Makalah Organisasi Nirlaba

Makalah Organisasi Nirlaba

Contoh makalah organisasi nirlaba. Makalah SPM organisasi nirlaba. Hal ini perlu didukung dengan adanya tujuan dan sasaran yang jelas dari organisasi nirlaba.

Salah satu contoh pada organisasi laba yaitu pada perusahaan Anglo-Amerika yang memiliki tujuan umum utamanya difokuskan pada pemaksimalan nilai pemegang saham untuk beberapa batasan dan kepentingan. Sering berbentuk organisasi nirlaba.

Pimpinan organisasi mempunyai tugas dan tanggung jawab berat karena harus menjalankan manajemen strategis dan manajemen operasional secara terinteg-rasi3 Pada organisasi nirlaba banyak pimpinan ke-habisan tenaga dan waktu menyelesaikan kegiatan ope-rasional dibandingkan dengan menyelesaikan kegiatan strategis. Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal di dalam menarik publik untuk suatu tujuan yang tidak komersial tanpa ada perhatian terhadap hal-hal yang bersifat mencari laba moneter.

Organisasi nirlaba meliputi keagamaan sekolah negeri derma publik rumah sakit dan klinik publik organisasi politis. PELAPORAN KEUANGAN ORGANISASI NIRLABA PSAK NO.

45 Bentuk A Organisasi Nirlaba Laporan Aktivitas Untuk Tahun Berakhir Pada Tanggal 31 Desember 19X1 dalam jutaan rupiahPerubahan Aktiva Bersih Tidak Terikat. S u m b a n g a n R p 2 1.

6 0 0 Jasa layanan 1 3. 5 0 0 Penghasilan investasi Jangka panjang Catatan E 1 4.

Secara khusus terminologi nirlaba termasuk perusahaan swasta nirlaba seperti rumah sakit institut perguruan tinggi swasta dan organisasi amal dan unit atau lembaga pemerintah seperti departemen sosial lembaga pemasyarakatan dan universitas negeri. Secara tradisional berbagi studi dalam manajemen strategis hanya berhubungan dengan perusahaan-perusahaan pencari laba dengan kekecualian.

Dari ketiga contoh lembaga organisasi nirlaba dapat disimpulkan bahwa tujuan sebenarnya didirikannya organisasi nirlaba adalah untuk mensejahterakan masyarakat. Dilihat dari bentuk penyajian organisasinya yang membantu dalam melayani masyarakat mencerdaskan anak bangsa dan memberikan kebebasan bagi masyarakat.

Perbedaan organisasi nirlaba dengan organisasi laba Banyak hal yang membedakan antara organisasi nirlaba dengan organisasi lainnya laba. Dalam hal kepemilikan tidak jelas siapa sesungguhnya pemilik organisasi nirlaba apakah anggota klien atau donatur.

Pada organisasi laba pemilik jelas memperoleh untung dari hasil usaha organisasinya. CONTOH MAKALAH AKUNTANSI ORGANISASI NIRLABA Makalah ini membahas tentang Akuntansi di Organisasi Nirlaba.

Organisasi nirlaba atau organisasi non profit adalah suatu organisasi yang bersasaran pokok untuk mendukung suatu isu atau perihal didalam menarik perhatian publik untuk suatu tujuan yang tidak. Bentuk usaha organisasi nirlaba memperoleh sumber daya dari sumbangan para anggota dan penyumbang lain yang tidak mengharapkan imbalan apa pun dari organisasi tersebut.

Definisi dari organisasi nirlaba yayasan adalah salah satu bentuk badan hukum entitas bisnis yang cukup banyak digunakan di Indonesia yang didirikan dengan payung hukum yaitu Undang-Undang No. 16 Tahun 2001 tentang Yayasan.

Organisasi Nirlaba Organisasi. Sering diidentikkan dengan organisasi pemerintah atau organisasi sektor publik.

Rumah Sakit Universitas Di Indonesia standar akuntansinya mengacu pada PSAK 45 SAK ETAP atau PSAK 45 PSAK IPSAS Relatif sedikit diterapkan untuk organisasi nirlaba. Bagaimanapun organisasi nirlaba relijius seperti gereja tunduk kepada lebih sedikit sistem pelaporan pemerintah pusat dibanding dengan banyak organisasi lainDalam hal perpajakan organisasi nirlaba relijius di Amerika Serikat juga dikecualikan dari beberapa pemeriksaan ataupun peraturan yang membedakannya dengan organisasi non relijius.

Contoh Nirlaba yang Sukses. Organisasi nirlaba terbesar dan paling sukses di dunia ditemukan di sini di Amerika Serikat.

The Bill and Melinda Gates Foundation dan Yayasan Medis Howard Hughes masing-masing mewakili dana abadi masing-masing sebesar 27 miliar dan 11 miliar. Organisasi nirlaba memperoleh sumber daya dari sumbangan para anggota dan para penyumbang lain yang tidak mengharapkan imbalan apapun dari organisasi tersebut.

Sebagai akibat dari karakteristik tersebut dalam organisasi nirlaba timbul transaksi tertentu yang jarang atau bahkan tidak pernah terjadi dalam organisasi bisnis misalnya penerimaan sumbangan. Di dalam organisasi nirlaba kepemilikan tidak seperti pada kepemilikan pada organisasi bisnis artinya bahwa kepemilikan dalam organisasi nirlaba tidak dapat dijual dialihkan atau ditebus kembali dan dana sumber daya organisasi nirlaba biasanya berasal dari sumbangan para donatur tanpa mengharapkan adanya pengembalian atas donasi yang mereka berikan.

Untuk itu organisasi nirlaba perlu menyusun laporan keuangan. Hal ini bagi sebagian organisasi nirlaba yang scope-nya masih kecil serta sumber daya-nya masih belum memadai mungkin akan menjadi hal yang menantang untuk dilakukanTerlebih karena organisasi nirlaba jenis ini umumnya lebih fokus pada pelaksanaan program ketimbang mengurusi administrasi.

Organisasi nirlaba non-profit membutuhkan pengelolaan yang berbeda dengan organisasi profit dan pemerintahan. Pengelolaan organisasi nirlaba dan kriteria-kriteria pencapaian kinerja organisasi tidak berdasar pada pertimbangan ekonomi semata tetapi sejauhmana masyarakat yang dilayaninya diberdayakan sesuai dengan konteks hidup dan potensi-potensi kemanusiaannya.

Organisasi pemerintah merupakan organisasi jasa dan kegiatan semacam ini merupakan salah satu contoh organisasi nirlaba. Karakteristik Khusus.

Pengaruh politik Pada organisasi pemerintah keputusan dihasilkan melalui proses yang berjenjang dan sering disertai dengan konflik. Tekana politik seperti ini tidak dapat dihindarkan.

Sandarius eko junaidi 3203006253 jurusan akuntansi fakultas bisnis universitas katolik widya mandala surabaya 2011. Balanced scorecard untuk alat ukur kinerja organisasi nirlaba tugas akhir makalah diajukan kepada fakultas bisnis universitas katolik widya mandala surabaya untuk memenuhi sebagian persyaratan memperoleh.

Organisasi nirlaba meliputi keagamaan sekolah negeri dema public rumah sakit dan klinik public organisasi politis bantuan masyarakat dalam hal perundang-undangan dll. 12 RUMUSAN MASALAH 1.

Apa yang dimaksud dengan organisasi nirlaba. Bagaimana ciri organisasi nirlaba dan contohnya.

id.scribd.com