Pdf Makalah Pancasila Pancasila Sebagai Sistem Etika Politik Dan Ideologi Negara Yolan Aulia Academia Edu

Pdf Makalah Pancasila Pancasila Sebagai Sistem Etika Politik Dan Ideologi Negara Yolan Aulia Academia Edu

Contoh makalah pancasila sebagai sistem nilai dan etika politik. MAKALAH PANCASILA PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA POLITIK DAN IDEOLOGI NEGARA Nama. Muchamad Pandu Ismu Maldi Tingkat.

TLM 01A JURUSAN TEKNOLOGI LABORATORIUM MEDIK POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES BANTEN 2018 KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga saya menyelesaikan Makalah ini yang berjudul PANCASILA. Kedudayaan bangsa Indonesia adalah puncak-puncak kebudayaan didaerah.

Maksud dan TujuanMaksud dan tujuan penulisan makalah ini adalah untuk menjelaskan etika politik nilai-nilai pancasila sebagai sumber etika politik nilai etika politik dalam pancasila dan etika politik dalam perilaku bangsa Indonesia yang berdasarkan Pancasila sebagai dasar negara. Dalam hubungannya dengan pancasila maka ketiganya akan memberikan pemahaman yang saling melengkapi sebagai sistem etika.

Pancasila sebagai suatu sistem falsafat pada hakikatnya merupakan suatu sistem nilai yang menjadi sumber dari penjabaran norma baik norma hukum norma moral maupun norma kenegaraan lainnya. MAKALAH PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK PERAN PANCASILA SEBAGAI ETIKA POLITIK di INDONESIA KATA PENGANTAR Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang dan taklupa pula kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya yang telah melimpahkan rahmat hidayah dan inayah-Nya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Falsafah Pancasila yang membahas.

Pancasila Sebagai Etika Politik. Pengertian Fungsi Nilai dan Hubungannya dalam berbangsa dan bernegara - Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikat.

Etika Pancasila adalah etika yang mendasarkan penilaian baik dan buruk pada nilai-nilai Pancasila yaitu nilai Ketuhanan Kemanusiaan Persatuan Kerakyatan dan KeadilanSuatu perbuatan dikatakan baik bukan hanya apabila tidak bertentangan dengan nilai-nilai tersebut namun juga sesuai dan mempertinggi nilai-nilai Pancasila tersebut. MAKALAH PANCASILA SEBAGAI SISTEM ETIKA.

Etika khusus ini terbagi dua yaitu terdari etika individual dan etika social. Etika politik adalah cabang bagian dari etika social dengan demikian membahas kewajiban dan norma-norma dalam kehidupan politik yaitu bagaimana seseorang dalam suatu masyarakat kenegaraan yang menganut.

Nilai nilai Pancasila Sebagai Sumber Etika Politik Sebagi dasar filsafah negara pancasila tidak hanya merupakan sumber derivasi peraturan perundang-undangan malainkan juga merupakan sumber moraliatas terutama dalam hubunganya dengan legitimasi kekuasaan hukum serta sebagai kebijakan dalam pelaksanaan dan penyelenggaraan negara. Etika politik membantu untuk menganalisa korelasi antara tindakan individual tindakan kolektif dan struktur-struktur politik yang ada.

Penekanan adanya korelasi ini menghindarkan pemahaman etika politik yang diredusir menjadi hanya sekadar etika individual perilaku individu dalam bernegara. Nilai-nilai Pancasila Sebagai Sumber Etika Politik.

Ditambah lagi dengan pancasila sebagai sumber nilai penentuan etika maka banyak sekali contoh pancasila sebagai etika politik yang bisa kita temukan dalam sistem politik Indonesia. Beberapa contoh dari pancasila sebagai etika politik dari sudut pandang demokrasi adalah.

Penyelenggaraan pemilihan umum sebagai wujud pesta demokrasi rakyat. Dan Pancasila sebagai Etika Politik bahwa Pancasila adalah pedoman hidup bersama kita yang mengatur bagaimana kita bersikap dan bertindak antar satu dengan lain yang disertai hak dan kewajibannya.

Dengan kata lain Pancasila adalah moral identity kita. Baik sebagai warga dunia sebagai warga negara sebagai anggota masyarakat.

Indonesia etika adalah nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat. 262 Argumen Tentang Tantangan Pancasila Sebagai Sistem Etika Menurut Maryani Ludigdo 2001 etika adalah seperangkat nilai atau norma atau pedoman yang mengatur Bentuk tantangan terhadap Pancasila sebagai Sistem Etika perilaku manusia baik.

Nilai bersumber pada budi yang berfungsi mendorong dan mengarahkan sikap dan perilaku manusia. Nilai sebagai suatu sistem sistem nilai merupakan salah satu wujud kebudayaan disamping sistem sosial dan karya.

Cita-cita gagasan konsep dan ide tentang sesuatu adalah wujud kebudayaan sebagai sistem nilai. Makalah ini berisikan tentang bagaimana pancasila sebagai suatu sistem etika dan aplikasinya dalam masyarakat Indonesia.

Penulis masih menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna ini dapat disebabkan pada saat pengumpulan data yang kurang atau hal-hal lain. Yang berkaitan dengan tingkah laku manusia yang dapat diukur dari sudut baik dan buruk sopan atau tidak sopan susila atau tidak susila Norma hukum.

Sistem peraturan perundang-undangan yang berlaku dalam suatu tempat dan waktu tertentu dalam pengertian ini peraturan hukum. Dalam pengertian itulah Pancasila berkedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum.

Sistem Nilai Dalam Pancasila. Sistem dapat diartikan sebagai rangkaian yang saling berkaitan antara unsur yang satu dengan yang lain.

Sistem nilai adalah konsep atau gagasan yang menyeluruh mengenai apa yang hidup dalam pikiran seseorang. Pancasila sebagai sistem nilai mengandung serangkain nilai yaitu ketuhanan kemanusiaan persatuan.

Pancasila sebagai dasar negara dan landasan idiil bangsa Indonesia dewasa ini dalam zaman reformasi telah menyelamatkan bangsa Indonesia dari ancaman disintegrasi selama lebih dari 50 tahun. Namun sebaliknya sakralisasi dan penggunaan berlebihan dari ideologi negara dalam format politik orde baru banyak menuai kritik dan protes terhadap Pancasila.

Meletakkan sila-sila Pancasila sebagai sistem etika berarti menempatkan Pancasila sebagai sumber moral dan inspirasi bagi penentu sikap tindakan dan keputusan yang diambil setiap warga negara. Pancasila sebagai sistem etika memberi guidance bagi setiap warga negara sehingga memiliki orientasi yang jelas dalam tata pergaulan baik lokal.

Sebagai contoh Indonesia Keadilan yang seharusnya mengacu pada Pancasila dan UUD 1945 yang mencita-citakan rakyat yang adil dan makmur sebagaimana mana termuat dalam Pembukaan UUD 1945 alinea 1 dan 2 hilanglah sudah ditelan kepentingan politik pribadi. Etika merupakan cabang filsafat Pancasila yang dijabarkan melalui sila-sila Pancasila dalam mengatur perilaku kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara di Indonesia.

Etika Pancasila cenderung mendekati pada pengertian etika kebajikan dalam sistem pemerintahanHal ini dikarenakan konsep deontologis dan teologis terkandung di dalam Pancasila.

www.academia.edu