Makalah Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Makalah Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Contoh pendahuluan makalah pancasila sebagai sistem filsafat. Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana kita mempelajari tentang filsafat filsafat pancasila dan pancasila sebagai sistem filsafat. Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan.

CONTOH MAKALAH FILSAFAT PANCASILA BAB I PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Sebagai dasar negara Pancasila kembali diuji ketahanannya dalam era reformasi sekarangMerekahnya matahari bulan Juni 1945 66 tahun yang lalu disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenengaraan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu lahirnya Pancasila. Pancasila sebagai sistem filsafat atau sebagai dasar negara kita merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di negara kita.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia dapat mempersatukan kita serta memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan bathin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya. Makalah tentang PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT.

Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia pada hakikatnya adalah sebagaimana nilai-nilainya yang bersifat fundamental menjadi suatu sumber dari segala sumber hukum dalam negara Indonesia. Contoh proposal bahasa inggris.

Sila-sila sebagai suatu sistem filsafat juga memiliki satu kesatuan dasa aksiologisnya sehingga nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila pada hakikatnya juga merupakan suatu kesatuan. Terdapat berbagai macam terori tentang nilai dan hal ini sangat tergantung pada titk tolak dan sudut pandangnya masing-masing dalam menentukan tentang pengertian nilai dasar hierarkirnya.

Pancasila sebagai sistem filsafat atau sebagai dasar negara kita merupakan sumber dari segala sumber hukum yang berlaku di negara kita. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia dapat mempersatukan kita serta memberi petunjuk dalam mencapai kesejahteraan dan kebahagiaan lahir dan bathin dalam masyarakat kita yang beraneka ragam sifatnya.

Pancasila sebagai dasar filsafat serta ideologi bangsa dan negara Indonesia bukan terbentuk secara mendadak serta bukan hanya diciptakan oleh seseorang sebagaimana yang terjadi pada ideologi-ideologi lain di dunia namun terbentuknya Pancasila melalui proses yang cukup panjang dalam sejarah bangsa Indonesia. Sehingga Pancasila sebagai suatu sistem filsafat bersifat khas dan berbeda dengan sistem-sistem filsafat yang lain misalnya.

Liberalisme materialisme komunisme dan aliran filsafat yang lain. Kesatuan sila-sila Pancasila pada hakekatnya bukanlah hanya merupakan kesatuan yang bersifat formal logis saja namun juga meliputi kesatuan dasar ontologis dasar epistimologis serta dasar aksiologis.

Anjuran Pancasila adalah suatu sistem filsafat semua kelima sila adalah tersusun dalam suatu perumusan fikiran filsafat yang harmonis. Pancasila Sebagai Ideologi atau Filsafat Negara Republik Indonesia Pengertian Ideologi -Ideologi berasal dari kata yunani yaitu iden yang berarti melihat atau idea yang berarti raut muka perawakan gagasan buah pikiran dan kata logi yang berarti ajaran.

Pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Jadi pancasila pada dasarnya satu bagianunit-unit yang saling berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing.

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Oleh dosenpendidikan Diposting pada 07092020 Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pengertian Hakekat Dan Ciri Menurut wikipedia Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Pancasila sebagai suatu sistem filsafat pada hakikatnya juga merupakan suatu sistem pengetahuan.

Sebagai suatu ideologi maka Pancasila memiliki tiga unsur pokok agar dapat menarik loyalitas dari pendukungnya yaitu. 1 Logos yaitu rasionalitas atau penalaran 2 Pathos yaitu penghayatan dan 3 Ethos yaitu kesusilaan.

Definisi pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu satu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya. Jadi pancasila pada dasarnya satu bagian atau unit-unit yang berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing.

Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia. Untuk mendapatkan pengertian yang mendalam dan berangkat dari sila-sila tersebut kita cari intinya hakekat dari inti dan selanjutnya pokok-pokok yang terkandung di dalamnya.

Pancasila adalah dasar negara Indonesia di mana fungsi utamanya sebagi pandangan hidup dan kepribadian bangsa Dardodiharjo 1988. Memegang fungsi dalam hidup dan kehidupan bangsa dan negara Indonesia Pancasila tidak saja sebagai dasar negara RI tapi juga alat pemersatu bangsa kepribadian bangsa pandangan hidup bangsa sumber ilmu pengetahuan di Indonesia Azis 1984.

Pancasila dikenal sebagai filosofi Indonesia. Kenyataannya definisi filsafat dalam filsafat Pancasila telah diubah dan diinterpretasi berbeda oleh beberapa filsuf Indonesia.

Pancasila dijadikan wacana sejak 1945. Filsafat Pancasila senantiasa diperbarui sesuai dengan permintaan rezim yang berkuasa sehingga Pancasila berbeda dari waktu ke.

Dengan demikian Pancasila sebagai sistem filsafat memiliki ciri khas yang berbeda dengan sistem-sistem filsafat. Contoh contoh yang.

- kami menyarankan kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana pembaca mempelajari tentang filsafat Pancasila - Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pengertian Hakekat Dan Ciri Menurut wikipedia Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Manusia sepanjang hayat selalu mengidamkan kebijaksanaan kebaikan kebenaran keindahan dan sebagainya. 23 Bukti Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pancasila merupakan suatu kesatuan yang utuh sistem lazimnya memiliki ciri-ciri suatu kesatuan bagian-bagian bagian-bagian tersebut mempunyai fungsi sendiri- sendiri saling berhubungan dan ketergantungan keseluruhannya dimaksud untuk mencapai suatu tujuan tertentu tujuan sistem dan terjadi dalam suatu lingkungan yang kompleks.

Pancasila dikatakan sebagai filsafat karena Pancasila merupakan perenunganjiwa yang dituangkan dalam suatu sistem dan sistem tersebut merupakan pancaran dari semua sila Pancasila. Dengan begitu nilai-nilai seperti jiwa keagamaan jiwa kebangsaan jiwa kerakyatan dan jiwa yang menjunjung tinggi keadilan sosial terkandung di dalam sila pancasila.

www.slideshare.net