Makalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Makalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Contoh makalah pancasila sebagai pandangan hidup bangsa. Dari makalah yang telah dibuat dan dapat disimpulkan bahwa Pancasila sebagai ideologi Pandangan Hidup Bangsa Indonesia berarti bahwa Pancasila merupakan keseluruhan gagasan pandangan cita-cita keyakinan dan nilai bangsa Indonesia yang secara normatif diwujudkan dalam kehdupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Pancasila adalah dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia NKRI.

Pancasila merupakan salah satu karunia Tuhan YME untuk bngsa Indonesia karena Pancasila telah menjadi pendoman bangsa Indonesia untuk menujuu kemerdekaan alat pemersatu bangsa yang kaya akan keanekaragamaan ini selain itu Pancasila juga merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia. Adapun isi dari Makalah ini adalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Penjabaran Nilai - Nilai Pancasila Upaya Menjaga Nilai Nilai Luhur Pancasila.

Semoga Makalah ini dapat menambah wawasan kita semua dan dapat memenuhi kriteria tugas yang bapak berikan serta dapat menjadi nilai tambah untuk penulis. Seharusnya dalam hal ini kedua belah pihak harus mempunyai kesadaran yang terkandung dalam Pancasila.

Dari insiden tersebut maka dapat dijelaskan bahwa masih kurangnya pengamalan nilai-nilai Pancasila di negara ini yang menjadikan Pancasila itu sendiri sebagai pandangan hidup bangsa 24. Pancasila sebagai pandangan hidup sering juga disebut way of life pegangan hidup pedoman hidup pandangan dunia atau petunjuk hidup.

Walaupun ada banyak istilah mengenai pengertian pandangan hidup tetapi pada dasarnya memiliki makna yang sama. Lebih lanjut Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa dipergunakan sebagai petunjuk dalam 15.

Adapun tujuan pembuatan makalah yang berjudul Pancasila Sebagai Pandangan Hidup adalah untuk memenuhi salah satu tugas Mata Kuliah Pancasila dan dengan adanya makalah ini bisa menambah ilmu kita mengenai Pancasila dan dapat mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila adalah dasar negara Indonesia yang lahir dan digunakan semenjak tujuh puluh dua tahun yang lalu.

Sejarah Pancasila mengajarkan kita bahwa Pancasila sudah seharusnya menjadi nyawa dalam setiap hal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Dalam posisinya sebagai dasar negara Pancasila memiliki beberapa fungsi turunan yaitu sebagai pandangan hidup bangsa jiwa bangsa Indonesia.

Sebagai dasar negara tentu Pancasila ada yang merumuskannya. Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Allah SWT dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan juga sebagai alat pemersatu dalam hidup kerukunan berbangsa serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia merupakan sesuatu yang sangat bernilai. Pancasila sebagai pandangan hidup berisi konsep kehidupan yang dicita-citakan oleh bangsa Indonesia sekaligus mengandung pemikiran ataupun gagasan yang mendasar mengenai tatanan kehidupan sesuai dengan nilai-.

Sila Pancasila yang pertama memiliki dimensi ketuhanan dan ketakwaan jika dipandang sebagai pandangan hidup bangsa. Nilai bisa diartikan bahwa bangsa ini mengakui dan juga meyakini keberadaan Tuhan serta mentaati segala perintahnya dan menjauhi segala larangannya.

Berikut ini contoh sila pertama sebagai pandangan hidup bangsa. Sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia Pancasila mengalami berbagai macam interpretasi dan manipulasi politik.

Karena hal tersebut Pancasila tidak lagi diletakkan sebagai dasar filsafat serta pandangan hidup bangsa dan negara Indonesia melainkan direduksi dibatasi dan dimanipulasi demi kepentingan politik penguasa pada saat itu. Pancasila dapat diperuntukkan kepada negara masyarakat dan pribadi bangsa Indonesia.

Dengan perkataan lain pancasila itu sebagai norma hukum dasar negara Republik Indonesia sebagai social ethics bangsa Indonesia dan sebagai pegangan moral rakyat atau negara Republik IndonesiaLahirnya pancasila itu dalam penamaan pidato Ir. Soekarno selaku anggota Dokuritzu zunbi Tyoosakai atau badan.

Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan sarana ampuh untuk mempersatukan bangsa Indonesia dan memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan batin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya Bangsa Indonesia harus menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur tersebut yang telah diakui kebenaran dan. Sebagai dasar negara tentu Pancasila ada yang merumuskannya.

Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Tuhan YME dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan juga sebagai alat pemersatu dalam hidup kerukunan berbangsa serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia. Makalah Implementasi Nilai.

Sudah bertahun-tahun pancasila ditetapkan sebagai dasar negara kesatuan Republik Indonesia Pandangan hidup bangsa Indonesia Filsafat bangsa dan sendi kehidupan bangsa Indonesia. Oleh karena itu Tidak diragukan lagi peran pancasila di negara kita ini yaitu Indonesia.

Untuk itu penerapan sila-sila dalam Pancasila. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia ditetapkan pada tanggal 18 Agustus 1945.

Sebagai dasar negara maka nilai-nilai kehidupan bernegara dan pemerintahan sejak saat itu haruslah berdasarkan pada Pancasila namun berdasrkan kenyataan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila tersebut telah dipraktikan oleh nenek moyang bangsa Indonesia dan kita teruskan sampai sekarang. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri kukuh serta dapat mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan keamanan yang dihadapi bangsa dan negara.

Pancasila Sebagai Kepribadian Bangsa Dasar negara dan pandangan hidup bangsa yang lahir pada 1 Juni 1945 dan resmikan pada 18 Agustus 1945 bersama-sama dengan UUD 1945 saat itu juga Pancasila sebagai Kepribadian Bangsa Indonesia. Arti dari Pancasila sebagai kepribadian bangsa Indonesia merupakan perwujudan dari nilai-nilai budaya asli bangsa Indonesia yang diyakini mengenai kebaikan dan.

Pandangan hidup yaitu pandangan dunia atau way of life yaitu bagaimana cara menjalani kehidupan. Sebagai falsafah hidup atau pandangan hidup Pancasila mengandung wawasan dengan hakikat asal tujuan nilai dan arti dunia seisinya khususnya manusia dan kehidupannya baik secara perorangan maupun sosial.

Selain itu perlu kita ketahui bahwa Pancasila selain sebagai dasar negara Indonesia Pancasila juga berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa jiwa dan kepribadian bangsa serta sebagai perjanjian seluruh bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara. 3 Pentingnya kita mempelajari Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia karna.

www.slideshare.net