Fungsi Catatan Kaki

Fungsi Catatan Kaki

Fungsi dari kutipan daftar pustaka dan catatan kaki. KUTIPAN Pengertian Kutipan adalah gagasan ide pendapat yang diambil dari berbagai sumber. Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip.

Gagasan itu bisa diambil dari kamus ensiklopedi artikel laporan buku majalah internet dan lain sebagainya. Penulisan sumber kutipan ada yang menggunakan pola Harvard ada pula yang menggunakan pola konvensional atau catatan kaki footnote.

Mempelajari beberapa contoh penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dari sumber yang berbeda. Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tata cara penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dengan baik dan benar serta penerapannya sebagai penunjang pembelajaran dan penulisan skripsi dan artikel yang akan datang.

Adapun fungsi dari dibuatnya catatan kaki adalah sebagai berikut. Memberikan keterangan dan penjelasan tentang sumber dari kutipan penyusunan daftar bacaan pada karya ilmiah supaya dapat dimengerti oleh pembaca.

Menunjukan referensi lain supaya pembaca karya ilmiah dapat mengetahui ulasan yang lebih jelas mengenai istilah yang digunakan. Berikut ini beberapa fungsi dari catatan kaki yang diantaranya seperti.

Catatan kaki berfungsi untuk memberikan keterangan dan penjelasan tentang sumber dari kutipan penyusunan daftar bacaan pada karya ilmiah supaya dapat dimengerti oleh pembaca. Berikut adalah fungsi catatan kaki antara lain yakni.

Untuk memberi keterangan serta penjelasan terkait sumber dari sebuah kutipan penyusunan karya ilmiah agar bisa dimengerti oleh pembacanya. Untuk menghargai sumber dari kutipan yang telah dikutip agar pembaca karya ilmiah tahu tentang sumber kutipan yang dipakai.

Penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka yang baik dan benar sesuai dengan kaidah bahasa indonesia harus diketahui terlebih dahulu sebelum melakukan penulisan karangan ilmiah. Sebagian besar orang belum memahami dan mempelajari tentang kutipan catatan kaki dan daftar pustaka bahkan mengabaikan tata cara penulisannya karena dianggap.

Daftar pustaka ialah merupakan suatu halaman yang dapat dibilang ialah suatu halaman yang wajib ketika membuat buku atau karya tulis kebanyakan seluruh karya tulis itu selalu mencatumkan daftar pustakanya diakhir karangannya hal tersebut dibuat agar mempermudah sipembacanya yang menginginkan meninjau lebih jauh lagi tentang apa yang sudah ditulis selain itu bisa juga. Mempelajari beberapa contoh penulisan kutipan catatan kaki dan Daftar Pustaka dari 3 buku yang berbeda.

Agar mahasiswa dapat mengetahui dan memahami tata cara penulisan kutipan catatan kaki dan daftar pustaka dengan baik dan benar guna sebagai penunjang pembelajaran. Lepas dari persoalan hubungan antara kutipan dan catatan yang dinyatakan secara formal dengan tanda-tanda itu kita akan bertanya apa sebenarnya tujuan sebuah catatan kaki.

Tujuan catatan kaki di sini tentu tidak akan terlepas dari kaitannya dengan isi Teks yang akan di beri penjelasan itu. Fungsi Daftar Pustaka.

Fungsi sebuah Daftar pustaka hendaknya secara tegas dibedakan dari fungsi sebuah catatan kaki. Referensi pada catatan kaki dipergunakan untuk menunjuk kepada sumber dan pernyataan atau ucapan yang dipergunakan dalam teks.

Sebab itu referensi itu harus menunjuk dengan tepat tempat. Kutipan Kutipan adalah pendapat yang diambil dari berbagai sumber.

Proses pengambilan gagasan itu disebut mengutip. Gagasan itu bisa diambil dari kamus ensiklopedi artikel laporan buku majalah internet dan lain sebagainya.

Tujuan Dalam tulisan ilmiah baik berupa artikel karya tulis skripsi tesis dan disertasi selalu terdapat kutipan. Cara Penulisan Catatan Kaki.

Jika ditulis secara berurutan maka sebagai berikut. Nama gelar dan tidak dibalik koma judul sumber buku dengan huruf kapital di awal setiap kata kecuali kata penugasan koma volume juz koma kurung buka kemudian tempat tempat dari Penerbit titik dua nama penerbit koma tahun publikasi kemudian dalam tanda kurung koma nomor cetak koma dan nomor.

Fungsi sebuah Daftar Pustaka hendaknya secara tegas dibedakan dari fungsi sebuah catatan kaki. Referensi pada catatan kaki dipergunakan untuk menunjuk kepada sumber dan pernyataan atau ucapan yang dipergunakan dalam teks.

Sebab itu referensi itu harus menunjuk dengan tepat tempat. Dimana pembaca dapat menemukan pernyataan atau ucapan itu.

Catatan kaki biasa digunakan untuk memberikan keterangan dan komentar menjelaskan sumber kutipan atau sebagai pedoman penyusunan daftar bacaanbibliografi. Besar font catakan kaki adalah lebih kecil dari teks utama yakni biasanya dengan besar font 10 dengan asumsi ukuran teks utama 12.

Pengertian Kutipan Menurut Para Ahli. Kutipan adalah bagian dari pernyataan pendapat buah pikiran definisi rumusan atau hasil penelitian dari penulis lain atau penulis sendiri yang telah terdokumentasi.

Kutipan dilakukan apabila penulis sudah memperoleh sebuah kerangka berpikir yang mantap. Jika belum hasilnya akan merupakan karya suntingan yaitu suSUN dab gunTING.

Dari penjelasan singkat diatas tentang Daftar Pustaka mungkin kalian sedikit banyaknya sudah memahami apa itu yang dimaksud dengan Daftar Pustaka. Sebelum saya melanjutkan sesuai dengan tema yang kita bahas hari ini yaitu berupa contoh Daftar Pustaka yang baik dan benar.

Dalam kutipan tidak langsung kita hanya mengambil intisari pendapat yang kita kutipKutipan tidak langsung ditulis menyatu dengan teks yang kita buat dan tidak usah diapit tanda petikPenyebutan sumber dapat dengan sistem catatan kakidapat juga dengan sistem catatan langsung catatan perut seperti telah dicontohkan. Dari uraian tersebut maka telah dijelaskan mengenai pentingnya sebuah karya ilmiah memiliki unsur penegas atau penguat gagasan atau ide yang disampaikan di mana penulisan kutipan rujukan catatan kaki maupun daftar pustaka tersebut tidaklah hanya sekadar dicantumkan melainkan harus mengikuti aturan yang berlaku.

Sedikit berbeda dengan cara membuat daftar pustaka dalam penulisan catatan kaki footnote ada beberapa syarat yang harus diperhatikan khususnya ketika melakukan penulisan dari kutipan yang diambil. Beberapa ketentuan yang perlu diperhatikan dalam membuat catatan kaki footnote antara lain adalah sebagai berikut.

Daftar pustaka dan footnote atau catatan kaki pada dasarnya adalah dua hal yang hampir serupa namun berbeda. Jadi kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara daftar pustaka dan catatan kaki.

Daftar pustaka adalah kumpulan daftar list referensi Artikel buku dan sumber ilmiah lainnya yang digunakan dalam penyusunan sebuah karangan.

id.scribd.com