Wawasan Nusantara Pengertian Hakikat Aspek Contoh Sosiologis Com

Wawasan Nusantara Pengertian Hakikat Aspek Contoh Sosiologis Com

Contoh pengertian wawasan nusantara. Penerapan nyata wawasan nusantara ini bisa atau dapat dilakukan dengan melalui cara berpikir sikap ucapan serta lain-lain. Dibawah ini merupakan beberapa contoh implementasi wawasan nusantara di masyarakat sebagai berikut.

Menjadikan falsafah Pancasila ialah sebagai pedoman hidup bernegara serta bermasyarakat. Contoh konsep pemahaman wawasan nusantara.

Ada dua konsep dasar tentang pemahaman wawasan nusantara. Pertama disebut dengan Trigatra kedua Pancagatra.

Trigatra terdiri dari geografis demografis dan strategis. Sedangkan Pancagatra terdiri dari ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan.

Contoh Wawasan Nusantara Saat ini banyak sekali nilai-nilai sejarah bangsa Indonesia yang sudah mulai di tinggalkan karena masuknya budaya barat ke Indonesia. Dengan adanya wawasan nusantara ini diharapkan mampu menciptakan individu-individu yang cinta pada tanah airnya sendiri.

Pengertian Hakekat Latar Belakang Konsep Prinsip Elemen Implementasi Fungsi Contoh. Wawasan nusantara adalah cara memandang mas.

Contohnya Konsep Memahami Wawasan Nusantara. Ada dua konsep dasar untuk memahami wawasan nusantara.

Yang pertama disebut Trigatra yang kedua adalah Pancagatra. Trigatra terdiri dari wilayah geografis demografis dan strategis.

Sedangkan Pancagatra terdiri atas ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan. Contoh Sikap Wawasan Nusantara Sumber.

Menjadikan Pancasila sebagai acuan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Meletakkan kepentingan kelompok di atas kepentingan pribadi.

Mencapai cita-cita bangsa dengan tindakan nyata misalnya prestasi. Nah itu tadi adalah penjelasan mengenai pengertian wawasan nusantara.

Contoh implementasi wawasan nusantara di bidang politik yaitu pelaksanaan PEMILU yang menjalankan demokrasi dan keadilan. Hukum yang berlaku di Indonesia merupakan pedoman dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat dan bernegara.

Contoh wawasan nusantara dalam bidang sosial dan budaya yait sebagai berikut. Memiliki sikap saling menghargai meskipun berbeda Seperti dengan tidak bertindak menghina budaya di daerah lain atau menganggap remeh budaya lain karena pada dasarnya semuanya sama tidak ada yang lebih buruk atau tidak ada budaya yang kedudukannya paling tinggi semuanya sepadan.

Wawasan nusantara berasal dari 2 kata yakni wawasan dan nusantara. Secara harfiah kata wawasan artinya pandangan penglihatan tinjauan atau tanggap inderawi.

Sedangkan kata nusantara adalah sebuah kesatuan wilayah perairan dan gugusan pulau-pulau Indonesia yang ada di antara Samudera Pasifik dan Samudera Indonesia serta antara Benua. Guna memahami serta mengetahui implementasi wawasan nusantara di masyarakat berikut akan disebutkan beberapa contoh praktik yang dimaksudkan dalam wawasan nusantara dalam kehidupan masyarakat.

Mengikuti gotong royong sebagai bentuk peduli lingkungan dan upaya berorientasi positif dalam bermasyarakat. Contoh Wawasan Nusantara Tidak hanya implementasi pada negara seluruh rakyat Indonesia juga bisa menerapkan konsep wawasan nusantara pada kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah berpegang teguh pada pedoman bangsa yaitu Pancasila. Contoh Wawasan Nusantara Penerapan wawasan nusantara dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari setiap warga negara Contohnya adalah sebagai berikut.

Menjadikan falsafah Pancasila sebagai pedoman hidup bernegara dan bermasyarakat. Terdapat banyak pengertian tentang wawasan nusantara namun ada satu pendapat yang telah diusulkan menjadi ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat dan dibuat di Lemhanas Tahun 1999 yang menyatakan bahwa wawasan nusantara merupakan Cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai trategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa.

Demikian ulasan mengenai wawasan nusantara yang mencakup tentang pengertian asas penerapan atau implementasi latar belakang dan tujuan. Jelas sekali bahwa tujuan dengan adanya ilmu ini adalah agar bangsa Indonesia selalu kuat dan seluruh rakyat Indonesia senantiasa bersatu dalam mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.

Secara umum pengertian wawasan nusantara adalah lebih kepada cara menyikapi setiap permasalahan yang muncul dengan sikap dan cara yang diharapkan sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945. Wawasan nusantara adalah bertujuan agar setiap jiwa yang hidup di Negara ini memiliki dan tertanam benih nasionalisme yang kuat.

Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi sebagai pedoman motivasi dorongan serta rambu-rambu bangsa dalam mencapai tujuannyaSelain fungsi diatas wawasan nusantara bertujuan mewujudkan nasionalisme yang tinggi disegala aspek kehidupan rakyat Indonesia. Contoh Wawasan Nusantara Menjadikan falsafah Pancasila ialah sebagai pedoman hidup berbangsa bernegara serta bermasyarakat.

Pedoman ini menjadi kebiasaan dan pola perilaku sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai religius kekeluargaan serta menjaga persatuan sesuai dengan Pancasila. Contoh Tindakan Nyata Wawasan Nusantara.

Penerapan sebenarnya dari visi nusantara dapat dilakukan melalui pemikiran sikap ucapan dll. Berikut adalah beberapa contoh implementasi konsep wawasan nusantara dalam masyarakat.

Menjadikan falsafah Pancasila sebagai pedoman hidup berbangsa dan bermasyarakat. Hal tersebut dapat dilakukan melalui tindakan nyata sehari-hari yang mencerminkan nilai-nilai agama kekeluargaan dan pemeliharaan persatuan sesuai Pancasila.

Pengertian Wawasan Nusantara Kata wawasan berasal dari kata wawas bahasa Jawa yang berarti melihat atau memandang. Jika ditambah dengan akhiran an maka secara harfiah berarti cara penglihatan cara.

Pengertian Fungsi dan Tujuan Wawasan Nusantara bagi Indonesia. -fungsi-dan-tujuan-wawasan-nusantara-bagi-indonesia Accessed 11 Jan.

Tujuan Wawasan Nusantara Manfaat dan Fungsinya Bagi Bangsa Indonesia. Esia-201021zhtml Accessed 11 Jan.

sosiologis.com