Makalah Pancasila Dalam Sejarah Bangsa

Makalah Pancasila Dalam Sejarah Bangsa

Contoh makalah pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia. MAKALAH PANCASILA Pancasila dalam kajian sejarah bangsa indonesia pada era orde baru dan reformasi Disusun oleh. Dewi Sunarti 1407113406 Fahri Ihsani 1407113476 Febrina Adelina Sigalingging 1407113379 Nova Diyana Nurhanifah 1407113428 TEKNIK KIMIA S1 B Program Studi Sarjana Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Riau Pekanbaru 2016.

Proses terbentuknya Negara dan bangsa Indonesia melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman batu kemudian timbulnya kerajaan-kerajaan pada abad ke IV ke V kemudian dasar-dasar Berikut ini kami mempersembahkan sebuah makalah untuk memenuhi salah satu tugas pada mata kuliah Pendidikan Kewaarganegaraan yang membahas tentang Pancasila Dalam Kontek Sejarah Perjuangan Bangsa. Pancasila Sebagai dasar negara dari Negara Kesatuan Republik Indonesia telah diterima secara luas dan telah bersifat final.

Namun walaupun pancasila saat ini telah dihayati sebagai filsafat hidup bangsa dan dasar negara yang merupakan perwujudan dari jiwa bangsasikap mentalbudaya dan karakteristik bangsa saat ini asal usul dan kapan di keluarkandisampaikannnya Pancasila masih dijadikan. 2untuk mengetahui makna dari pancasila sebagai dasar negara dan peranan pancasila dalam ketatanegaraan Republik indonesia 3untuk membawah wawasan siswa tentang sejarah pancasila DTujuan Masalah Adapun manfaat makalah ini adalah.

1Sebagai ilmu pengetahuan yang dapat membuat siswa lebih memahami arti dari pancasila 2Dengan pelajaran pancasila siswa dapat mencintai negaranya sendiri 3Dan. Pancasila sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia yang secara resmi disahkan oleh PPKI pada tanggal 18 Agustus 1945 dan tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang diundangkan dalam berita Republik Indonesia tahun II No7 bersamaan dengan batang tubuh UUD 1945.

Pancasila adalah lima nilai dasar luhur yang ada dan berkembang bersama dengan bangsa Indonesia sejak dahuluSejarah merupakan. Pancasila sebagai Kepribadian dan Identitas Nasional karena Bangsa Indonesia sebagai salah satu bangsa dari masyarakat internasional memilki sejarah serta prinsip dalam hidupnya yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain di dunia Tatkala bangsa Indonesia berkembang menuju fase nasionalisme modern diletakanlah prinsip-prinsip dasar filsafat sebagai suatu asas dalam filsafat hidup berbangsa dan.

Menurut Sunoto 1984 melalui kajian filsafat Pancasila menyatakan bahwa unsur-unsur Pancasila berasal dari bangsa Indonesia sendiri walaupun secara formal Pancasila baru menjadi dasar Negara Republik Indonesia pada tanggal 18 Agustus 1945 namun jauh sebelum tanggal tersebut bangsa Indonesia telah memiliki unsur-unsur Pancasila dan bahkan melaksanakan di dalam kehidupan merdeka. Sejarah Pancasila pada Era Kemerdekaan 3.

Sejarah Pancasila Pada Era Orde Baru 4. Sejarah pancasila pada Era Orde Lama 5.

Sejarah Pancasila pada Masa Reformasi. Sejarah perjuangan bangsa Indonesia berlalu dengan melewati suatu proses waktu yang sangat panjang.

Dalam proses waktu yang panjang itu dapat dicatat kejadian-kejadian penting yang. Nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila yaitu.

Ketuhanan Kemanusiaan Persatuan Kerakyatan serta Keadilan Dalam kenyataannya secara objektif Pancasila telah dimilki oleh Bangsa Indonesia melalui suatu proses sejarah yang cukup panjang yaitu sejak zaman kerajan-kerajaan pada abad ke IV ke V kemudian dasar-dasar kebangsaan Indonesia telah mulai Nampak pada abad ke VII yaitu ketika. Pentingnya Pancasila dalam sejarah bangsa Indonesia menunjukkan bahwa Betapapun lemahnya pemerintahan suatu rezim tetapi Pancasila tetap bertahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Kedua Betapapun ada upaya untuk mengganti Pancasila sebagai ideologi bangsa tetapi terbukti Pancasila merupakan pilihan yang terbaik bagi bangsa Indonesia. Sejarah Pancasila sangat berarti bagi bangsa Indonesia.

Kita sebagai calon penerus bangsa tidak ada salahnya untuk mengetahu Sejarah Lahirnya PancasilaNah di bawah ini adalah contoh Makalah Sejarah Pancasila. MAKALAH SEJARAH INDONESIA DI SUSUN OLEH.

KELOMPOK 6 Ketua. Dalam memahami Pancasila secara lengkap dan utuh terutama dalam kaitannya dengan jati diri bangsa Indonesia mutlak diperlukan pemahaman sejarah perjuangan bangsa Indonesia untuk membentuk suatu negara yang berdasarkan suatu asas hidup bersama demi kesejahteraan hidup bersama yaitu negara yang berdasarkan Pancasila.

Makalah Pancasila dalam Konteks Sejarah perjuangan Bangsa Indonesia Urutan Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia Perumusan Pancasila dan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Masa Setelah Proklamasi Kemerdekaan Zaman Kutai Zaman Sriwijaya Zaman Kerajaan-kerajaan Sebelum Majapahit Kerajaan Majapahit arti Bhineka Tunggal Ika Tan Hana Dharma Mangrua Kebangkitan Nasional Zaman Penjajahan Jepang. PANCASILA DALAM KAJIAN SEJARAH BANGSA INDONESIA.

Sebagai contoh acapkali mengemuka dalam wacana publik bahwa ada. Politis tentang Pancasila Dalam Sejarah Bangsa Indonesia 1.

Sumber Historis Pancasila Secara historis memang nilai-nilai adat istiadat kebudayaan. Sejarah Indonesia telah mencatat bahwa di antara tokoh perumus Pancasila itu ialah Mr Mohammad Yamin Prof Mr Soepomo dan Ir Soekarno.

Dapat dikemukakan mengapa Pancasila itu sakti dan selalu dapat bertahan dari guncangan kisruh politik di negara ini yaitu pertama ialah karena secara intrinsik dalam Pancasila itu mengandung toleransi dan siapa yang menantang Pancasila berarti dia menentang. Implementasi Pancasila dalam Sejarah.

Setelah bangsa Indonesia berhasil merebut kedaulatan dan berhasil mendirikan negara merdeka perjuangan belum selesai. Perjuangan malah bisa dikatakan baru mulai yaitu upaya menciptakan masyarakat yang sejahtera lahir batin sebagaimana diamanatkan oleh Pembukaan UUD 1945.

Bangsa Indonesia yang penuh kebhinekaan terdiri atas lebih dari 300 suku bangsa yang tersebar di lebih dari 17000 pulau secara sosiologis telah mempraktikan Pancasila karena nilai-nilai yang terkandung di dalamnya merupakan kenyataan-kenyataan materil formal dan fungsional yang ada dalam masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Weltanschauung mengandung unsur-unsur sebagai berikut.

Nilai-nilai agama budaya dan adat istiadat. Urgensi pancasila dalam kajian sejarah bangsa Hasil Survei yang dilakukan KOMPAS yang dirilis pada 1 Juni 2008 menunjukkan bahwa pengetahuan masyarakat tentang Pancasila merosot secara tajam yaitu 484 responden berusia 17 sampai 29 tahun tidak mampu.

Begitu kuatnya Pancasila digunakan sebagai dasar negara maka pada 1 Juni 1968 Presiden Soeharto mengatakan bahwa Pancasila sebagai pegangan hidup bangsa akan membuat bangsa Indonesia tidak loyo bahkan jika ada pihak-pihak tertentu mau mengganti merubah Pancasila dan menyimpang dari Pancasila pasti digagalkan Pranoto dalam Dodo dan Endah ed 2010.

www.slideshare.net