Makalah Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

Makalah Kerajaan Kerajaan Islam Di Indonesia

Contoh pendahuluan makalah sejarah kerajaan islam di indonesia. BAB I PENDAHULUAN 11. Latar Belakang Sejarah merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat penting untuk dipelajari.

Termasuk dalam hal ini adalah sejarah tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Sebelumnya banyak teori yang bermunculan tentang bagaimana masuk dan berkembangannya agama Islam di Indonesia.

Teori-teori tersebut adalah Teori Gujarat Teori Makkah dan Teori. Pada masa abad XVI ini telah menjadi saksi munculnya kerajaan-kerajaan baru di medan sejarah terutama di Jawa.

Sebagian besar kerajaan-kerajaan itu lazimdisebut kerajaan Islam sedangkan beberapa daerah di pedalaman maih bersifat Hindu. Perkembangan kerajaan Islam di Maluku Sulawesi Selatan dan di daerah lain mulai juga tampak pada abad XVI.

Perkembangan Islam di Indonesia Meskipun Islam baru bisa dikatakan berkembang setelah berdirinya kerajaan Islam atau setidaknya ketika ada jalinan hubungan dagang antara saudaga rmuslim dengan pribumi namun cara kedatangan Islam dan penyebarannya di Indonesia tidak dilakukan dari saluran politik atau perdagangan semata. Setelah itu di Indonesia berdiri kerajaan- kerajaan Islam yang besar Demak Banten Cirebon Aceh Mataram Pajang Makassar dan lain-lainnya dan kemudian menjadi pusat tempat penyebaran Islam.

211 Perkembangan Islam di Sumatera Islam masuk ke Sumatera pada abad ke-7 Masehi yang pada waktu itu di Sumatera telah berdiri kerajaan Budha di. Sejarah merupakan salah satu disiplin ilmu yang sangat penting untuk dipelajari.

Termasuk dalam hal ini adalah sejarah tentang perkembangan kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. Sebelumnya banyak teori yang bermunculan tentang bagaimana masuk dan berkembangannya agama Islam di Indonesia.

Jika Anda Tertarik untuk mengcopy Makalah ini maka secara ikhlas saya mengijinkannya tapi saya berharap sobat menaruh link saya yasaya yakin Sobat orang yang baik. Selain Makalah Kerajaan Islam di Nusantara Indonesia anda dapat membaca Makalah lainnya di Aneka Ragam Makalah.

Dan Jika Anda Ingin Berbagi Makalah Anda ke blog saya silahkan. Islam masuk ke Nusantara melalui berbagai jalur dan cara.

Jika kalian sedang mencari makalah sejarah masuknya islam ke indonesia kami sajikan informasi seputar sejarah masuknya islam di indonesia dalam bentuk makalah yang bisa kalian download secara gratis. Ketika Islam datang di Indonesia berbagai agama dan kepercayaan seperti animisme dinamisme Hindu dan Budha sudah banyak dianut oleh bangsa Indonesia bahkan dibeberapa wilayah kepulauan Indonesia telah berdiri kerajaan-kerajaan yang bercorak Hindu dan Budha.

Misalnya kerajaan Kutai di Kalimantan Timur kerajaan Taruma Negara di Jawa Barat kerajaan Sriwijaya di Sumatra dan sebagainya. KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas berkat dan rahmat-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penyusunan makalah berjudul Kerajaan Sriwijaya.

Makalah ini kami susun guna memenuhi tugas sekolah untuk menambah pengetahuan tentang Kesejarahan Nusantara. Kami menyadari makalah ini masih jauh dari sempurna.

Oleh karena itu kritik dan saran membangun sangat kami. Agama Islam berkembang dengan pesat di tanah air.

Hal ini dapat dilihat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam dan peninggalan-peninggalan sejarah Islam di Indonesia. Agama dan kebudayaan Islam mewariskan banyak sekali peninggalan sejarah.

Peninggalan-peninggalan sejarah bercorak Islam antara lain masjid kaligrafi karya sastra dan tradisi. Masuknya ajaran Islam pada sekitar abad ke-12 melahirkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam yang ekspansionis seperti Samudera Pasai di Sumatera dan Demak di Jawa.

Munculnya kerajaan-kerajaan tersebut secara perlahan-lahan mengakhiri kejayaan Sriwijaya dan Majapahit sekaligus menandai akhir dari era ini. Sejarah agama Islam di Indonesia juga meninggalkan banyak macam peninggalan sejarah yang masih dirawat sampai saat ini.

Tentu kita perlu tahu apa saja peninggalan sejarah dari kerajaan Islam yaitu. Masjid Agung Demak adalah salah satu masjid paling tua yang ada di Negara Indonesia dan merupakan Peninggalan Kerajaan.

Contoh Pendahuluan Makalah Sejarah. Sejarah itu perlu dipelajari dan dipahami dan menurut istilahnya kata sejarah itu berasal dari bahasa Arab.

Sejarah yaitu syajaratun dimana arti kata tersebut adalah pohon dan pohon itu akan selalu berkembang dan bertumbuh. Sejarah Masuknya Islam Di Indonesia dipengaruhi oleh beberapa faktor.

Negara Indonesia dikenal sebagai salah satu negara dengan penganut agama islam terbesar diduniaSekitar 85 penduduk indonesia menganut agama islam. Penduduk indonesia juga dikenal ramah dan baik oleh karena itu banyak wisatawan-wisatawan yang berkunjung di Indonesia.

Dalam pelajaran sejarah di SD SMP kita pernah belajar tentang kerajaan-kerajaan Hindu-Budha yang pernah berdiri di Indonesia salah satunya adalah Kerajaan Kediri. Kerajaan Kediri adalah kerajaan besar di Jawa Timur yang berdiri pada abad ke-12 tepatnya pada tahun 1042-1222.

Kerajaan ini merupakan bagian dari Kerajaan Mataram kuno. Berikut ini adalah Kerajaan di Indonesia yang dikenal sebagai sejarah kerajaan islam di indonesia.

Kerajaan Perlak adalah Kerajaan Islam yang pertama di Indonesia yang didirikan pada tahun 840 Masehi dan berlokasi di Aceh. Raja Pertama dari Kerajaan Perlak adalah Syed Maulana Abdul Azis Syah.

Pendidikan Islam Di Indonesia -Makalah Konsep Komponen Tujuan Islam adalah agama dakwah artinya agama yang selalu mendorong pemeluknya untuk senantiasa aktif melakukan kegiatan dakwah. Kemajuan dan kemunduran umat Islam sangat berkaitan erat dengan kegiatan dakwah yang dilakukan oleh para masyarakat dalam menunjang pradaban hidup mereka karena itulah para banyak masyarakat selalu.

Masuknya ajaran Islam pada sekitar abad ke-12 melahirkan kerajaan-kerajaan bercorak Islam yang ekspansionis seperti Samudera Pasai di Sumatera dan Demak di Jawa. Munculnya kerajaan-kerajaan tersebut secara perlahan-lahan mengakhiri kejayaan Sriwijaya dan Majapahit sekaligus menandai akhir dari era ini.

BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Masalah. Perusahaan adalah setiap bentuk usaha dan menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus dan yang didirikan bekerja serta berkedudukan dalam wilayah Negara Republik Indonesia untuk tujuan memperoleh keuntungan atau laba.

www.slideshare.net