Makalah Pkn Tentang Ketahanan Nasional Di Indonesia

Makalah Pkn Tentang Ketahanan Nasional Di Indonesia

Contoh makalah ketahanan nasional di bidang sosial budaya. Ketahanan Nasional Pada Aspek Sosial BudayaKetahanan social budaya diartikan sebagai kondisi dinamis budaya Indonesia yang berisi keuletan dan ketangguhan kekuatan nasional dalam menghadapi serta mengatasi segala tantangan ancaman hambatan dan gangguan yang dating dari luar maupun dari dalam secara langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan kehidupan social budaya. MAKALAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG SOSIAL BUDAYA PENGKLAIMAN BUDAYA INDONESIA OLEH MALAYSIA.

Contoh makalah ketahanan nasional di bidang sosial budaya. Memiliki keragaman budaya yang tersebar di pelosok-pelosok nusantara.

Dari kesenian adat-istiadat hingga makanan melekat mewarnai keragaman bangsa ini. Contoh makalah ketahanan nasional di bidang sosial.

Kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan Ketahanan nasional yang mencakup aspek ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan sehingga ketahanan nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat dan berbangsa dan bernegara dalam wadah NKRI yang dilandasi Pancasila UUD l945 dan landasan visional Wawasan Nusantara. KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG SOSIAL BUDAYA.

Setiap bangsa dalam rangka mempertahankan eksistensi dan mewujudkan cita-citanya perlu memiliki pemahaman mengenai geopolitik dan geostrategi. Geopolitik adalah cara mencapai tujuan nasional dengan memanfaatkan konstelasi geografis.

Sedangkan geostrategi adalah salah satu cara atau pendekatan dalam memanfaatkan kondisi lingkungan untuk mewujudkan. Ketahanan sosial budaya adalah kondisi kehidupan sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional berdasarkan Pancasila yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa rukun bersatu cinta tanah air berkualitas maju dan sejahtera dalam kehidupan.

Ketahanan dibidang sosial budaya diartikan sebagai kondisi dinamik yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional didalam menghadapi dan mengatasi segala ancamangangguan hambatan dan tantangan baik yang datang dari dalam maupun luar. Wujud ketahanan sosial budaya tercermin dalam kondisi kehidupan sosial budaya bangsa yang dijiwai kepribadian nasional yang mengandung kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang maha esa bersatu cinta tanah air berkualitas maju dan sejahtera dalam kehidupan yang serba selaras serasi dan.

Ketahanan di bidang sosial budaya atau ketahanan sosial budaya diartikan sebagai kondisi dinamis budaya bangsa Indonesia yang berisi keuletan ketangguhan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi dan mengatasi segala tantangan ancaman hambatan serta gangguan dari luar maupun dari dalam yang langsung maupun tidak langsung membahayakan kelangsungan kehidupan sosial. 41 Ketahanan Nasional di Bidang Sosial Budaya Ketahanan dibidang sosial budaya diartikan sebagai kondisi dinamik yang berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional didalam menghadapi dan mengatasi segala ancamangangguan hambatan dan tantangan baik yang datang dari dalam maupun luar.

Ketahanan Nasional meliputi segala aspek kehidupan nasional suatu bangsa antara lain aspek Sosial-Budaya Pembina dan Peningkatan ketahanan Nasional dalam aspek Sosial-Budaya antara lain dapat ditempuh lewat jalur Mahasiswa sebagai generasi muda terpilih yang mempunyai ciri khas yang dominan dan menonjolkan dalam berperan serta dalam pembangunan nasional untuk mencapai Tujuan Nasional. Ketahanan Nasional Pengertian Makalah Wawasan Dan Contohnya Lembaga Pertahanan Nasional didirikan pada 20 Mei 1965 berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 1964 dan langsung di bawah PresidenPada tahun 1983 lembaga ini berganti nama menjadi Ketahanan National yang berada di bawah Panglima Angkatan Bersenjata ABRI.

Salah satu ketahanan Nasional ialah ketahanan Nasional di bidang politik yaitu kondisi dinamika ketahanan politik bangsa yang berisi keuletan dan ketangguhan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan ancaman hambatan serta gangguan yang datang dari luar maupun dari dalam secara langsung dan tidak langsung untuk menjamin kelangsungan hidup politik bangsa dan Negara Republik Indonesia. Ketahanan nasional mempunyai fungsi sebagai daya tangkal Pengarah bagi pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya dan pertahanan keamanan sehingga tercapai kesejahteraan rakyat dan Pengarah dalam menyatukan pola pikir pola tindak dan cara kerja intersektor antarsektor dan multidisipliner.

MAKALAH LENGKAP TENTANG KETAHANAN NASIONAL DI BIDANG EKONOMI Januari 13 2018 BAB I. Pengarah bagi pengembangan potensi kekuatan bangsa dalam bidang ideologi politik ekonomi sosial budaya.

Sebagai contoh adalah ketahanan nasional dalam bidang pangan. Ketahanan Nasional Pengertian Azas Ciri Tujuan Dan Contoh Upaya bela negara atau mempertahankan negara sebenarnya bukan hanya berhubungan dengan upaya memepertahankan negara Kesatuan Republik Indonesia dari ancaman dan serangan musuh melainkan upaya warga negara untuk mempertahankan dan memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Contoh tindakan yang menunjukan upaya bela negara. Untuk mewujudkan keberhasilan ketahanan sosial budaya warga negara Indonesia perlu kehidupan sosial budaya bangsa dan masyarkat Indonesia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa rukun bersatu cinta tanah air maju dan sejahtera dalam kehidupan yang serba selaras serasi dan seimbang serta mampu menangkal penetrasi budaya asing yang tidak sesuai dengan kebudayaan nasional.

Contoh ketahanan nasional di atas mungkin memang hanya segelintir dari begitu banyaknya contoh lain yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Namun semoga dengan contoh ketahanan nasional yang telah dipaparkan kita bisa lebih memahami mengenai apa itu ketahanan nasional dan bagaimana kita harus menjaganya.

5 Contoh Masalah Sosial Budaya yang Terjadi di Masyarakat Terlengkap. Dari banyaknya contoh masalah sosial budaya yang ada mungkin merokok adalah salah satu contoh masalah sosial budaya yang paling umum dan mudah ditemui didalam kehidupan keseharian.

Selain ancaman terhadap integrasi nasional di bidang sosial budaya juga terdapat ancaman di bidang ideologi politik ekonomi serta pertahanan dan keamanan.

www.slideshare.net