Makalah Perkembangan Islam Di Indonesia

Makalah Perkembangan Islam Di Indonesia

Contoh makalah penyebaran agama islam di indonesia. Ketika Islam datang di Indonesia berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme dinamisme Hindu dan Budha sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha. Misalnya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan sebagainya.

Puji dan Syukur saya panjatkan ke Hadirat Allah SWT karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini saya membahas mengenai Perkembangan Agama Islam Di Indonesia.

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Wali Songo adalah simbol penyebaran Islam di Indonesia khususnya di Jawa peranan Wali Songo sangat besar dalam mendirikan kerajaan Islam di Jawa.

Di Pulau Jawa penyebaran agama Islam dilakukan oleh Walisongo 9 wali. Wali ialah orang yang sudah mencapai tingkatan tertentu dalam mendekatkan diri kepada Allah.

MAKALAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA A. Masuknya Islam Ke Indonesia Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijrah atau abad ke tujuhke delapan masehi.

Ternate Tidore Bacan dan Jailolo di Maluku j. Sorong di Irian Jaya b.

Jalur-jalur yang Penyebaran Agama Islam di Indonesia. Tersebut banyak pedagang Indonesia memeluk agama Islam dan mereka pun menyebarkan agama Islam dan budaya Islam yang baru dianutnya kepada orang lain.

Dengan demikian secara bertahap agama dan budaya Islam tersebar dari pedagang Arab Persia India kepada bangsa Indonesia. Proses penyebaran Islam melalui perdagangan sangat menguntungkan dan.

Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur dan cara. Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian download secara gratis.

Artinya penyebaran Islam di Indonesia juga menggunakan media-media kebudayaan sebagaimana yang dilakukan oleh para wali sanga di pulau jawa. Misalnya Sunan Kali Jaga dengan pengembangan kesenian wayang.

Ia mengembangkan wayang kulit mengisi wayang yang bertema Hindu dengan ajaran Islam. Sunan Muria dengan pengembangan gamelannya.

Artinya penyebaran Islam di Indonesia juga menggunakan media-media kebudayaan sebagaimana yang dilakukan oleh para wali sanga di pulau jawa. Misalnya Sunan Kali Jaga dengan pengembangan kesenian wayang.

Ia mengembangkan wayang kulit mengisi wayang yang bertema Hindu dengan ajaran Islam. Sunan Muria dengan pengembangan gamelannya.

Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia. Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijrah atau abad ke tujuhke delapan masehi.

Ini mungkin didasarkan pada penemuan batu nisan seorang wanita muslimah yang bernama Fatimah binti Maimun di Leran dekat Surabaya yang bertahun 475 H atau 1082 M. Sedangkan menurut laporan seorang musafir Maroko Ibnu Batutah yang mengunjungi Samudra Pasai dalam.

Kedatangan dan Penyebaran Islam di Indonesia ada teori yang berpendapat baru abad ke-13 M. Yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan lainnya dan yang berpendapat sudah sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi yann antara lain dikemukakan WP.

Groeneveldt Syeikh Muhammad Naguib Al-Attas SQ. Fatimi Hamka Uka Tjandrasasmita dll.

Masing-masing golongan membuat argumentasinya. Meskipun Islam baru bisa dikatakan berkembang setelah berdirinya kerajaan Islam atau setidaknya ketika ada jalinan hubungan dagang antara saudaga rmuslim dengan pribumi namun cara kedatangan Islam dan penyebarannya di Indonesia tidak dilakukan dari saluran politik atau perdagangan semataSetidaknya ada enam saluran berkembangnya Islam di IndonesiaYatim201-203.

Agama Buddha di Indonesia di awal 1990-an merupakan produk labil dari pengakomodasian yang kompleks antara ideologi-ideologi agama Timur budaya adat etnis Tionghoa dan kebijakan politik. Secara tradisional Taoisme Cina Konfusianisme Konghucu dalam Bahasa Indonesia dan Buddhisme serta agama Buddha yang lebih kepribumian Perbuddhi semua memiliki pengikut di komunitas etnis Tionghoa.

MAKALAH AGAMA ISLAM MEMBUMIKAN ISLAM DI INDONESIA Disusun Oleh. Kelompok 4 Azaria Hikmah Fajrianti 061740421538 Ratu Aqso Has061740421549 Sonia Wimarsela 061740421561 Dosen Pembimbing.

Aimi SPdI MPdI PROGRAM STUDI DIV TEKNOLOGI KIMIA INDUSTRI JURUSAN TEKNIK KIMIA POLITEKNIK NEGERI SRIWIJAYA TAHUN AKADEMIK 20172018. Islam adalah agama yang damai.

Islam masuk ke Indonesia bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia justru dengan cara damai dan persuasif berkat kegigihan para ulama.

Maka dari itu melalui makalah ini kita di ajarkan untuk dapat berdamai dengan orang-orang disekitar kita. Islam di Indonesia merupakan mayoritas terbesar ummat Muslim di duniaAda sekitar 852 atau 199959285 jiwa dari total 234693997 jiwa penduduk.

Walau Islam menjadi mayoritas namun Indonesia bukanlah negara yang berasaskan Islam. Sebelum Islam masuk ke Indonesia agama Hindu dan Budha telah berkembang luas di nusantara ini disamping banyak yang masih menganut animism dan dinamisme kedua agama itu kian lama kian pudar cahayanya dan akhirnya kedudukannya sepenuhnya diganti oleh agama Islam yang kemudian menjadi anutan 85 hingga 95 rakyat Indonesia.

Penyebaran Agama Islam di Indonesia. Ada tiga teori masuknya agama Islam di Indonesia yang terkenal yaitu Teori Gujarat Persia dan Arab.

Perbedaan tiga teori tersebut kurang lebih terletak pada tahun masuknya ke Indonesia tokoh yang mendukung dan pembawa agama Islam tersebut masuk ke Indonesia. Contoh Makalah Konflik Agama Di Indonesia - Keragaman ini kemudian menyebabkan timbulnya perbedaan budaya antara satu dan lainnya.

Kurang lebihnya ada 1 masalahkonflik setiap setahun. Konflik maluku poso ditambah sejumlah kasus terpisah di berbagai tempat di mana kaum muslim terlibat konflik secara langsung dengan umat kristen adalah sejumlah contoh konflik yang sedikit banyak dipicu oleh.

Contoh Soal Materi Masuknya Islam ke Indonesia Pilihan Ganda 1. Agama Islam masuk ke Indonesia diperkirakan pada.

Abad ke 1 Hke-7 M b. Abad ke-10 Hke-17M c.

Abad ke-14 Hke-21 M d. Abad ke-2 Hke-8 e.

Abad ke-5 Hke-11M 2. Nama pendeta Budha yang mencatat adanya pemukiman muslim di Nusantara adalah a.

Pendeta Yuan c. Kegiatan ini perdagangan membuat agama Islam semakin menyebar dengan cepat di Indonesia khususnya Pulau Jawa.

Strategi Dakwah di Indonesia Melalui Pendidikan Sejarah Masuk dan penyebaran Islam di Indonesia juga tak bisa lepas dari Strategi Dakwah melalui pendidikan.

www.slideshare.net