebagai terjemahan dari Agreement dalam bahasa Inggris atau overeenkomst dalam bahasa Belanda. Namun seiring dengan berjalannya waktu istilah yang sepadan dengan Kontrak yaitu istilah Transaksi yang merupakan istilah bahasa Inggris transaction.

Dasar Hukum Kontrak Bisnis. Setiap perjanjian termasuk perjanjian bisnis memiliki dasar hukum yang menjadi pegangan bagi setiap pihak yang menjalankannya.

Berdasarkan Pasal 1338 ayat 3 KUHP dan Pasal 1320 ayat 1 KUHP mengatur tentang perjanjian kontrak secara tertulis maupun secara lisan verbal. Kemudahan akses informasi dan transportasi berpengaruh pada meluasnya sektor perdagangan dan transaksi bisnis.

Sektor-sektor tersebut kini sudah merambah dunia internasional sehingga tidak lagi terbatas pada satu wilayah tertentu saja. Kontrak sebagai suatu kesepakatan tertulis mengenai tindakan hukum yang dilakukan oleh masing-masing pihak dua pihak atau lebih di mana dituntut untuk.

Pengertian aspek hukum dalam bisnis juga meliputi tentang kontrak atau perjanjian dan aspek kebebasan membuat perjanjian. Jika aspek-aspek tersebut dilanggar maka perusahaan akan dikenakan sanksi setimpal.

Salah satu contoh kasus pelanggaran hukum dalam bisnis adalah kasus yang diperkarakan oleh Apple dan Samsung. Menurut penulis bahwa kontrak adalah Kaidahaturan hukum yang mengatur hubungan hukum antar para pihak berdasarkan kata sepakat untuk menimbulkan akibat hukum untuk melaksanakan suatu prestasiobyek perjanjian dan Pengaturan umum tentang kontrak diatur dalam KUHPerdata buku III.

Asas hukum kontrak 1. Sebagai pemilik bisnis kontrak sudah menjadi makanan sehari-hari.

Di mana hampir seluruh kegiatan bisnis dilakukan melalui pembuatan kontrak. Namun masih banyak juga pemilik bisnis yang masih menganggap kontrak sebagai formalitas dan hanya dianggap sebagai bukti kesepakatan antara kedua belah pihak apabila terjadi sengketa dan masalah di kemudian hari tanpa memahami dengan benar isi dalam.

Hukum bisnis bertujuan untuk memberikan kepada para pelaku bisnis berupa keadilan kepastian hukum dan ketertiban dalam menjalankan kegiatan bisnis merekaDengan demikian hukum sangat berperan mengatur bisnis agar bisnis bisa berjalan dengan lancar tertib danaman sehingga tidak ada pihak-pihak yang dirugikan akibat adanya kegiatan bisnis. Contoh Makalah Penyelesaian Sengketa Bisnis on.

Unsur esensiali merupakan unsur yang harus ada dalam suatu kontrak karena tanpa adanya kesepakatan tentang unsur esensiali ini maka tidak ada kontrak. Sebagai contoh dalam kontrak jual beli harus ada kesepakatan mengenai barang dan harga dalam kontrak jual beli kontrak tersebut batal demi hukum karena tidak ada hal tertentu yang diperjanjikan.

www.slideshare.net