Doc Makalah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Nanda Fauzi Academia Edu

Doc Makalah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia Nanda Fauzi Academia Edu

Contoh makalah sejarah dan perkembangan bahasa indonesia. Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia dan pengembangan bahasa Indonesia telah dilakukan secara sadar oleh cendekiawan dan budayawan Indonesia saat itu. Tanggal 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang-Undang Dasar 1945 yang salah satu pasalnya P asal 36 menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

Pada 1945 penggunaan bahasa Melayu selain Republik Indonesia yaitu Malaysia Brunei dan Singapura. Keputusan Kongres Bahasa Indonesia II 1954 di Medan antara lain menyatakan bahwa bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah digunakan sebagai lingua franca bahasa perhubungan.

SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA Makalah disusun untuk memenuhi syarat tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Pengampu. Retno W MPd Oleh Annisa Ilmi Nurrani K7114016 Gutomo Saputro K7114 Ingrid Elvina K7114072 Kus Danar Siwi K7114088 Latifah Aulia Harini K7114091 UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET 2014 KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

BAB I PENDAHULUAN A. Latar Belakang Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas bahasa Indonesia yang diampu oleh Dr.

Nasiruddin MSi MPd selaku dosen mata kuliah bahasa Indonesia. Dengan makalah ini mahasiswa dapat mempelajari Sejarah dan Perkembangan Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 36 bahasa Negara ialah bahasa Indonesia. Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan lingua.

Secara Sosiologis kita bisa mengatakan bahwa Bahasa Indonesia resmi di akui pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Onktober 1928Hal ini juga sesuai dengan butir ketiga ikrar sumpah pemuda yaitu Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa IndonesiaNamun secara Yuridis Bahasa Indonesia diakui pada tanggal 18 Agustus 1945 atau setelah Kemerdekaan Indonesia. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 36 bahasa Negara ialah bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan lingua. Dalam makalah ini saya mencoba untuk menjelaskan tentang perkembangan bahasa Indonesia yang saya mulai dari sumber bahasa Indonesia proses pemberian nama bahasa Indonesia pertistiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan bahasa Indonesia bahasa melayu mengapa bahasa melayu yang dipilih sebagai sumber bahasa Indonesia kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia fungsi Bahasa Indonesia.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan Republik Indonesia. MAKALAH SEJARAH INDONESIA DI SUSUN OLEH.

KELOMPOK 6 Ketua. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 pasal 36 bahasa Negara adalah bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan bahasa perhubungan. Semangat nasionalisme yang tinggi membuat perkembangan bahasa Indonesia sangat pesat karena semua orang ingin menunjukkan jati dirinya sebagai bangsa.

Maka dalam makalah ini kami mencoba untuk mensajikan pembahasan tentang sumber bahasa Indonesia peresmian nama bahasa Indonesia dan peristiwa-peristiwa penting yang berkaitan dengan bahasa. Bahasa Indonesia merupakan bahasa Melayu yang dijadikan sebagai bahasa resmi dan bahasa persatuan Republik Indonesia.

Melalui perjalanan sejarah yang panjang bahasa Indonesia telah mencapai perkembangan yang luar biasa baik dari segi jumlah pemakainya maknanya maupun dari segi kosa kata dan segi tata bahasanya. Selain melihat perkembangan bahasa Indonesia dari segi fungsi dan kedudukannya berdasarkan sejarah perkembangan bahasa ini dimulai sejak masa kolonial belanda yang mulai membangun penerbit buku bacaan yang dikenal dengan nama Commissie voor de Volkslectuur atau disebut pula sebagai Taman Bacaan Rakyat yang kemudian diubah menjadi Balai Pustaka pada tahun 1917.

MAKALAH BAHASA INDONESIA Sejarah Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Oleh. Shally Rahmawaty Sulhijrah Bola S.

Sejarah Ejaan Bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia terus berkembang dan dikembangkan seiring berputarnya roda zaman.

Begitu pula dengan ejaan yang menjadi salah satu bentuk perkembangan yang paling tampak dalam perubahannya. Perkembangan bahasa Melayu di wilayah Nusantara mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan rasa persatuan bangsa Indonesia oleh karena itu para pemuda indonesia yang tergabung dalam perkumpulan pergerakan secara sadar mengangkat bahasa Melayu menjadi bahasa indonesia menjadi bahasa persatuan untuk seluruh bangsa indonesia.

Pesertanya yaitu 770 pakar bahasa dari Indonesia dan terdapat 53 peserta tamu dari mancanegara. Kongres ini mengusulkan supaya Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa untuk lebih ditingkatkan statusnya menjadi Lembaga Bahasa Indonesia dan mengusulkan agar disusun Undang-Undang Bahasa Indonesia.

Oleh karena itu peranan bahasa Indonesia sangat penting. Mengingat pentingnya peranan bahasa Indonesia kami sebagai mahasiswa dituntut untuk lebih memahami bahasa Indonesia dengan baik dan benar.

Yang salah satunya adalah mempelajari sejarah perkembangan bahasa Indonesia terutama dari zaman sebelum Indonesia merdeka. Serta menerapkanya secara baik dan benar karena dengan menerapkan Bahasa Indonesia secara tepat dan benar maka akan mempererat Negara Indonesia dari berbagai ragam bahasa.

Serta Bahasa Indonesia dapat mempersatukan antar sesame bangsa. 2002Komposisi Bahasa IndonesiaCetakan ke-8.

www.academia.edu