Makalah Sejarah Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia

Makalah Sejarah Kedudukan Dan Fungsi Bahasa Indonesia

Contoh makalah sejarah kedudukan dan fungsi bahasa indonesia. MAKALAH BAHASA INDONESIA Sejarah Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Oleh. Shally Rahmawaty Sulhijrah Bola S.

Fungsi Bahasa IndonesiaFungsi bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu. Fungsi Bahasa Secara Umum1.

Sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diriMampu mengungkapkan gambaran maksud gagasan dan perasaanMelalui bahasa kita dapat menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam hati dan pikiran kita. Contoh Makalah Tentang SEJARAH KEDUDUKAN DAN FUNGSI BAHASA INDONESIA.

1928 juga berusaha memantapkan kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia. Kongres Bahasa Indonesia IV diselenggarakan di Jakarta pada tarikh 21 Oktober 2 November 1983.

Ia di selenggarakan dalam rangka. CONTOH MAKALAH SEJARAH BAHASA INDONESIA.

Seperti bahasa Madura bahasa Jawa bahasa Sumbawa dan lain-lain. Kedudukan Bahasa IndonesiaBahasa Indonesia memiliki kedudukan yang sangat penting yang tercantum didalam.

1 Ikrar ketiga Sumpah Pemuda 1928 dengan bunyiKami putra dan putrid Indonesia menjunjung bahasa persatuan bahasa. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 36bahasa Negara adalah bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan. Penyusunan makalah ini diharapkan dapat memberikan informasi tentang sejarah kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia kepada masyarakat Indonesia Khususnya di kalangan kami sebagai mahasiswa sehingga dapat ditingkatkan kesadarannya bahwa bahasa Indonesia adalah alat komunikasi paling penting untuk mempersatukan seluruh bangsa Indonesia.

Fungsi Bahasa Indonesia Dalam Kedudukan Sebagai Bahasa Negara juga Meliputi 4 aspek yaitu. Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan Bahasa Indonesia sebagai alat penghubung pada tingkat Nasional untuk kepentingan tata-cara perencanaan dan pelaksanaan pembangunan nasional.

Fungsi bahasa Indonesia dapat dibagi menjadi 2 bagian yaitu fungsi bahasa secara umum dan secara khusus. Fungsi bahasa secara umum yaitu sebagai alat untuk mengungkapkan perasaan atau mengekspresikan diri sebagai alat komunikasi sebagai alat berintegrasi dan beradaptasi social dan sebagain alat kontrol sosial.

Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang mempunyai kedudukan dan fungsi yang sangat penting bagi bangsa Indonesia. Dimana kedudukannya sebagai lambang kebanggan nasional lambang identitas nasional alat pemersatu berbagai masyarakat yang berbeda-beda latar belakang sosial budaya dan bahasanya dan alat penghubung antarbudaya antar daerah.

Fungsi Bahasa Secara Umum. Fungsi Bahasa Indonesia Secara Khusus.

Mengadakan hubungan dalam pergaulan sehari- hari. Kedudukan dan Fungsi Bahasa Indonesia Bahasa Indonesia merupakan bahasa nasional di Negara Indonesia yang memiliki sejarah panjang dalam pembentukannya yang sudah kita bahas dalam artikel sejarah perkembangan bahasa insonesiaBahasa Indonesia berasal dari bahasa melayu yang sudah ada di nusantara ini sejak zaman kerajaan-kerajaan.

Fungsi Bahasa Indonesia Pemahaman terhadap kedudukan dan fungsi Bahasa Indonesia dapat menjadi dasar menumbuhkan jiwa nasionalisme kaum muda dan pelajar. Dalam hal ini bahasa Indonesia mempunyai dua kedudukan yaitu sebagai bahasa Nasional dan bahasa Negara.

Dalam kedudukannya sebagai bahasa nasional bahasa berfungsi sebagai lambang kebanggaan kebangsaan indentitas nasional alat. Berikut merupakan fungsi dan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa Negara hasil perumusan seminar politik bahasa Nasional yang diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 25-28 Februari 1975 yaitu.

Bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi kenegaraan. Bahasa Indonesia sebagai alat pengantar dalam dunia pendidikan.

Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia dan pengembangan bahasa Indonesia telah dilakukan secara sadar oleh cendekiawan dan budayawan Indonesia saat itu. Tanggal 18 Agustus 1945 ditandatanganilah Undang-Undang Dasar 1945 yang salah satu pasalnya P asal 36 menetapkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.

SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA Makalah disusun untuk memenuhi syarat tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Pengampu. Retno W MPd Oleh Annisa Ilmi Nurrani K7114016 Gutomo Saputro K7114 Ingrid Elvina K7114072 Kus Danar Siwi K7114088 Latifah Aulia Harini K7114091 UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET 2014 KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 pasal 36 bahasa Negara adalah bahasa Indonesia. Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan bahasa perhubungan.

Contoh Makalah Sejarah Bahasa Indonesia pixabay. Nah jika tadi kita sudah membahas tentang masalah pengertian ciri-ciri jenis-jenis serta susunan kerangka makalah.

Berikut ini adalah pembahasan yang paling kalian tunggu-tunggu ya pembahasan mengenai makalah sejarah bahasa Indonesia. Secara Sosiologis kita bisa mengatakan bahwa Bahasa Indonesia resmi di akui pada Sumpah Pemuda tanggal 28 Onktober 1928Hal ini juga sesuai dengan butir ketiga ikrar sumpah pemuda yaitu Kami putra dan putri Indonesia menjunjung tinggi bahasa persatuan bahasa IndonesiaNamun secara Yuridis Bahasa Indonesia diakui pada tanggal 18 Agustus.

Kedudukan dan fungsi bahasa Indonesia dengan baik di mata kaum muda dan pelajar. Fungsi Bahasa Indonesia Dasar Jiwa Nasionalisme.

Menurut buku Arifin 200812 kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa nasional memiliki fungsi diantaranya. Lambang Kebanggaan Kebangsaan Di dalam fungsinya sebagai Lambang.

Bahasa alami yakni bicara atau juga sebuah bahasa isyarat yang pasti setiap bahasa dapat disandikan melalui sebuah media kedua dengan menggunakan suatu stimulus audio taktil dan visual. Contoh bahasa menggunakan media ke 2 yakni braille tulisan grafis dan juga siulan.

www.slideshare.net