Makalah Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Makalah Pancasila Sebagai Sistem Filsafat

Contoh penutup makalah pancasila sebagai sistem filsafat. Makalah tentang PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT. BAB III PENUTUP.

Pancasila sebagai dasar filsafat negara Indonesia pada hakikatnya adalah sebagaimana nilai-nilainya yang bersifat fundamental menjadi suatu sumber dari segala sumber hukum dalam negara Indonesia menjadi wadah yang fleksibel bagi faham-faham positif untuk. MAKALAH PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT MATA KULIAH.

PANCASILA DOSEN PENGAMPU Muhammad Junaedi SSosMSi Oleh. Bayu Ageng Rahmadani 192010300121 2.

Akhmad Zamrudi A 192010300120 3. Laura Tri Dharma 192010300107 4.

Dalam makalah ini penulis berkeinginan memberikan saran kepada pembaca agar ikut peduli dalam mengetahui sejauh mana kita mempelajari tentang filsafat filsafat pancasila dan pancasila sebagai sistem filsafat. Semoga dengan makalah ini para pembaca dapat menambah cakrawala ilmu pengetahuan.

Pancasila sebagai sistem filsafat yaitu suatu konsep tentang dasar negara yang terdiri dari lima sila sebagai unsur yang mempunyai fungsi masing-masing dan satu tujuan yang sama untuk mengatur dan menyelenggarakan kehidupan. Makalah pancasila sebagai sistem filsafat Reviewed by Faikatushalihat on July 10 2020.

CONTOH MAKALAH FILSAFAT PANCASILA BAB I. PENDAHULUAN 11 Latar Belakang.

Sebagai dasar negara Pancasila kembali diuji ketahanannya dalam era reformasi sekarangMerekahnya matahari bulan Juni 1945 66 tahun yang lalu disambut dengan lahirnya sebuah konsepsi kenengaraan yang sangat bersejarah bagi bangsa Indonesia yaitu lahirnya Pancasila. Definisi pancasila sebagai sistem filsafat adalah suatu satu kesatuan yang saling berhubungan untuk satu tujuan tertentu dan saling berkualifikasi yang tidak terpisahkan satu dengan yang lainnya.

Jadi pancasila pada dasarnya satu bagian atau unit-unit yang berkaitan satu sama lain dan memiliki fungsi serta tugas masing-masing. Pancasila sebagai sistem filsafat memberi arah agar kesejahteraan dan kemakmuran bertolak dari keyakinan manusia yang percaya kepada kebesaran Tuhan kesejahteraan yang berlandaskan paham kemanusiaan kesejahteraan yang memihak pada kesatuan dan persatuan serta kebersamaan sebagai suatu kesatuan bangsa yang utuh dan bulat.

Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Oleh dosenpendidikan Diposting pada 07092020 Filsafat Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pengertian Hakekat Dan Ciri Menurut wikipedia Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar. Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia.

Untuk mendapatkan pengertian yang mendalam dan berangkat dari sila-sila tersebut kita cari intinya hakekat dari inti dan selanjutnya pokok-pokok yang terkandung di dalamnya. Filsafat Pancasila dapat didefinisikan secara ringkas sebagai refleksi kritis dan rasional tentang Pancasila dalam bangunan bangsa dan negara Indonesia.

Untuk mendapatkan pengertian yang mendalam dan berangkat dari sila-sila tersebut kita cari intinya hakekat dari inti dan selanjutnya pokok-pokok yang terkandung di dalamnya. Anjuran Pancasila adalah suatu sistem filsafat semua kelima sila adalah tersusun dalam suatu perumusan fikiran filsafat yang harmonis.

Pancasila Sebagai Ideologi atau Filsafat Negara Republik Indonesia Pengertian Ideologi -Ideologi berasal dari kata yunani yaitu iden yang berarti melihat atau idea yang berarti raut muka perawakan gagasan. Dengan demikian Pancasila sebagai sistem filsafat memiliki ciri khas yang berbeda dengan sistem-sistem filsafat lainnya seperti materialisme idealisme rasionalisme liberalisme komunisme dan sebagainya.

Perlu dijabarkan ke dalam nilai instrumental. Contoh nilai instrumental tersebut adalah UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan.

Dari contoh-contoh filsafat Pancasila di atas kini kita bisa mengetahui apa saja yang bisa kita amalkan sebagai pengamalan dari sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian kita telah menjunjung tinggi nilai kebangsaan negara Indonesia dan menjaga identitas negara kita.

33 Ditulis Oleh. Silferius Hulu - 07 Mei 2020 PANCASILA SEBAGAI SISTEM FILSAFAT Penulis.

Pengantar Pancasila mengandung nilai-nilai filosofis. Pancasila sebagai sistem filsafat bertitik tolak dari teori-teori filsafat.

Pancasila dikembangkan oleh para pendiri negara. Soekarno Notonagoro Soerjanto Poespowardoyo Sastrapratedja dan para pemikir lainnya.

Pancasila sebagai sistem filsafat bergerak dinamis mengikuti masyarakat dimana kehidupan bermasyarakat selalu memiliki tantangan baik dari dalam atau dari luar suatu negara. Pancasila dikatakan sebagai filsafat karena Pancasila merupakan perenunganjiwa yang dituangkan dalam suatu sistem dan sistem tersebut merupakan pancaran dari semua sila Pancasila.

Dengan begitu nilai-nilai seperti jiwa keagamaan jiwa kebangsaan jiwa kerakyatan dan jiwa yang menjunjung tinggi keadilan sosial terkandung di dalam sila pancasila. Pancasila Sebagai Sistem Filsafat Pengertian Hakekat Dan Ciri Menurut wikipedia Filsafat adalah studi tentang seluruh fenomena kehidupan dan pemikiran manusia secara kritis dan dijabarkan dalam konsep mendasar.

Manusia sepanjang hayat selalu mengidamkan kebijaksanaan kebaikan kebenaran keindahan dan sebagainya. Mengetahui apa itu Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 2.

Mengetahui konsep dan urgensi Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 3. Mengetahui alasan diperlukannya kajian Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 4.

Mengetahui sumber historis sosiologis politis tentang Pancasila Sebagai Sistem Filsafat 5. Filsafat Pancasila adalah penggunaan nilai Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bernegara.

Pada prinsipnya Pancasila sebagai filsafat ialah perluasan keunggulan dari awal sebagai dasar dan ideologi yang telah merambah ke dalam Produk filsafat filsafah. Pancasila sebagai Sistem Filsafat adalah kesatuan dari berbagai unsur yang memiliki fungsi tersendiri tujuan yang sama saling keterikatan dan ketergantungan.

Filsafat adalah upaya manusia mencari kebijaksanaan hidup dalam membangun peradaban manusia. Pancasila adalah ideologi dasar dalam kehidupan bernegara Indonesia.

www.slideshare.net