Makalah Agama Dan Manusia

Makalah Agama Dan Manusia

Kesimpulan agama dan manusia. Manusia akan ditanya apakah dalam menjalankan amanat yang dipercayakan kepadanya itu ia mengikuti dan mematuhi pola dan garis-garis besra kebijaksanaan yang diberika kepadanya melalui para nabi dan rosul yang termuat dalam ajaran agama. MANUSIA MENURUT AGAMA ISLAM Manusia adalah makhluk yang sanagat menarik.

1 PENDAHULUAN 11 Latar Belakang Masalah manusia dan agama tidak pernah lepas dari perkara dunia Agama diciptakan pula karena ada manusia sedangkan manusia sangat membutuhkan agama sebagai tuntunannya oleh sebab itu keduanya memilikipengaruh besar dalam pembinaan generasi yang akan datang. Wardoyo Agama dan Manusia 89 pada masing-masing individu tapi mempunyai unsur yan g sama yang tidak dapat di tinggalkan di dalam mencapai kehidupan itu yakni.

Manusia dan Agama merupakan masalah yang sangat penting karena mempunyai pengaruh besar dalam pembinaan generasi yang akan datang yang tetap beriman kepada Allah dan tetap berpegang pada nila-nilai spiritual yang sesuai dengan agama-agama samawi agama yang datang dari langit atau agama wahyu. Manusia Agama dan Islam merupakan masalah yang sangat penting karena ketiganya mempunyai pengaruh besar dalam pembinaan generasi yang akan datang yang tetap beriman kepada Allah dan tetap berpegang pada nila-nilai spiritual yang sesuai dengan agama- agama samawi agama yang datang dari langit atau agama wahyu.

Agama merupakan suatu sistem sosial yang dipraktekkan masyarakat. Sistem sosial yang dibuat manusia pendiri atau pengajar utama agama untuk berbhakti dan menyembah Ilahi.

Sistem sosial tersebut dipercayai merupakan perintah hukum kata-kata yang langsung datang dari Ilahi agar manusia mentaatinya. Manusia dan Agama merupakan masalah yang sangat penting karena keduanya mempunyai pengaruh besar dalam pembinaan generasi yang akan datang yang tetap beriman kepada Allah dan tetap berpegang pada nila-nilai spiritual yang sesuai dengan agama-agama samawi agama yang datang dari langit ataua gama wahyu.

Dan bukan hanya pengetahuan akan satu agama melainkan tiga agama yang berbeda-beda dan kesimpulan yang paling mendasar adalah bahwa agama senantiasa diperlukan dan akan selalu hadir dikehidupan manusia ini dan semua agama mengajarkan hal yang baik terhadap umatnya. Demikian pentingnya agama dalam kehidupan manusia sehingga diakui atau tidak sesungguhnya manusia sangatlah membutuhkan agama.

Dan sangatlah dibutuhkannya agama oleh manusia tidak saja di masa primitif dulu sewaktu ilmu pengetahuan belum berkembang tetapi juga di zaman modern sekarang sewaktu ilmu dan teknologi telah sedemikian maju. 22 Menanyakan Alasan Mengapa Manusia Harus Beragama dan Bagaimana Agama Dapat Membahagiakan Umat Manusia.

Kunci beragama berada pada fitrah manusia. Fitrah itu sesuatu yang melekat dalamdiri manusia dan telah menjadi karakter tabiat manusiaKata fitrahsecara kebahasaan memang asal maknanya adalah suci.

Pengertian Manusia Dalam menjelaskan tentang siapa manusia terdapat beberapa pandangan atau aliran sebagai berikut. Aliran Materialisme Aliran ini memandang manusia sebagai kumpulan dari organ tubuh zat kimia dan unsur biologis yang semuanya itu terdiri dari zat dan materi.

Manusia berasal dari materi makan minum memenuhi kebutuhan fisik-biologis dan seksual dari materi dan bila mati. Hubungan Manusia dan Agama dari Sudut Pandang Filsafat.

Hubungan antara manusia dan agama merupakan suatu fenomena yang ada di dalam masyarakat yang di mana manusia dan agama adalah suatu hal yang tak terpisahkan baik itu secara jasmani dan rohani disini kiata akan mengualas tenaang hubungan atau korelasi antara manusia dan agama yang akan saya paparkan sejara mendalam di tinjau dari segi. Agama memiliki nilai-nilai bagi kehidupan manusia sebagai orang per orang atau dalam hubungannya dengan bermasyarakat.

Selain itu agama juga memberi dampak bagi kehidupan sehari-hari. Dengan demikian secara psikologis agama dapat berfungsi sebagai motif intrinsik dalam diri yang berguna diantaranya untuk terapi mental dan motif ekstrinsik.

Dan fitrah ini hingga dapat membedakan antara manusia dan hewan. Membandin gkan maupun membuat kesimpulan dan.

Agama iman dan tauhid. Manusia menjadi baik atau buruknya adalah akibat.

Jika kita mengkaji hipotesis tresebut tentunya sangat bertolak belakang dengan ajaran agama kita. Namun hipotesis Darwin ini juga tidak mutlak salah karena manusia dan binatang tidak berbedajika ditinjau dari fungsi tubuh dan pisiologisnya.

Misalnya jika dikaji dari hidup lakunya keduanya mempunyai cirri hidup yaitu melakukan garak bernafas makan reproduksi dll. Agama Memupuk Perpaduan KESIMPULAN Usaha mewujudkan perpaduan kaum perlu.

Agama Memupuk Perpaduan. Manusia yang tidak mempercayai adanya tuhan dan menolak semua kepercayaan beragama pula dipanggil ateisme.

Jelasnya rakyat Malaysia perlulah sama-sama menjayakan Gagasan 1 Malaysia tanpa perbezaan agama dan kaum. Menurut agama Islam itu sendiri manusia adalah makhluk ciptaan Allah yang paling mulia diantara makhluk ciptaan-Nyayang lainyang dipercaya untuk menjadi khalifah dimukabumi.

DalamAl-quranada tiga kata yang digunakan untuk menunjukan kepada manusiaKata yang digunakan adalah basyar insane atau nas dan bani Adam. Kata basyar diambil dari kata yang berarti penampakan sesuatu dengan baik.

Manusia dan alam. Suatu Tinjauan fungsional Dalam sistem kosmos manusia dan alam semesta merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan.

Karena memiliki keunggulan dalam sistem kesadaran maka alam semesta menjadi sebuah objek yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Pranata agama sangat penting dalam kehidupan kita.

Kita harus memahami semau peran dan fungsi pranata agama. Maka dari itu kita dapat mengetahuinya di pembahasan makalah ini.

Jika kita tidak dipedomani oleh pranata social maka kita tidak bisa bertingkah laku seperti manusia melainkan binatang. Tujuan Memenuhi salah satu tugas matakuliah Pendidikan Agama Kristen Protestan Menambah pengetahuan bagaimana manusia sebagai penjaga ciptaan Allah C.

Manfaat Menambah wawasan mengenai bagaimana Manusia sebagai penjaga ciptaan Allah. Mengembangkan sikap kasih kepada Tuhan sebagai pencipta penyelamat pemeliharaan dan pembaharuan ciptaannya.

www.slideshare.net