Laporan Praktikum Kimia Indikator Asam Basa

Laporan Praktikum Kimia Indikator Asam Basa

Contoh makalah laporan praktikum kimia asam basa. LAPORAN PRAKTIKUM KIMIA LARUTAN ASAM BASA. Judul Percobaan Larutan Asam dan Basa B.

Tujuan Percobaani Untuk menguji larutan yang termasuk asam dan basa menggunakan pH indikator dan kertas lakmus ii Untuk menguji bahan alam yang dapat digunakan sebagai indikator asam basa CDasar TeoriIndikator asam-basa disebut juga Indikator. MAKALAH LAPORAN HASIL PRAKTIKUM ASAM-BASA - Kumpulan Makalah.

Sebagai contoh bila melibatkan reaksi asam basa basa maka disebut titrasi asam basa titrasi redoks untuk titrasi yang melibatkan reaksi reduksi oksidasi titrasi kompleksometri untuk titrasi yang melibatkan pembentukan reaksi kompleks dan lain sebagainya Anonim 2010 hal. LAPORAN PRAKTIKUM IDENTIFIKASI LARUTAN ASAM DAN BASA Mata kuliah.

Kimia Dasar I Dosen Pengampu. Kartimi MPd Disusun oleh.

Reiza Fitri Yulia Nim. IPA-Biologi B1 Asisten Praktikum.

KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan ke hadapan Tuhan yang Maha Esa karena berkat karunia dan rahmat-Nya laporan praktikum ini dapat terselesaikan dengan baik. Laporan pratikum ini disusun untuk memenuhi tugas siswa dalam mata pelajaran kimia menambah wawasan tentang asam basa terutama mengenai indikator asam basa alami yang belajar dari alam selain itu kita dapat.

Dalam pembelajaran siswa acap kali melakukan praktikum penentuan asam basa. Namun dikarenakan ketersideaan indikator sintesis sering kali terbatas.

Maka penggunaan indikator alami menjadi pilihan yang praktis dn mudah digunakan. Pembatasan masalah dalam Laporan Praktikum Asam Basa adalah.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Asam basa sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Istilah asam acid berasal dari bahasa latin acetum yang berarti cuka. Istilah basa alkali berasal dari bahasa arab yang berarti abu.

Asam dan basa secara tidak sadar merupakan bagian dari kehidupan kita. Kita senantiasa berinteraksi dengan asam dan basa setiap hari.

Laporan Praktikum Titrasi Asam Basa Praktikum Titrasi Asam Basa Strandarisasi larutan NaOH pembuatan larutan NaOH titrasi HCl dengan NaOH Laporan Berikut ini merupakan laporan yang admin Laporanpraktikumid susun dari berbagai sumber dan referensi semoga laporan ini dapat membantu pembaca semuanya. Didalam larutan terkandung suatu zat asam dan basa yang merupakan penghasil dan pendukung suatu larutan.

Asam dan Basa merupakan dua golongan zat kimia yang sangat penting dalam kehidupan sehari - hari. Berkaitan dengan sifat asam Basa larutan dikelompokkan dalam tiga golongan yaitu bersifat asam bersifat basa dan bersifat netral.

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Asam dan basa merupakan dua golongan zat kimia yang sangat penting. Asam dan basa sudah dikenal sejak zaman dulu.

Istilah asam acid berasal dari bahasa Latin acetum yang berarti cuka. Istilah basa alkali berasal dari bahasa Arab yang berarti abu.

Basa digunakan dalam pembuatan sabun. Juga sudah lama diketahui bahwa.

Laporan Praktikum Asam Basa 1. LAPORAN RESMI PRAKTIKUM ILMU PENGETAHUAN ALAM 1 INDIKATOR ALAMI ASAM BASA Disusun oleh.

Nur Wiji Astuti NIM. JURUSAN PENDIDIKAN ILMU PENGETAHUAN ALAM FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA 2018 2.

Asam secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7. Asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton ion H kepada zat lain yang disebut basa atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basaSuatu asam bereaksi dengan suatu basa dalam reaksi penetralan untuk membentuk garam.

Titik ekuivalen titrasi asam lemah oleh basa kuat terjadi pada pH basa antara 8 dan 9. Sementara titik ekuivalen titrasi basa lemah oleh asam kuat berada pada textpH asam.

Bab II Metodologi Metode. Metode yang kami gunakan dalam praktikum ini adalah pengamatan langsung dan literatur.

Alat yang digunakan dalam praktikum ini. Tinjauan sifat asam-basa ditunjukkan oleh sifat reaksi kimia spesies dengan pelarut yang mengandung hidrogen yang dapat terion misalnya air amonia dan asam sulfat.

Contoh dalam pelarut air. HFaq H2Ol H3Oaq Faq dalam reaksi ini air berperan sebagai basa dan ionfluorida bertindak sebagai basa konjugasi asam hidrofluorida.

Proses pencernaan dan memasak adalah contoh kejadian yang melibatkan asam dan basa. Dalam praktikum yang telah kita lakukan kita meneliti kandungan asam dan basa yang ada dalam bunga dan kunyit serta zat-zat kimia yang diperkirakan mengandung asam dan basa menggunakan indikator kertas lakmus.

Asam yang sering diwakili dengan rumus umum HA secara umum merupakan senyawa kimia yang bila dilarutkan dalam air akan menghasilkan larutan dengan pH lebih kecil dari 7Dalam definisi modern asam adalah suatu zat yang dapat memberi proton ion H kepada zat lain yang disebut basa atau dapat menerima pasangan elektron bebas dari suatu basa. Laporan praktikum kimia dasar judul percobaan reaksi asam basa analisis kuantitatif disusun oleh.

Prastyo abi widyananto 26020112130079 jurusan ilmu kelautan. Asam dan basa merupakan zat kimia yang memiliki sifat-sifat yang dapat membantu kita untuk membedakannya.

Asam Menurut Arrhenius asam adalah senyawa yang jika dilarutkan ke dalam air menghasilkan ion H. Laporan praktikum kimia.

Nanda retno ayu wulandari. Sekolah menengah umum tingkat atas.

Sma negeri 1 pesanggaran. Pesanggaran no50 pesanggaran banyuwangi.

Bahan yang digunakan dalam praktikum Kimia Dasar dengan materi Titrasi Asam Basa yaitu NaOH 01 N 50 ml Phenolphtalein 3 tetes HCl 6 ml. Sedangkan Alat yang dipakai diantaranya pengaris alat tulis buret 1 buah corong gelas kimia 250 ml 1 buah statif klep dan gelas erlenmeyer 250 ml 2 buah.

Laporan praktikum teklab 1 asam basa 1. LAPORAN PRAKTIKUM TEKNIK LABORATORIUM Disusun Oleh.

KELOMPOK 6 Asa Pratita Aninditya H3116013 Asti Riana H3116014 Ayu Okti Pramita Sari H3116015 Erlita Noviani H3116029 Ester Nita Fajar Karunia H3116030 TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS SEBELAS MARET SURAKARTA 2016 2.

www.slideshare.net