Makalah Olahraga Renang

Makalah Olahraga Renang

Contoh makalah penjas tentang renang gaya bebas. Defenisi Renang pastinya sudah banyak di kemukan oleh beberapa ahli diantaranya. Renang adalah salah satu cabang olahraga yang bisa diajarkan pada semua umur baik itu anak-anak maupun orang dewasa.

Bayi yang berumur beberapa bulan juga sudah bisa di ajarkan renang. Renang memiliki beberapa gaya diantaranya adalah renang gaya bebas renang.

Makalah ini disusun berdasarkan referensi dari buku informasi internet serta pemahaman penulis tentang renang khususnya pada gaya bebas. Di dalam makalah ini berisi tentang penjelasan bagaimana teknik dasar berenang gaya bebas serta evisiensi dalam berenang dan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berenang gaya bebas.

Dibandingkan gaya berenang lainnya gaya bebas merupakan gaya berenang yang bisa membuat tubuh melaju lebih cepat di air. Tidak seperti halnya gaya punggung gaya dada dan gaya kupu-kupu Federasi Renang Internasional FINA tidak mengatur teknik yang digunakan dalam lomba renang kategori gaya bebas.

Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air.

Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa di gunakan oleh beberapa orang baik yang sudah terlatih maupun para pemula. Makalah ini disusun berdasarkan referensi dari buku informasi internet serta pemahaman penulis tentang renang khususnya pada gaya bebas.

Di dalam makalah ini berisi tentang penjelasan bagaimana teknik dasar berenang gaya bebas serta evisiensi dalam berenang dan kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam berenang gaya bebas. Dalam penyusunan makalah ini penulis hanya membahas renang gaya dada dan gaya bebas.

Hal itu dikarenakan bahwa dalam mata kuliah dasar gerak renang mahasiswa hanya akan diajarka dua gaya itu. Pembatasan masalah ini juga dimaksudkan agar makalah ini dapat berfokus pada suatu permasalahan sehingga dihasilkan suatu pembahasan yang cukup berkualitas.

Lukisan yang paling terkenal telah ditemukan di padang pasir Kebir dan diperkirakan berasal dari sekitar 4000 tahun sebelum masehi. Teknik RenangDalam olahraga renang ada beberapa teknik diantaranya renang gaya dada renang gaya bebas renang gaya katak dan renang gaya kupu-kupu.

Berikut ini akan di bahas satu persatu. CONTOH MAKALAH TENTANG RENANG on October 15 2018 Archive info Makalah 9 comments BAB I.

Dan gaya kupu-kupu Federasi Renang Internasional tidak mengatur teknik yang digunakan dalam nomor renang gaya bebas. Walaupun demikian hampir semua perenang berenang dengan gaya krol sehingga gaya krol front crawl digunakan hampir secara.

Gaya bebas merupakan gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu. Gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam Berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air.

Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang baik yang sudah terlatih maupun para pemula. Perenang tercepat gaya kupu-kupu dapat berenang lebih cepat dari perenang gaya bebas.

Kecepatan renang gaya kupu-kupu didapat dari ayunan kedua belah tangan secara bersamaan. Gaya kupu-kupu adalah gaya renang terbaru dalam pertandingan renang.

Perenang gaya kupu-kupu pertama kali ikut dalam lomba renang pada tahun 1933. Perenang dapat berenang dengan gaya apa saja kecuali gaya dada gaya punggung atau gaya kupu-kupu.

Walaupun sebenarnya masih ada teknik-teknik renang gaya bebas yang lain gaya krol front crawl digunakan hampir secara universal oleh perenang dalam lomba renang gaya bebas sehingga gaya krol identik dengan gaya bebas. Renang gaya bebas juga terdiri dari beberapa gerakan lagi seperti gaya Trudgen di Inggris yaitu renang gaya bebas dengan gerakan kai menggunting seperti gaya samping dan bukan gerakan kaki lurus melecut naik turun layaknya renang gaya bebas saat ini.

Selain itu terdapat juga renang gaya bebas seperti renang bebas gaya krol. Namun sebagian orang tidak mengetahui seluk beluk renang itu sendiri.

Disini saya mengemukakan tentang sejarah renang macam macam gara renang manfaat renang dan masih banyak lagi uraian yang saya paparkan dalam makalah ini. Setelah dilakukan observasi yang dilakukan beberapa kali di SMAN 3 Medan terdapatnya minat siswa yang kurang dalam melaksanakan aktivitas air.

Pengertian Renang Gaya Bebas Renang gaya bebas adalah renang yang dilakukan dengan sikap tubuh telungkup dan gerakan kedua kaki menyerupai gerakan katak. Untuk berenang diperlukan penguasaan teknik dasar.

Misalnya meluncur menggerakkan lengan dan tungkai serta pengambilan napas. CONTOH TUGAS MAKALAH Renang untuk sekolah dasar Lengkap.

CONTOH TUGAS MAKALAH Renang untuk sekolah dasar Lengkap. BAB II PEMBAHASAN Macam -Macam Gaya Dalam Olahraga Renang Gaya BebasGaya bebas bahasa Inggris.

Front crawl adalah berenang dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Kedua belah lengan secara.

Makalah Renang Dan Gambarnya - Pemenang babak penyisihan maju ke babak semifinal dan pemenang semifinal maju ke babak final. Penyusunan makalah ini dilakukan dengan bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti diharapkan semua yang membacanya dapat memahami tentang topik tersebut.

CONTOH MAKALAH RENANG GAYA PUNGGUNG. Gaya punggung merupakan gaya renang tertua yang diperlombakan setelah gaya bebas.

Pada tahun 1900 gaya punggung dimasukkan sebagai nomor baru renang Olimpiade. Persatuan renang dunia Federation Internationale de Natation FINA dibentuk pada 1908.

MAKALAH PENJAS RENANG GAYA PUNGGUNG 2. Renang gaya bebas sendiri adalah gaya yang tidak terikat dengan teknik-teknik dasar tertentu.

Renang gaya bebas dilakukan dengan beraneka ragam gerakan dalam berenang yang bisa membuat perenang dapat melaju di dalam air. Sehingga gerakan dalam gaya bebas bisa digunakan oleh beberapa orang baik yang sudah terlatih maupun para pemula.

RPP ini berisi perencanaan materi yang diisi dengan teks yang berani. Pembelajaran dirancanakan melalui WA grup google classrom zoom cloud metting dan lain sebagainya tetapi diusahakan tetap melaksanakan pembelajaran terarah sehingga siswa tidak bosan.

Serta meningkatkan pengetahuan dan pembelajaran olahraga di air yaitu renang gaya bebas. Kali ini kita akan membahas mengenai gaya renagn dada.

Gaya renang dada mengjadikan bagian dada sebagai tumpuan sehingga gaya renang ini memiliki kecepatan yang lambat dibandingkan dengan gaya renang lainnya seperti gaya renang bebas. Disamping itu gaya renang dada memiliki manfaat dibidang kesehatan antara lain sebagai berikut a.

www.slideshare.net