Makalah Pkn Otonomi Daerah

Makalah Pkn Otonomi Daerah

Contoh pendahuluan makalah pkn tentang otonomi daerah. KATA PENGANTAR Dengan mengucapkan puji dan syukur kehadirat Tuhan YME karena atas berkat rahmat-Nya penulis dapat menyelesaikan Tugas Kelompok untuk memenuhi mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Dalam penulisan karya tulis ini penulis membahas tentang Permasalahan Dalam Otonomi Daerah sesuai dengan tujuan instruksional khusus mata kuliah Kewarganegaraan Program Studi PendTeknik.

Makalah pkn otonomi daerah 1. OTONOMI DAERAH Makalah Ini Ditujukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas Mata Kuliah Pendidikan Kewarganegaraan Disusun Oleh Kelompok 3 Nama Anggota.

ARIEF NURUL PUTRA NIM. DODI RENALDY ALVIN NIM.

ERIM APRI PRATAMA NIM. Di dalam otonomi daerah di jelaskan bahwa pemerintah pusat adalah Presiden Republik Indonesia sebagaiman tertulis di dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 B.

Dasar Hukum dan Landasan Teori Otonomi Daerah 1. Dasar hokum Tidak hanya pengertian tentang otonomi daerah saja yang perlu kita bahasNamun ada dasar-dasar yang bisa menjadi landasanAda beberapa peraturan dasar.

Otonomi berasal dari 2 kata yaitu auto berarti sendirinomosberarti rumah tangga atau urusan pemerintahanOtonomi dengan demikian berarti mengurus rumah tangga sendiriDengan mendampingkan kata ekonomi dengan kata daerahmaka istilah mengurus rumah tangga sendiri mengandung makna memperoleh kekuasaan dari pusat dan mengatur atau menyelenggarakan rumah tangga pemerintahan daerah sendiri. Alhasil dari tuntutan reformasi itu lahirlah UU No22 Tahun 1999 dan sekaligus mengakhiri orde otonomi daerah model UU No5 Tahun 1974 yang sangat sentralistik Perubahan akan otonomi daerah terlihat jelas dari petimbangan UU No22 Tahun 1999 yang menyebutkan bahwa UU Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Di Daerah tidak sesuai lagi dengan prinsip penyelenggaraan Otonomi Daerah.

Alhasil dari tuntutan reformasi itu lahirlah UU No22 Tahun 1999 dan sekaligus mengakhiri orde otonomi daerah model UU No5 Tahun 1974 yang sangat sentralistik Perubahan akan otonomi daerah terlihat jelas dari petimbangan UU No22 Tahun 1999 yang menyebutkan bahwa UU Nomor 5 Tahun 1974 tentang Pokok-pokok Pemerintahan Di Daerah tidak sesuai lagi dengan prinsip penyelenggaraan Otonomi Daerah. Admin disini mencoba membagikan hasil makalah yang bisa mimin bagikan untuk kalian jika ada salah kata didalam makalah mimin mimin minta maaf sebesar-besarnya.

Dalam Sidang Tahunan MPR tahun 2000 telah pula ditetapkan Ketetapan MPR NoIVMPR2000 tentang Kebijakan dalam Penyelenggaran Otonomi Daerah yang antara lain merekomendasikan bahwa prinsip otonomi daerah itu harus dilaksanakan dengan menekankan pentingnya kemandirian dan keprakarsaan dari daerah-daerah otonom untuk menyelenggarakan otonomi daerah tanpa harus terlebih dulu menunggu petunjuk dan. Contoh Makalah Otonomi Daerah adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah yang berhubungan dengan Otonomi Daerah atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah lain yang topik pembahasan makalahnya masih berkaitan dan banyak dicari seperti contoh-contoh makalah yang berisi.

Contoh Makalah Otonomi Daerah adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai materi rujukan atau referensi dalam mengerjakan aneka macam kiprah makalah pelajaran atau mata kuliah yang berafiliasi dengan Otonomi Daerah atau mungkin anda bahwasanya sedang mencari referensi rujukan makalah lain yang topik pembahasan makalahnya masih berkaitan dan banyak dicari ibarat contoh-contoh makalah yang. Dalam Sidang Tahunan MPR tahun 2000 telah pula ditetapkan Ketetapan MPR NoIVMPR2000 tentang Kebijakan dalam Penyelenggaran Otonomi Daerah yang antara lain merekomendasikan bahwa prinsip otonomi daerah itu harus dilaksanakan dengan menekankan pentingnya kemandirian dan keprakarsaan dari daerah-daerah otonom untuk menyelenggarakan otonomi daerah tanpa harus terlebih dulu menunggu petunjuk dan.

MAKALAH PKN OTONOMI DAERAH. Diposting oleh admin di 0653 Selasa 20 November 2012.

Prinsip dan Tujuan Otonomi Daerah Otonomi daerah dan daerah otonom. Peraturan kedua yang mengatur tentang otonomi daerah di Indonesia adalah UU nomor 22 tahun 1948 yang ditetapkan dan mulai berlaku pada tanggal 15 April 1948.

Pelaksanaan Otonomi Daerah di Indonesia Sejak diberlakukannya UU No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah banyak aspek positif yang diharapkan dalam pemberlakuan Undang-Undang tersebut.

Otonomi Daerah memang dapat membawa perubahan positif di daerah dalam hal kewenangan daerah untuk mengatur diri sendiri. Contoh Makalah Otonomi Daerah adalah makalah yang mungkin anda cari sebagai bahan contoh atau referensi dalam mengerjakan berbagai tugas makalah pelajaran atau mata kuliah yang berhubungan dengan Otonomi Daerah atau mungkin anda sebenarnya sedang mencari referensi contoh makalah lain yang topik pembahasan makalahnya masih berkaitan dan banyak dicari seperti contoh-contoh makalah yang berisi.

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Indonesia merupakan negara kepualauan yang terletak di posisi strategis dengan dua lautan yang mengelilinginya. Hal ini turut mempengaruhi mekanisme pemerintahan di Indonesia dimana sulitnya koordinasi pemerintah pusan dengan pemerintah daerah.

Hal ini pula yang mendorong akan terwujudnya suatu sistem pemerintahan yang efisien dan mandiri untuk memudahkan. Sejarah otonomi daerah di Indonesia ditandai dengan lahirnya produk perundang-undangan yang menggantikan produk sebelumnya.

Periode otonomi daerah Indonesia paska UU No. 22 Tahun 1948 ditandai oleh munculnya beberapa UU tentang Pemerintahan Daerah yaitu UU Nomor 1 Tahun 1957 sebagai pengaturan tunggal pertama yang berlaku seragam untuk seluruh Indonesia UU No.

18 Tahun 1965 yang menganut. Selain berbagai dasar hukum yang mengatur tentang otonomi daerahsaya juga menulis apa saja yang menjadi tujuan pelaksana otonomi daerahyaitu otonomi daerah harus bertujuan untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat yang berada di wilayah otonomi tersebut serta meningkatkan pula sumber daya yang di miliki oleh daerah agar dapat bersain dengan daerah otonom lainnya.

Power Point PKN Otonomi Daerah 1. Pelaksanaan Otonomi Daerah Pengertian Otonomi Daerah Partisipasi Masyarakat dalam Perumusan Kebijakan Publik Tanggung Jawab dan Disiplin Masyarakat Sumber.

Buku BSE Diterbitkan oleh Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional 2. Contoh Makalah Pkn Otonomi Daerah ini membahas tentang.

Pengertian bagaimana pelaksanaan otonomi daerah di indonesia penyebab pelaksanaan otonomi daerah di indonesia menjadi tidak optimal hal yang harus di tempuh oleh pemerintah untuk mengoptimalkan pelaksanaan otonomi daerah serta pembahasan lainnya. Artikel politik dan strategi nasional dalam era otonomi daerah nama.

041014071 PENDAHULUAN Tannas pada hakikatnya adalah Kemampuan dan Ketangguhan bangsa untuk menjamin kelangsungan hidup identitas dan integritas bangsa dan negaara untuk menuju kejayaan bangsa dan Negara Kemampuan mengejar cita cita Nasional.

www.slideshare.net