Contoh Soal Dan Jawaban Rekonsiliasi Fiskal

Contoh Soal Dan Jawaban Rekonsiliasi Fiskal

Jelaskan laporan rekonsiliasi fiskal. Menyesuaikan atau mengoreksi fiskal dengan melakukan koreksi fiskal positif dan negatif. Menyusun laporan keuangan secara fiskal sebagai lampiran SPT tahunan pajak penghasilan.

Terdapat 2 jenis koreksi fiskal berdasarkan perbedaannya secara komersial dan fiskal yaitu. Laporan keuangan fiskal adalah laporan keuangan yang disusun sesuai peraturan perpajakan dan digunakan untuk keperluan penghitungan pajak.

Rekonsiliasi fiskal dilakukan oleh Wajib Pajak karena terdapat perbedaan penghitungan khususnya laba menurut akuntansi komersial dengan laba menurut perpajakan fiskal. Setelah dibuat laporan rekonsiliasi fiskal kita mendapatkan laba fiskal sebesar Rp 1077211000.

Dari laba ini kita dapat menghitung besarnya pajak terutang sebagai berikut. Karena peredaran bruto tahun 2010 kurang atau tidak melebihi Rp 480000000000 maka dikenakan tarif sebesar 50 dari tarif Pajak Penghasilan badan yang berlaku.

Penyusunan laporan keuangan suatu perusahaan tentu harus disesuaikan dengan peraturan fiskal yang berlaku apalagi ketika laporan keuangan tersebut dijadikan dasar untuk membuat SPT PPh yang akan dilaporkan ke kantor pajak. Rekonsiliasi fiskal ini sendiri dilakukan dengan cara seluruh unsur penyusunan laporan laba rugi yang meliputi pendapatan dan juga beban.

Tujuan Mempelajari Rekonsiliasi Fiskal Mengetahui secara jelas dan lengkap tentang dasar hukum dari pajak dan standar akuntansi keuangan. Rekonsiliasi fiskal merupakan sebuah proses penyesuaian atas keuntungan komersial atau laba komersial yang berbeda dengan ketentuan fiskal dalam menghasilkan penghasilan neto atau laba yang sesuai dengan ketentuan pajak yang sudah di atur.

Laporan keuangan fiskal sendiri disusun dengan menggunakan ketentuan-ketentuan pajak dalam laporan keuangan bisnis. Pengertian Rekonsiliasi Fiskal Perusahaan tersebut disesuaikan dalam peraturan pajak yang telah berlaku terutama jika akun tahunan digunakan sebagai dasar sebagai melaporkan pengembalian pajak yang dilaporkan ke kantor pajak.

Dokumen tersebut dalam bentuk lampiran pada formulir pajak perusahaan tahunan terhadap bentuk kertas kerja yang berisi penyesuaian antara laba atau rugi sebelum. Laporan keuangan komersial ditujukan untuk menilai kinerja ekonomi dan keadaan finansial dari sektor swasta sedangkan laporan keuangan fiskal lebih ditujukan untuk menghitung pajak.

Maka dari itu perlu dilakukan rekonsiliasi fiskal oleh wajib pajak WP karena terdapat perbedaan perhitungan antara laba menurut komersial atau akuntansi dengan. Laporan keuangan fiskal adalah laporan keuangan yang disusun sesuai peraturan perpajakan dan digunakan untuk keperluan penghitungan pajak.

Rekonsiliasi fiskal dilakukan oleh Wajib Pajak karena terdapat perbedaan penghitungan khususnya laba menurut akuntansi komersial dengan laba menurut perpajakan fiskal. Rekonsiliasi fiskal ialah proses penyesuaian atas laba komersial yang berbeda dengan ketentuan fiskal untuk menghasilkan penghasilan netolaba yang sesuai dengan ketentuan pajak.

Laporan keuangan fiskal disusun dengan menggunakan ketentuan-ketentuan pajak dalam laporang keuangan bisnis. Rekonsiliasi fiksal perlu dilakukan agar data laporan keuangan komersial yang dimasukkan ke dalam SPT tahunan PPh telah disesuaikan dengan ketentuan fiskal.

Sehingga rekonsialiasi fiskal yang dilakukan bisa menghasilkan output yang merupakan hasil koreksi yang mempengaruhi besarnya laba kena pajak dan PPh terutang. Fiskal adalah kebijakan yang dibuat oleh pemerintah untuk mengarahkan perekonomian suatu negara.

Berikut penjelasan lengkap mengenai fiskal. Rekonsiliasi dan Rekapitulasi Kirim Faktur Notifikasi Email Delivery Validasi NPWP - Alokasi NSFP - Laporan Audit.

CONTOH SOAL DAN JAWABAN REKONSILIASI FISKAL KASUS 1 PT. RAFI bergerak dalam bisnis perdagangan Kain Batik yang merupakan Wajib Pajak Badan yang berdomisili di Pekalongan.

Data laporan keuangan tahun 2009 adalah sebagai berikut dalam ribuan rupiah. Penjulan 125000 termasuk penjualan kepada instansi 0 pemerintah sebesar Rp.

Laporan keuangan komersial dirancang untuk menilai kinerja ekonomi dan situasi keuangan swasta sedangkan laporan keuangan fiskal lebih difokuskan pada perhitungan pajak. Oleh karena itu rekonsiliasi keuangan dapat diartikan sebagai upaya untuk mencocokkan perbedaan yang terdapat dalam laporan keuangan komersial dengan perbedaan yang terdapat.

Rekonsiliasi fiskal adalah salah satu langkah wajib pajak WP untuk mencocokan jika ada hal yang berbeda antara laporan keuangan komersial yang penyusunannya didasarkan atas sistem keuangan akuntansi SAK dan laporan keuangan yang penyusunannya didasarkan atas sistem fiskal. Peserta didik mengamati dengan membaca Meteri tentang Rekonsiliasi Fiskal Literasi.

Guru menayangkan mengenai materi inti tentang rekonsiliasi fiskal yaitu mengenai penyebab perbedaan laporan keuangan komersial dengan laporan keuangan fiskal cara melakukan rekonsiliasi fiskal serta teknik rekonsiliasi fiskal. Rekonsiliasi laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal Ikhtisar kewajiban pajak Jika kita bandingkan antara laporan keuangan komersial dan laporan keuangan fiskal maka dapat kita ketahui beberapa hal terkait dengan perbedaannya yaitu.

LAPORAN KEUANGAN FISKAL Laporan keuangan fiskal adalah laporan keuangan yang disusun sesuai peraturan perpajakan dan digunakan untuk kepentingan penghitungan pajak. UU pajak tidak mengatur secara khusus bentuk dari laporan keuangan hanya memberikan pembatasan untuk hal-hal tertentu baik dalam pengakuan penghasilan maupun biaya.

Contoh 1 Laporan Keuangan Komersil dan Laporan Keuangan Fiskal. Sebelum menyusun kesesuaian kedua laporan tersebut kita harus melakukan penyesuaian dahulu.

Penyesuaian tersebut terbagi menjadi 2 dua yaitu Penyesuaian Fiskal Positif dan Penyesuaian Fiskal Negatif. Rekonsiliasi fiskal atas laporan keuangan komersial terhadap pajak penghasilan badan suatu perusahaan perlu dilakukan hal ini penting karena survey lapang menunjukkan adanya fenomena yang serjadi.

news.ddtc.co.id

Related Image with Jelaskan Laporan Rekonsiliasi Fiskal