Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Contoh pendahuluan makalah pancasila sebagai ideologi negara. Makalah yang kami susun semoga bisa membantu kita lebih memahami tentang pancasila sebagai ideologi negara yang lebih mendalam. Mohon permakluman dari semuanya jika dalam makalah kami ini masih terdapat banyak kekeliruan baik bahasa maupun pemahaman.

Sebagai nilai-nilai yang digali dari kekayaan rohani moral dan budaya masyarakat Indonesia sendiri maka nilai-nilai Pancasila akan selalu berkembang mengikuti perkembangan masyarakat IndonesiaSebagai ideologi yang tidak diciptakan oleh negara menjadikan Pancasila sebagai ideologi juga merupakan sumber nilai sehingga Pancasila merupakan asas kerokhanian bagi tertib hukum Indonesia dan. MAKALAH PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Dosen.

Abidarin Rosyidi MMa Kelompok E Abdul Rajab Tahir 11115222 S1T1 ABSTRAKSI Kesetiaaan nasionalisme dan patriotisme warga Negara kepada bangsa dan negaranya dapat diukur dalam bentuk kesetiaan mereka terhadap filsafat negaranya secara formal diwujudkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan Undang. PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA Disusun Oleh.

Salsabila Salsabila Basuki Basuki 1764000117640001 2. Safii Safii Amirudin Amirudin 1764002717640027 3.

Fiki Fiki Rifan Rifan Kusuma Kusuma 1764003117640031 4. Rossa Rossa Varadella Varadella Anindia Anindia.

Sebagai suatu ideologi bangsa dan negara Indonesia maka Pancasila pada hakikatnya bukan hanya merupakan suatu hasil perenungan dan pemikiran seseorang atau kelompok orang sebagaimana ideologi-ideologi lain didunia namun Pancasila diangkat dari nilai-nilai adat-istiadat nilai-nilai kebudayaan serta nilai religius yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk. Puji syukur kita panjatkan kehairat Allah SWT atas rahmat-Nya sehingga penulis telah dapat menyelesaikan penyusunan makalah tentang Pancasila Sebagai Ideologi Negara.

Penulisan makalah ini merupakan salah satu tugas mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA NEGERI 9 Bogor. Sejarah Lahirnya Pancasila sebagai Ideologi dan Dasar Negara Ideologi dan dasar negara kita adalah Pancasila.

Pancasila terdiri dari lima sila. Kelima sila itu adalah.

Ketuhanan yang Maha Esa Kemanusiaan yang adil dan beradab Persatuan Indonesia Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusayawaratan perwakilan dan Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Kelompok kami menyusun makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui tentang Pancasila sebagai ideologi negara dan pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia yang sesungguhnya dan dengan adanya makalah ini juga di harapkan dapat menjadi pengetahuan bagi kita semua.

BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Negara Kesatuan Republik Indonesia merupakan sebuah negara yang menggunakan Pancasila sebagai dasar negara. Tentunya dengan kedudukannya sebagai dasar negara Pancasila dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya harus diketahui dipahami dihayati dan diimplementasikan oleh seluruh rakyat Indonesia.

Hal ini juga sesuai dengan posisi Pancasila sebagai. Pancasila sebagai dasar negara merupakan dasar yang digunakan oleh negara dalam mengatur seluruh penyelenggaraan negara di bidang ideologi politik ekonomi dan sosial budaya.

Era global menuntut kesiapan segenap komponen bangsa untuk mengambil peranan sehingga dampak negatif yang kemungkinan muncul dapat segera diantisipasi. Ideologi Negara Indonesia adalah pancasila.

Ideologi pancasila ini dijadikan sebagai pandangan hidup bagi bangsa Indonesia dalam mengembangkan negara Indonesia dalam berbagai aspek. Dengan ideologi inilah bangsa Indonesia bisa mencapai kemerdekaan dan bertambah maju baik potensi sumber daya alam maupun sumber daya manusianya.

Contoh Pendahuluan Makalah Pkn. Negara Kesatuan Republik Indonesia adalah negara berbentuk kesatuan dengan Pancasila menjadi dasar negara.

Sebagai dasar negara tentunya Pancasila bukan hanya dipajang saja melainkan juga perlu direalisasisak. Pancasila sebagai ideologi memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional.

Ia adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya yaitu masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila adalah ideologi kebangsaan karena ia digali dan dirumuskan untuk kepentingan membangun negara bangsa Indonesia.

View PANCASILA SEBAGAI IDEOOGI NEGARAdocx from PANCASILA 11 at Andalas University. MAKALAH PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA DOSEN PEMBIMBING Yulia Hanoselina SIP MAP DISUSUN OLEH.

Pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara Indonesia. Dalam pancasila kita dapat menemukan jati diri bangsa menghadapi sekaligus menyesuaikan diri dengan era globalisasi.

Berdesakan uraian di atas maka perlu kiranya ada kajian yang membahas masalah ini guna adanya solusi yang tepat dalam menghadapi era globalisasi tanpa melupakan pancasila sebagai falsafah dan ideologi negara. Sebagai suatu rumusan dasar filsafat negara atau dalam kedudukan sebagai ideologi negara yang dikandung oleh pembukaan UUD 1945 ialah pancasila.

Rumusan pancasila itu dapat pula disebut sebagai rumusan dasar cita negara staatidee dan sekaligus dasar dari cita hokum rechtidee negara republik Indonesia. Artinya ideologi Pancasila dapat mengikuti perkembangan yang terjadi pada negara lain yang memiliki ideologi yang berbeda dengan Pancasila dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Nilai Ideologi Pancasila Nilai dasar Nilai instrumental Nilai praktis Dimensi Ideologi PancasilaMakalah yang kami susun semoga bisa membantu kita lebih memahami tentang pancasila sebagai ideologi. Ensiklopedia Polpuler Politik pembangunan Pancasila ideologi merupakan cabang filksafat yang mendasari ilmu-ilmu seperti sosiologi dan politik.

Menurut Frans Magnis Suseno 1989. Ideologi itu bukan cita-cita yang sudah hidup dalam masyarakat melainkan berupa cita-cita sebuah kelompok yang mendasari suatu program untuk mengubah dan memperbaharui masyarakat.

Pancasila dijadikan ideologi dikerenakan Pancasila memiliki nilai-nilai falsafah mendasar dan rasional. Pancasila telah teruji kokoh dan kuat sebagai dasar dalam mengatur kehidupan bernegara.

Selain itu Pancasila juga merupakan wujud dari konsensus nasional karena negara bangsa Indonesia ini adalah sebuah desain negara moderen yang disepakati oleh para pendiri negara Republik Indonesia. Permasalahan ideologi bukan hanya masalah nilai apa saja yang terkandung dalam pancasila namun juga permasalahan perihal implementasi dan penerapan nilai Pancasila di setiap sendi kehidupan masyarakat dalam berbangsa dan bernegara.

Perlu adanya contoh kongkrit praktek Pancasila sebagai ideologi nasional Bangsa dan negara Indonesia.

www.slideshare.net