Makalah Filsafat Manusia

Makalah Filsafat Manusia

Kesimpulan dari filsafat manusia. Dalam merumuskan konsep tentang hakikat manusia filsafat manusia kedua tokoh sama-sama mendapatkan inspirasi dari al-Quran. Al-Quran merupakan landasan utama keduanya dalam konsep tersebut sehingga dalam membahas tentang manusia keduanya juga menyertakan ayat-ayat yang kemudian dijabarkan.

Oleh sebab itu ketimbang hanya berkisar tentang salah satu dari aspek tertentu saja dari manusia Filsafat Manusia justru berkenaan dengan totalitas dan keragaman aspek yang terdapat 6 Zainal Abidin Filsafat Manusia. Memahami Manusia Melalui Filsafat Bandung PTRemaja Rosdakarya 2009 Hal.

5 -6 pada manusia secara universal. Page 7 JONS MANEDI SPd -14208055 Tugas Individu 1 - Pentingnya Filsafat Bagi Manusia 201 5 Dari penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan pentingnya filsafat bagi manusia untuk menjaga stabilitas keilmuan yang sudah ada dengan terus dimodifikasi dengan penelitian ilmiah mencari hakekat kebenaran dari ilmu dan menciptakan ilmu pengetahuan.

Terutama pandangan yang mencoba mendekati manusia dari pihak lain serta kalau dapat dari keseluruhan pribadinya. Jadi penggolongan filsafat manusia dalam rasionalisme-irrasionalisme bukanlah penggolongn yang lain sekali dari penggolongan idealisme-materialisme pandangan ini hanyalah pandangan dari sudut lain.

Filsafat manusia adalah cabang filsafat yang hendak secara khusus merefleksikan hakekat atau esensi dari manusia. Filsafat manusia sering juga disebut sebagai antropologi filosofis.

Filsafat manusia memiliki kedudukan yang setara dengan cabang-cabang filsafat lainnya seperti etika epistimologi kosmologi dan lain-lain. Namun yang jelas keinginan manusia untuk mencari dan menemukan kebenaran tidak pernah berhenti.

Terus berlangsung sepanjang sejarahnyaDari kutipan panjang ini dapat kita ambil kesimpulan. Pertama filsafat itu menjelaskan bahwa filsafat berkembang dari munculnya kesadaran manusia terhadap potensi dirinya.

Berikut pandangan filsafat terhadap manusia dari beberapa sudut pandang yakni dari. Teori descendensi Teori ini meletakkan manusia sejajar dengan hewan berdasarkan sebab mekanis.

Artinya manusia tidaklah jauh berbeda dengan hewan dimana manusia termasuk hewan yang berfikir melakukan segala aktivitas hidupnya manusia juga tidak beda. Ahli dari luar negeri ini menyebutkan bahwa Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia.

Menurut teori Woodhou Filsafat ilmu adalah merupakan studi tentang metode asumsi dan batas-batas ilmu pengetahuan. Jika seseorang ingin menunjukkan betapa dalam dan dalam-dalamnya kebutuhan manusia yang benar-benar biadab mencari kepuasan bahkan dalam penjinakan dan peradaban -nya orang akan melihat leitmotif dari seluruh perkembangan filsafat.

- semacam balas dendam pada pihak manusia Realitas penaklukan yang berbahaya dari nilai di mana manusia hidup jiwa yang tidak terpenuhi yang merasakan. Filsafat telah membebaskan manusia dari kekurangan dan kemiskinan pengetahuan yang menyebabkan manusia menjadi picik dan dangkal.

Filsafat membebaskan manusia dari cara berpikir berpikir yang tidak teratur dan tidak jernih cara berpikir yang tidak kritis yang membuat manusia mudah menerima berbagai kebenaran semua yang menyesatkan. Makalah Pengertian Filsafat 1.

8 BAB II PEMBAHASAN A. PENGERTIAN FILSAFAT ILMU DAN FILSAFAT ILMU 1.

Filsafat Hakekat manusia adalah berpikir setiap saat dari hidupnya sejak lahir sampai ke liang lahat. Kecenderungan atau dorongan dari dalam diri manusia yaitu rasa ingin tahu itu sendiri.

Sebuah kodrat manusia tentang kehidupan manusia. Inilah ruh dasar makna inherenitas filsafat bagi manusia.

Adakah manusia yang tidak ingin tahu. Mungkin ada tetapi jika ini terjadi maka dapat diprediksikan manusia yang demikian tidak akan dinamis.

Menurut The Liang Gie 1999 filsafat ilmu adalah segenap pemikiran reflektif terhadap persoalan-persoalan mengenai segala hal yang menyangkut landasan ilmu maupun hubungan ilmu dengan segala segi dari kehidupan manusia. Filsafat ilmu merupakan suatu bidang pengetahuan campuran yang eksistensi dan pemekarannya bergantung pada hubungan timbal.

Kegiatan berpikir manusia pada dasarnya merupakan serangkaian gerak pemikiran tertentu yang akhirnya sampai pada sebuah kesimpulan yang berupa pengetahuan knowledge. Manusia dalam berpikir mempergunakan lambang yang merupakan abstraksi dari obyek.

Lambang-lambang yang dimaksud adalah Bahasa dan Matematika. KESIMPULAN Setelah memperhatikan isi dalam pembahasan di atas maka dapat kami tarik kesimpulan sebagai berikut.

Filsafat Pancasila adalah hasil berpikirpemikiran yang sedalam-dalamnya dari bangsa Indonesia yang dianggap dipercaya dan diyakini sebagai sesuatu kenyataan norma-norma nilai-nilai yang paling benar paling adil paling bijaksana paling baik dan paling sesuai bagi bangsa Indonesia. Kata filsafat berasal dari bahasa Yunani yaitu philosophia yang berarti cinta pengetahuanPhilosophia terdiri dari dua kata yaitu philos dan sophiaPhilos berarti cinta senang suka.

Sedangkan sophia berarti pengetahuan hikmah dan kebijaksanaan. Pengertian filsafat adalah kegiatan berpikir secara lebih mendalam terkait dengan pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul dalam kehidupan.

Menurut pemahaman yang saya dapat dari penjelasan kelompok 1 tentang pengertian dan tujuan filsafat ilmu. Yaitu suatu bidang pengetahuan campuran yang eksistensi dan pemekarannya bergantung pada hubungan timbal balik dan saling berpengaruh antara filsafat dan ilmu merupakan pengertian dari gabungan filsafat ilmu.

Dan Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dari suatu saripati berasal dari tanah. Mencapai tujuannya sangat bergantung pada sejauh mana kemampuan umat Islam menterjemahkan dan merealisasikan konsep filsafat penciptaan manusia dan fungsi penciptaanya dalam alam semesta ini.

Filsafat ratunya ilmu-ilmu yang muncul tidak terlepas dari konteks kultural masyarakat dimana ia berkembang. Kritis adalah kata kunci yang dipegang semua filosof sepanjang zaman.

Bertrand Russel mendefinisikan filsafat sebagai daerah tak bertuan antara teologi dan ilmu pengetahuan yang berisi spekulasi terhadap. Dalam kehidupan manusia belajar filsafat itu sangat penting dan memiliki juga manfaat yang lainya yaitu.

Dengan filsafat semakin kritis dalam sikap ilmiahnya dan berpikir kritis terhadap berbagai masalah. Harus bersikap logis-rasioanal dalam opini dab argumentasi.

www.slideshare.net