Makalah Perkembangan Islam Di Indonesia

Makalah Perkembangan Islam Di Indonesia

Contoh makalah sejarah islam masuk ke indonesia. Seperti dikatakan oleh Snouck Hurgronje bahwa Islam masuk ke Indonesia pada Abad XIII dengan bukti adanya nisan Sultan Malik al- Shaleh tahun 689 H 1297 M. Namun adanya peninggalan berupa nisan Fatimah binti Maemon tahun 475 H 1082 M juga membuktikan bahwa sudah sejak abad XI Islam sudah masuk ke Indonesia.

Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur dan cara. Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian download secara gratis.

MAKALAH SEJARAH MASUKNYA ISLAM KE INDONESIA PENDAHULUAN. Para ahli berpendapat bahwa agama Islam mulai masuk ke Indonesia pada abad ke-13 M.

Agama dan kebudayaan Islam masuk Indonesia melalui para pedagang yang berasal dari Arab Persia dan Gujarat India dan Cina. Agama Islam berkembang dengan pesat di tanah air.

Sejarah dan Teori Masuknya Islam Ke Indonesia Oleh muhamad abror Diposting pada November 10 2020 Sejarah Masuknya Islam Ke Indonesia Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijrah atau abad ke tujuhke delapan masehi. Manfaat Mengetahui sejarah perkembangan Islam pada periode pertengahan.

Dapat mengambil hikmah dari sejarah perkembangan Islam pada periode pertengahan. MAKALAH PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA PERKEMBANGAN ISLAM DI INDONESIA A.

Masuknya Islam Ke Indonesia Islam masuk ke Indonesia pada abad pertama Hijrah atau abad ke tujuhke delapan masehi. Islam adalah agama yang damai.

Islam masuk ke Indonesia bukan dengan peperangan ataupun penjajahan. Islam berkembang dan tersebar di Indonesia justru dengan cara damai dan persuasif berkat kegigihan para ulama.

Maka dari itu melalui makalah ini kita di ajarkan untuk dapat berdamai dengan orang-orang disekitar kita. Banyak sejarah - sejarah yang terukir oleh nenek moyang kita salah satunya adalah sejarah masuknya Islam ke Indonesia.

Banyak teori masuknya islam ke indonesia. Ada yang mengatakan abad ke 7 dan ada yang mengatakan pada abad ke 13 M.

Untuk itu saya meringkas teori teori itu kedalam sebuah makalah. Di lihat dari proses masuk dan berkembangnya agama Islam di Indonesia ada tiga teori yang berkembang.

Teori Gujarat teori Makkah dan teori Persia Ahmad Mansur 1996. Ketiga teori tersebut saling mengemukakan perspektif kapan masuknya Islam asal negara penyebar atau pembawa Islam ke Nusantara.

Benih-benih kedatangan Islam ke tanah Jawa sebenarnya sudah dimulai pada abad pertama Hijriyah atau abad ke 7 M. Hal ini dituturkan oleh Prof.

Buya Hamka dalam bukunya Sejarah Umat Islam bahwa pada tahun 674 M sampai tahun 675 M. Sahabat Nabi Muawiyah bin Abi Sufyan pernah singgah di tanah Jawa Kerajaan Kalingga menyamar sebagai pedagang.

Kedatangan dan Penyebaran Islam di Indonesia ada teori yang berpendapat baru abad ke-13 M. Yang dikemukakan oleh Snouck Hurgronje dan lainnya dan yang berpendapat sudah sejak abad pertama Hijriyah atau abad ke-7 Masehi yann antara lain dikemukakan WP.

Groeneveldt Syeikh Muhammad Naguib Al-Attas SQ. Fatimi Hamka Uka Tjandrasasmita dll.

Masing-masing golongan membuat argumentasinya. Teori Gujarat mengatakan bahwa proses kedatangan Islam ke Indonesia berasal dari Gujarat pada abad ke-7 H atau abad ke-13 M.

Gujarat ini terletak di India bagian barat berdekatan dengan Laut Arab. Tokoh yang menyosialisasikan teori ini kebanyakan adalah sarjana dari Belanda.

Sejarah Agama Islam Oleh parta setiawan Diposting pada 07112020 Sejarah Islam adalah sejarah agama Islam mulai menurun dalam wahyu pertama di 622 seperti diungkapkan Rasul terakhir Muhammad bin Abdullah di Gua Hira Arab Saudi sampai sekarang. BAB I PENDAHULUAN 1.

Latar Belakang Sebelum agama Islam masuk ke Indonesia berbagai macam agama dan kepercayaan seperti Animisme Dinamisme Hindu dan Budha telah dianut oleh masyarakat Indoesia. Bahkan pada abad 7-12 M di beberapa wilayah Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan Hindu dan Budha.

Agama islam muncul pada abad ke 6 m kemudian masuk ke indonesia pada abad ke 7 m dan mulai berkembang pada abad ke 13 m. Makalah sejarah kebudayaan islam di indonesia.

Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian. Menurut teori ini bahwa islam masuk ke Indonesia sekitar abad 7 atau 8 M.

Atau abad ke 2 H yaitu pada masa Khulafaur Rosyidin. Ekspedisi islam ke Indonesia dibawa langsung oleh para pedagang dari Arab sejak awal abad hijriyah atau abad ke 7 M.

Menurut sumber literatur Cina pada awal abad ke 2 hijrah telah muncul perkampungan-perkampungan. Tugas makalah sejarah peradaban islam ini.

Mengatakan bahwa islam masuk ke nusantara berasal dari gujarat pada abad ke-13 M. Islam ke Indonesia.

Bahkan Indonesia menempati urutan pertama sebagai negara Islam terbesar di dunia. Lalu bagaimana Islam pertama kali masuk ke Indonesia dan menyebar dengan begitu pesat.

Islam sudah mulai diperkenalkan ke berbagai negara yang ada di dunia sejak dahulu kala baik itu ke afrika timur tengah asia dan eropa. Sejak zaman Nabi Muhammad SAW agama Islam sudah disebarluaskan ke berbagai negara bahkan setelah wafatnya beliau pada 632 M syiar agama Islam masih terus dilakukan oleh para khalifah dan para pemimpin Dinasti Islam lainnya.

Sejak itu para pelaut dan pedagang muslim terus berdatangan abad demi abad. Mereka membeli hasil bumi dari negeri nan hijau ini sambil berdakwah.

Dalam makalah ini akan dibahas lebih mendalam mengenai sejarah perkembangan Islam di Indonesia. Bagaimana sejarah masuknya islam ke nusantara.

Apa sajakah empat teori islam masuk ke.

www.slideshare.net