Makalah Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia

Makalah Pengaruh Hindu Budha Di Indonesia

Contoh makalah pengaruh agama dan kebudayaan hindu budha di indonesia. Ajaran Hindu-Budha telah banyak mewarnai kehidupan di negeri ini. Akan tetapi proses pasti dari masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia masih belum terkuak.

Ada beberapa teori yang dikemukakan oleh para ahli sejarah perihal masuk dan berkembangnya agama Hindu-Budha di Indonesia. Teori tersebut adalah.

Respon masyarakat Indonesia tehadap masuknya agama Hindu-Budha di Indonesia Secara umum akulturasi diartikan sebagai proses perpaduan antara dua kebudayaan atau lebih sehingga melahirkan bentuk kebudayaan baru. Akan tetapi unsur-unsur penting dari masing-masing kebudayaan baik kebudayaan lama maupun kebudayaan yang datang berikutnya masih terlihat.

Masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha membawa pengaruh besar di berbagai bidang. Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia.

Setiap kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang memiliki kekuasaan mutlak dan turun-temurun. Sedangakan Agama Hindu dan Buddha masuk di Indonesia sekitar abad ke 7 M yang dibawa oleh para Rsi maupun para Bikhhu.

Harun Hadiwijono mengatakan bahwa kira-kira abad ke 15 SM. Nenek moyang bangsa Indonesia memasuki Indoneisa dari daratan Cina Selatan dengan melewati dua jalur yaitu jalur utara dan barat.

Kebudayaan Hindu memberikan pengaruh di bidang agama yaitu yang berupa agama Hindu dan Budha. Dalam hal kepercayaan atau religi bangsa Indonesia tidak menelan begitu saja pengaruh kebudayaan Hindu di bidang agama karena sebelum agama Hindu datang ke Indonesia bangsa Indonesia telah mengenal sistem kepercayaan pemujaan kepada roh nenek moyang yang merupakan budaya asli.

Seperti yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya Baca. Proses Masuknya Agama Hindu Budha ke Indonesia hubungan dagang antara bangsa-bangsa di Indonesia dengan India adalah penyebab utama mengapa pengaruh agama dan kebudayaan berlatar Hindu Budha bisa masuk ke Indonesia dan mempengaruhi kehidupan masyarakat di berbagai daerah.

Pengaruh budaya berlatar hindu budha tersebut bisa dilihat di. Pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia membawa perubahan signifikan dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat.

Adapun perwujudan akulturasi antara kebudayaan Hindu-Budha dengan kebudayaan Indonesia terlihat dari seni bangunan kesusastraan bahasa dan tulisan kepercayaan dan filsafat juga sistem pemerintahan. Dengan masuknya kebudayaan India penduduk Nusantara secara berangsur-angsur memeluk agama Hindu dan Buddha diawali oleh lapisan elite para raja dan keluarganya.

Agama Hindu dan Budha yang berkembang di Indonesia sudah mengalami perpaduan dengan kepercayaan Animisme dan Dinamisme atau dengan kata lain mengalami Sinkritisme. Bidang agama yaitu berkembangnya agama Hindu-Buddha di Indonesia Sebelum masuk pengaruh India kepercayaan yang berkembang di Indonesia masih bersifat animisme dan dinamisme.

Masyarakat pada saat itu melakukan pemujaan terhadap arwah nenek moyang dan kekuatan-kekuatan benda-benda pusaka tertentu serta kepercayaan pada kekuatan-kekuatan alam. Bidang Agama Salah satu pengaruh Hindu Budha di Indonesia yang paling kentara terdapat pada bidang agama dan kepercayaan.

Sebelum ajaran Hindu-Budha masuk mula-mula masyarakat Indonesia sebelumnya sudah menganut kepercayaan animisme dan dinamisme namun karena masuknya ajaran Hindu dan Budha yang dibawa oleh para pedagang dan pendeta kepercayaan animisme dan dinamisme yang dianut oleh. Pengaruh Hindu Budha di Indonesia.

Pengaruh hindu dan budha di Indonesia dalam artikel ini kami bagi menjadi 9 bidang yaitu pengaruh hindu budha dalam bidang agama politik dan pemerintahan pendidikan bahasa dan sastra kesenian bangunan patung dan arca struktur masyarakat dan sistem kalender dan penaggalan. Masuk dan berkembangnya agama dan kebudayaan Hindu-Budha membawa pengaruh besar di berbagai bidang.

Kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu-Budha merupakan salah satu bukti adanya pengaruh kebudayaan Hindu-Budha di Indonesia. Setiap kerajaan dipimpin oleh seorang raja yang memiliki kekuasaan mutlak dan turun-temurun.

Salah satu bentuk peninggalan kebudayaan Hindu-Buddha di Indonesia adalah seni bangunan. Dalam buku Kehidupan Masyarakat Pada Masa Praaksara Masa Hindu Buddha dan Masa Islam 2019 karya Tri Worosetyaningsih perkembangan Hindu Buddha di Indonesia telah membawa pengaruh besar dalam berbagai karya seni dan kerajinan maupun bangunan.

Di Indialah mulai tumbuh dan berkembang agama dan budaya Hindu dan Budha. Agama Hindu tumbuh bersamaan dengan kedatangan bangsa Aria kulit putih badan tinggi hidung mancung ke Mohenjodaro dan Harappa Peradaban Lembah Sungai Indus melalui celah Kaiber Kaiber Pass pada 2000-1500 SM dan mendesak bangsa Dravida berhidung pesek kulit gelap.

Teori Sudra menjelaskan bahwa penyebaran agama dan kebudayaan Hindu Budha di Indonesia diawali oleh para kaum sudra atau budak yang bermigrasi ke wilayah Nusantara. Mereka menetap dan menyebarkan ajaran agama mereka pada masyarakat pribumi hingga terjadilah perkembangan yang signifikan terhadap arah kepercayaan mereka yang awalnya animisme dan dinamisme menjadi percaya pada ajaran Hindu dan Budha.

Tentunya setelah munculnya kebudayaan Budha dan Hindu di Indonesia memberikan pengaruh yang besar terhadap masyarakat Indonesia. Dimana masyarakat Indonesia yang tadinya menganut animisme dan dinamisme menjadi menganut agama Hindu atau Budha meskipun mereka tidak sepenuhnya meninggalkan kepercayaan terhadap aliran animisme dan dinamisme.

SEJARAH HINDU-BUDDHA DI INDONESIA Disusun Oleh. Sulistianti Siregar Halimatusakdiah Lubis Maya sari Siregar Nafsiah ABSTRAK Makalah dengan judul Sejarah Hindu-Buddha di Indonesia ini bertujuan untuk mengetahui kedatangan awal agama Hindu-Budha di Indonesia toeri-teori penyebaran Hindu-Buddha dan juga untuk mengetahui kerajaan-kerajaan bercorak Hindu-Budha di Indonesia.

Jawa Masa Hindu-Budha Pengaruh Hindu-Budha dalam masyarakat Jawa bersifat ekspansif sedangkan budaya Jawa yang menerima pengaruh dan menyerap unsur-unsur Hinduisme-Budhisme setelah melalui proses akulturasi tidak saja berpengaruh pada sistem budaya tetapi juga berpengaruh terhadap sistem agama. Dan setiap kebudayaan yang lebih maju pasti mendominasi kebudayaan yang berada di bawahnya.

Begitu pula kebudayaan India yang dengan mudah diterima masyarakat Indonesia. Pengaruh Hindu dan Buddha terhadap kehidupan masyarakat Indonesia dalam bidang kebudayaan berbarengan dengan datangnya pengaruh dalam bidang agama itu sendiri.

Jauh sebelum masuknya kebudayaan Hindu-Budha dan Islam di Indonesia masyarakat Indonesia sudah mengenalmemiliki budaya cukup maju. Unsur kebudayaan asli Indonesia telah tumbuh dan berkembang dalam kehidupan masyarakat yang disebut dengan local genius kecakapan suatu bangsa untuk menerima unsur kebudayaan asing dan mengolahnya sesuai dengan kepribadian bangsa.

id.scribd.com