Penalaran Analogi Disusun Oleh Dame Angela Parsaulian 140050909 Ppt Download

Penalaran Analogi Disusun Oleh Dame Angela Parsaulian 140050909 Ppt Download

Contoh penarikan kesimpulan penalaran induktif dengan cara analogi. Ada dua jenis metode dalam menalar yaitu deduktif dan induktif. Penalaran deduktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku khusus berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat umum.

Proses penalaran ini disebut Deduksi. Kesimpulan deduktif dibentuk dengan cara deduksi.

PENALARAN INDUKTIF menurut Shurter dan Pierce dalam Shofiah 2007. 14 penalaran induktif adalah cara menarik kesimpulan yang bersifat umum dari kasus-kasus yang bersifat khusus.

Aspek dari penalaran induktif dibagi menjadi 3 bagian yaitu pargaraf generalisasi analogi dan kausal. DEFINISI GENERALISASI Proses penalaran berdasarkan pengamatan atas sejumlah gejala dengan sifat-sifat tertentu.

Penalaran Induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Dalam penalaran Induktif ini ada 3 jenis penalaran Induktif yaitu Generalisai Analogi dan Hubungan sebab akibat ataupun hubungan akibatsebab.

Contoh Paragraf Dengan Pola Pengembangan Generalisasi Analogi Dan Sebab-Akibat. Paragraf dengan pola pengembangan Generalisasi.

Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data. Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili.

Kesimpulan Analogi adalah kesimpulan yang ditarik dengan jalan menyampaikan atau memperbandingkan suatu fakta khusus dengan fakta khusus lain. Terdapat 3 unsur dalam penyimpulan Analogik yaitu.

Peristiwa pokok yang menjadi dasar analogi Persamaan principal yang menjadi pengikat dan Ketiga fenomena yang hendak kita analogikan. Ada tiga macam cara untuk menarik kesimpulan dalam paragraf induktif yaitu generalisasi analogi dan sebab akibat.

Generalisasi Generalisasi merupakan pola pengembangan sebuah paragraf yang dibentuk melalui penarikan sebuah gagasan atau simpulan umum berdasarkan perihal atau kejadian. Dua anak kecil ditemukan tewas di pinggir Jalan Jendral Sudirman.

Penalaran adalah proses berpikir yang dapat menghasilkan pengertian atau kesimpulan. Penalaran berlawanan dengan panca indera karena nalar didapat dengan cara berpikir sehingga dapat mengetahui suatu kebenaran.

Contoh analogi induktif. Bentuk lain dari penalaran induktif yang paling umum adalah yang membandingkan dua kelompok atau individu yang berbeda untuk mencoba memprediksi persamaan dan perbedaan mereka nantinya.

Jika dua individu memiliki seperangkat karakteristik mereka akan lebih mungkin serupa di lainnya. Penalaran induktif dapat berbentuk generalisasi analogi atau hubungan sebab akibat.

Generalisasi adalah proses berpikir berdasarkan hasil pengamatan atas sejumlah gejala dan fakta dengan sifat-sifat tertentu mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa itu. Paragraf generalisasi ini merupakan salah satu dari paragraf induktif dimana paragraf induktif ini disusun mengikuti pola induktifParagraf ini disusun dengan cara menguraikan beberapa kalimat penjelas yang berupa fakta bukti contoh atau ilustrasi sebagai data empiris yang bersifat khusus pada awal paragraf dan diakhiri dengan kalimat utama sebagai kesimpulan yang bersifat khusus.

Penalaran Deduktif adalah Proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang khusus berdasarkan fakta-fakta yang bersifat umum. Penarikan kesimpulan deduktif dibagi menjadi dua yaitu penarikan langsung dan tidak langsung.

Penarikan simpulan secara langsung Simpulan secara langsung adalah penarikan simpulan yang ditarik dari satu premis. Contoh paragraf generalisasi analogi sebab akibat 1Generalisasi adalah penalaran induktif dengan cara menarik kesimpulan secara umum berdasarkan sejumlah data.

Jumlah data atau peristiwa khusus yang dikemukakan harus cukup dan dapat mewakili. Dalam sebuah paragraf umumnya memiliki susunan yang diawali dengan kalimat utama kemudian disusul dengan kalimat pendukung atau penjelas.

Nah dalam paragraf induktif kalimat utama justru diletakan pada akhir paragraf yang mana umumnya kalimat utamanya adalah sebuah kesimpulan. Analogi adalah berusaha untuk mencapai kesimpulan dengan menggantikan dengan apa ynag kita coba untuk membuktikan dengan sesuatu yang serupa dengan hal tersebut namun yang lebih dikenaldan kemudian menyimpulkan kembali apa yang mengawali penalaran kita louis O.

Penarikan kesimpulan secara deduktif dapat dilakukan secara langsung dan tidak langsung. Penarikan secara langsung ditarik dari satu premis.

Jadi jika ada udara mahkluk hidup akan hidup. Cara penarikan penalaran dengan membandingkan dua hal yang mempunyai sifat yang sama.

Contoh analogi Nina adalah lulusan Akademi Amanah. Sehingga dapat dikatakan bahwa penalaran induktif adalah proses penarikan kesimpulan dari kasus-kasus khusus menjadi kesimpulan yang bersifat umum.

Di dalam penalaran induktif dubagi menjadi tiga bentuk penalaran induktif yaitu generalisasi analogi dan hubungan kausal. Berikut aka diulas tentang Penalaran Induktif Bentuk bentuk Penalaran Induktif.

Paragraf analogi memiliki kalimat penjelas yang berupa persamaan yang di gunakan untuk menyamakan 2 hal objek. Kalimat utama di letakan di bagian terakhir ynag biasa di kenal dengan kesimpulan.

Contoh Paragraf Analogi Contoh 1. Padi yang terhampar di ladang sana di ibaratkan sebagai sifat yang harus dimiliki oleh manusia.

Proses penarikan kesimpulan yang dilakukan dengan cara itu disebut dengan generalisasi. Di dalam proses analogi induktif kita menarik kesimpulan tentang fakta yang baru berdasarkan persamaan ciri dengan sesuatu yang sudah dikenal.

Penalaran Induktif adalah proses penalaran untuk menarik kesimpulan berupa prinsip atau sikap yang berlaku umum berdasarkan atas fakta-fakta yang bersifat khusus. Dalam penalaran Induktif ini ada 3 jenis penalaran Induktif yaitu Generalisai Analogi dan Hubungan sebab akibat ataupun hubungan akibatsebab.

Penalaran induktif dapat berbentuk generalisasi analogi atau hubungan sebab akibatGeneralisasi adalah proses berpikir berdasarkan hasil pengamatan atas sejumlah gejala dan fakta dengan sifat-sifat tertentu mengenai semua atau sebagian dari gejala serupa itu.

slideplayer.info