Makalah Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

Makalah Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

Contoh makalah sejarah kerajaan islam di indonesia. Sejarah merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat penting untuk dipelajari. Termasuk dalam hal ini adalah sejarah tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia.

Sebelumnya banyak teori yang bermunculan tentang bagaimana masuk dan berkembangannya agama Islam di Indonesia. Oleh karena itu makalah yang kami susun ini akan membahas sejarah Islam di Indonesia terdahulu sampai detik-detik proklamasi secara mendalam yang berjudul Kerajaan-Kerajaan Islam di Indonesia.

Perkembangan Islam di Indonesia Meskipun Islam baru bisa dikatakan berkembang setelah berdirinya kerajaan Islam atau setidaknya ketika ada jalinan hubungan dagang antara saudaga rmuslim dengan pribumi namun cara kedatangan Islam dan penyebarannya di Indonesia tidak dilakukan dari saluran politik atau perdagangan semata. Tujuan dibuatnya makalah ini adalah untuk menyelesaikan tugas semester II sejarah indonesia khususnya pada bab kerajaan-kerajaan islam di Indinesia.

Karena makalah ini saya buat dengan selengkap mungkin dan bagian-bagian yang penting telah saya rangkum di makalah ini maka ketika mempelajari makalah ini siswa dapat dengan mudah mempelajarinya. Cikal bakal timbulnya kerajaan Islam di nusantara ini dapat dilihat dari beberapa unsur.

Berdasarkan hal demikian maka penulis membatasi pembahasan makalah ini antara lain. Masuknya Islam ke nusantara serta proses Islamisasi Kerajaan Langkat Kerajaan Aceh dan Kerajaan lainnya serta cakupannya.

Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur dan cara. Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian download secara gratis.

Ketika Islam datang di Indonesia berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme dinamisme Hindu dan Budha sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha. Misalnya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan sebagainya.

Pada perkembangannya ajaran Islam disalurkan melalui berbagai kerajaan yang berkembang di Indonesia. Kerajaan Islam yang pertama ada dan berkembang adalah kerajaan Samudera Pasai dengan raja pertamanya yang bernama Sultan Malik al-Saleh 1297 M696 H.

Kerajaan ini terletak di pesisir timur laut Aceh. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah berjudul Kerajaan Sriwijaya.

Makalah ini kami susun guna memenuhi tugas sekolah untuk menambah pengetahuan tentang Kesejarahan Nusantara. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna.

Oleh karena itu kritik dan saran membangun sangat kami. MAKALAH SEJARAH INDONESIA DI SUSUN OLEH.

KELOMPOK 6 Ketua. Makalah kerajaan islam di nusantara 1.

1 BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Islam di Indonesia Asia Tenggara merupakan salah satu dari tujuh cabang peradaban peradaban Islam sesudah hancurnya persatuan peradaban Islam yang berpusat di Baghdad tahun 1258 M. Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penganut agama islam terbesar diduniaSekitar 85 penduduk indonesia menganut agama islam. Penduduk indonesia juga dikenal ramah dan baik oleh karena itu banyak wisatawan-wisatawan yang berkunjung di Indonesia.

Masuknya ajaran Islam pada sekitar abad ke-12 melahirkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam yang ekspansionis seperti Samudera Pasai di Sumatera dan Demak di Jawa. Munculnya kerajaan-kerajaan tersebut secara perlahan-lahan mengakhiri kejayaan Sriwijaya dan Majapahit sekaligus menandai akhir dari era ini.

MAKALAH PERADABAN ISLAM DI INDONESIA MASA PRA-KEMERDEKAAN Nama. Admiral Amir Kasim Rizki Juhansyah Ridho Kurnia Putra Fadly Muhammad Fakultas.

Agama Islam Mata Kuliah. Sejarah Peradaban Islam Semester.

2 sore Dosen. Fatima MA Hk UNIVERSITAS SATYAGAMA JAKARTA 2016 KATA PENGANTAR Assalamiualaikum wr.

Bismillahirrohmanirrohim segala puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Perdagangan Jalur ini dimungkinkan karena orang-orang melayu telah lama menjalin kontak dagang dengan orang Arab.

Apalagi setelah berdirinya kerajaan Islam seperti kerajaan Islam Malaka dan kerajaan Samudra Pasai di Aceh maka makin ramailah para ulama dan pedagang Arab datang ke Nusantara Indonesia. Kerajaan Islam di Indonesia Kerajaan Islam di Indonesia mulai berdiri sejak abad ke-13.

Berbagai kerajaan tersebut mulai muncul karena pada saat itu kerajaan Sriwijaya sedang mengalami masa keruntuhan. Kemudian dimasa itulah mulai berdirinya beberapa kerajaan Islam di daerah pesisir Pulau Sumatera.

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia. Sejarah Lengkap Islam berkembang dengan sangat pesat di Indonesia.

Dari zaman dahulu hingga sekarang. Banyak sekali peninggalan peninggalan yang berbau Islam di Indonesia.

Di Indonesia terdapat banyak kerajaan pada masa dahulu. Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia Berkembangnya agama Islam secara cepat dan meluas di Indonesia terutama di daerah pesisir karena adanya kontak dagang antara pedagang Islam dengan pedagang Indonesia.

Para pedagang Islam dari Gujarat dalam menyiarkan agama Islam dengan cara bijaksana dan tanpa paksaan atau kekerasan. Berikut adalah Kerajaan di Indonesia yang dikenal sebagai sejarah kerajaan islam di indonesia.

Kerajaan Perlak merupakan Kerajaan Islam pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 840 Masehi dan berlokasi di Aceh. Raja Pertama dari Kerajaan Perlak adalah Syed Maulana Abdul Azis Syah.

Berikut ini adalah Kerajaan di Indonesia yang dikenal sebagai sejarah kerajaan islam di indonesia. Kerajaan Perlak adalah Kerajaan Islam yang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 840 Masehi dan berlokasi di Aceh.

Raja Pertama dari Kerajaan Perlak adalah Syed Maulana Abdul Azis Syah.

www.slideshare.net