Sejarah Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia

Sejarah Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia

Contoh makalah sejarah perkembangan ejaan bahasa indonesia. SEJARAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONESIA Makalah disusun untuk memenuhi syarat tugas mata kuliah Bahasa Indonesia Pengampu. Retno W MPd Oleh Annisa Ilmi Nurrani K7114016 Gutomo Saputro K7114 Ingrid Elvina K7114072 Kus Danar Siwi K7114088 Latifah Aulia Harini K7114091 UNIVERSITAS NEGERI SEBELAS MARET 2014 KATA PENGANTAR Segala puji bagi Allah Tuhan semesta alam.

Ejaan bahasa Indonesia telah beberapa kali mengalami perubahan dan perkembangan. Saat ini ejaan bahasa Indonesia yang kita gunakan adalah Ejaan yang Disempurnakan EYD.

Namun sebelum itu telah digunakan beberapa ejaan yang lain. Berikut Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia 1.

Ejaan Van Ophuysen 1901-1947 Ejaan ini merupakan pengembangan ejaan bahasa Melayu dengan menggunakan huruf. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 36 bahasa Negara ialah bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan lingua. CONTOH MAKALAH SEJARAH BAHASA INDONESIA.

Perkembangan bahasa Melayu di wilayah Nusantara memengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa IndonesiaSecara sosiologis kita bisa mengatakan bahwa bahasa Indonesia bisa diterima keberadaannya pada tanggal 28 Oktober 1928. Perkembangan ejaan di Indonesia telah mengalami beberapa pergantian mulai dari ejaan Van Ophuijsen ejaan Soewandi republik dan ejaan yang disempurnakan.

Bahkan terdapat ejaan yang dirundingkan bersama antara Indonesia dan Malaysia yakni ejaan MelindoNamun karena faktor-faktor tertentu ejaan tersebut tidak dapat diresmikan. Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia.

Makalah Sejarah Perkembangan Bahasa Indonesia. Alek dan Achmad HP.

2010 untuk Pengguruan Tinggi. Kencana Prenada Media Grup.

Bahasa Indonesia untuk Pengguruan TinggiRembang. Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia MAKALAH PERKEMBANGAN BAHASA INDONEISA Diajukan sebagai Tugas Mata Kuliah Bahasa Indonesia Oleh.

Masul Hadi NIM B07210025 Dosen Pembimbing. Lukman Fahmi SAg MPd.

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI SUNAN AMPEL PROGRAM STUDI PSIKOLOGI FAKULTAS DAKWAH SURABAYA. Sejarah ejaan bahasa Indonesia -.

EYD ini dalam perkembangan waktunya mengalami 2 kali revisi yakni pada tahun 1987 Pada tahun 1987 dengan dikeluarkannya Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 0543aU1987 tentang Penyempurnaan Pedoman Umum Ejaan Bahasa. Kata depan di pada contoh di rumah di.

Ejaan bahasa indonesia yaitu pemakaian Huruf Abjad yang dipakai dalam bahasa Indonesia terdiri dari 26 huruf yaitu. 21 huruf konsonan dan 5 huruf vokal.

Semua huruf dapat digunakan secara umum dalam kata kecuali huruf q dan x. Keduanya khusus diperlukan untuk nama dan keperluan ilmu.

Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia atau PUEBI atau yang juga disebut EBI saja merupakan perkembangan ejaan bahasa Indonesia terbaru dan berlaku hingga saat ini. Pedoman ejaan yang satu ini dibentuk berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 yang ditetapkan pada tanggal 30 November 2015.

11 Sejarah Singkat Ejaan di Indonesia Sebelum 1900 di Indonesiayang sebagian besar penduduknya masih menggunakan bahasa Melayu belum ada sistem ejaan yang sama. Van ophuysen mendapat perintah untuk menyusun ejaan Melayu dengan mempergunakan aksara Latin.

Perkembangan Ejaan Bahasa Indonesia Perkembangan Awal Revisi 1987. Pada tahun 1987 Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.

0543a U 1987 tentang perbaikan Spelling Pedoman Umum Indonesia Ditingkatkan. Keputusan Menteri ini meningkatkan EYD edisi 1975.

MAKALAH EJAAN BAHASA INDONESIA EJAAN BAHASA INDONESIA PELAFALAN PEMAKAIAN HURUF PEMISAHAN SUKU KATA PENULISAN HURUF KATA PARTIKEL DAN ANGKA BILANGAN DISUSUN OLEH. KELOMPOK II ALI IMRAN D62112006 ANDI WARDIMAN ANWAR D62112004 ARSYILMIARDI HAERA D62112005 KATA PENGANTAR Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayahnya sehingga kami dapat.

Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2015 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia EBI pun resmi berlaku sebagai ejaan baru Bahasa Indonesia. Katanya latar belakang diresmikan ejaan baru ini adalah karena perkembangan pengetahuan teknologi dan seni sehingga pemakaian bahasa Indonesia semakin luas.

Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan atau biasa disebut EYD diberlakukan sejak penggunaannya diresmikan oleh Presiden RI pada tanggal 16 Augustus 1972. Pedoman umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan ditetapkan oleh Mendikbud pada tanggal 31 Agustus 1975 dan dinyatakan dengan resmi berlaku diseluruh Indonesia dan disempurnakan lagi pada tahun 1987.

Bahasa Melayu menyerap kosa kata dari berbagai bahasa terutama dari bahasa sanskerta bahasa Persia bahasa Arab dan bahasa-bahasa Eropa. Bahasa Melayu pun dalam perkembangannya muncul dalam berbagai variasi dan dialekPerkembangan bahasa Melayu diwilayah nusantara mempengaruhi dan mendorong tumbuhnya rasa persaudaraan dan persatuan bangsa IndonesiaKomikasi rasa persaudaraan dan persatuan.

Keputusan kongres bahasa Indonesia II 1945 di Medan antara lain menyatakah bahwa bahasa Indonesia tumbuh dan berkembang dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu digunakan sebagai lingua franca bahasa penghubung bukan hanya dikepulauan nusantara melainkan juga diseluruh Asia Tenggara sejak abad ke VIIBukti yang menyatakan ini adalah di temukanya pristiwa di kedukan bukit berangka 683 M. Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi Republik Indonesia sebagaimana disebutkan dalam Undang-Undang Dasar RI 1945 Pasal 36 bahasa Negara ialah bahasa Indonesia.

Sejarah bahasa Indonesia telah tumbuh dan berkembang sejak sekitar abad ke VII dari bahasa Melayu yang sejak zaman dahulu sudah dipergunakan sebagai bahasa perhubungan lingua. MAKALAH BAHASA INDONESIAEYD EJAAN YANG DISEMPURNAKANKELOMPOK III M.

RIZKIANDI NURUL HIDAYATULLAHZAINAL ABIDINNISMAWATIFIYULA EL SYARAHWAHYUNI AULIA ARRISKA AMALIAHJURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARABFAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUANUIN ALAUDDIN II SAMATA KABGOWA2013KATA PENGANTARKami panjatkan rasa syukur kepada Allah atas segala karunia-Nyasehingga makalah ini dapat kami selesaikan. Ejaan Van Ophuysen merupakan ejaan pertama yang dimiliki oleh bahasa Indonesia.

Ejaan ini ditetapkan tahun 1901. Perancang ejaan Van Ophuysen adalah orang Belanda yakni Charles Van Ophusyen dengan dibantu Tengku Nawawi yang bergelar Soetan Mamoer dan M.

www.slideshare.net