Makalah Negara Dan Konstitusi

Makalah Negara Dan Konstitusi

Kesimpulan dari negara dan konstitusi. Setelah suatu Negara terbentuk maka Negara tersebut berhak membentuk undang-undang atau konstitusiKonstitusi di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia konstitusi telah ada yang berfungsi mengatur kehidupan bermasyarakat yang disebut dengan adat istiadat yang ada karena kesepakatan dari suatu masyarakat yang terlahir dan dipakai sebagai pengatur kehidupan. Dari beberapa pendapat para ahli tersebut dapat disimpulkan bahwa ada dua pengertian konstitusi yaitu Dalam arti luas merupakan suatu keseluruhan aturan dan ketentuan dasar hukum dasar yang meliputi hukum dasar tertulis dan hukum dasar tidak tertulis yang mengatur mengenai suatu pemerintahan yang diselenggarakan di dalam suatu negara.

Negara dan konstitusi adalah dwitunggal. Jika diibaratkan bangunan negara sebagai pilar-pilar atau tembok tidak bisa berdiri kokoh tanpa pondasi yang kuat yaitu konstitusi Indonesia.

Hampir setiap negara mempunyai konstitusi terlepas dari apakah konstitusi tersebut telah dilaksanakan dengan optimal atau belum. Teori negara menurut Machiavelli tersebut mendapat tantangan dan reaksi yangkuat dari filsuf lain sepertiThomas Hobbes 1588-1679 John Locke 1632-1704 dan Rousseau 1712-1778mereka mengartika negara sebagai suatu badan atau organisasi hasil dari perjanjiam msayarakat secara bersama.

Konstitusionalisme adalah hasil dari implementasi konstitusi yang substantif bahwa. Dan negara mempunyai tanggung jawab untuk menjamin pemenuhan hak-hak istimewa tersebut.

Pancasila Sebagai Dasar Negara. Pancasila terdiri dari dua kata dari bahasa Sansekerta.

Panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Bagi bangsa Indonesia Pancasila yang tercantum dalam pembukaan UUD alenia ke IVtelah ditetapkan sebagai dasar Negara atau Ideologi Negarayang berarti Pancasila dijadikan dasar penyelenggaraan negaraPancasila sebagai dasar negaraserta sebagai sumber.

Negara dan kostitusi berhubungan sangat erat konstitusi lahir merupakan usaha untuk melaksanakan dasar negara. Dasar negara memuat norma-norma ideal yang penjabarannya dirumuskan dalam pasal-pasal oleh UUD Konstitusi Merupakan satu kesatuan utuh dimana dalam Pembukaan UUD 45 tercantum dasar negara Pancasila melaksanakan konstitusi pada.

Sekarang ini sebagian masyarakat Indonesia yang mengabaikan arti dari pancasila sebagai dasar negara dan UUD 1945 sebagai konstitusi. Bahkan bukan hanya mengabaikan namun banyak juga yang tidak mengetahui makna dari dasar negara dan konstitusi tersebut.

Konsekuensi logis dari kenyataan bahwa tanpa konstitusi negara tidak mungkin terbentuk maka konstitusi menempati posisi yang sangat krusial dalam kehidupan ketatanegaraan suatu negara. Negara dan konstitusi merupakan lembaga yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain.

Attamimi dalam disertasinya berpendapat tentang. Kedudukan fungsi dan tujuan konstitusi dalam negara selalu berubah-ubah.

Pada masa peralihan dari negara feodal monarki atau oligarki dengan kekuasaan mutlak penguasa ke negara nasional demokrasi konstitusi berkedudukan sebagai benteng pemisah antara rakyat dan penguasa yang kemudian secara perlahan-lahan mempunyai fungsi sebagai alat rakyat. Sehingga fungsi konstitusi yang adalah hukum tertinggi dalam negara mampu terealisasikan dengan nyataKonstitusionalisme adalah sebuah penerapan isi dari konstitusi dalam bernegara berupa pembatasan terhadap kekuasaan pengaturan hubungan antara organ negara dengan warga negara dan hubungan antara organ negara yang satu dengan organ negara.

Negara dan konstitusi Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha esa karena berkat rahmat dan hidayahnya saya bisa menyelesaikan tugas Pendidikan Kewarganegaraan yang berjudul NEGARA DAN KONSTITUSI. Tugas ini diajukan guna memenuhi nilai mata kuliah Pendidikan KewarganegaraanHarapan saya semoga tulisan ini bisa.

Pada masa kejayaannya antara tahun 624-404 SM Athena pernah mempunyai tidak kurang dari 11 konstitusi. Koleksi Aristoteles sendiri berhasil terkumpul sebanyak 158 buah konstitusi dari berbagai negara.

Pemahaman awal tentangkonstitusi pada masa itu hanyalah merupakan suatu kumpulan dari peraturan serta adat kebiasaan semata-mata. Apabila Negara berdasar atas hukum pemerintahan Negara itu juga harus berdasar atas suatu konstitusi atau undang-undang dasar sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahanKonstitusi dalam negara hukum adalah konstitusi yang bercirikan gagasan kostitusionalisme yaitu adanya pembatasan atas kekuasaan dan jaminan hak dasar warga negara.

Konstitusi memegang peran yang sangat penting dikarenakan dapat menjadikan suatu negara itu mencapai tujuan yang diinginkan atau diharapkan dan dapat mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan yang diselenggarakan dalam suatu negara. Tanpa konstitusi negara akan hancur atau tidak berkembang dengan baik.

Konstitusi harus mengatur dan membatasi kekuatan negara dan institusi. Konstitusi adalah ideologi elit yang berkuasa.

Konstitusi menentukan hubungan material antara negara dan masyarakat. Fungsi konstitusi baik tertulis maupun tidak tertulis adalah sebagai berikut Asshiddiqie 2006122.

Fungsi menentukan dan batas kekuatan organ negara. Konstitusi - merupakan dasar dari tatanan hukum sebuah negara yang di dalamnya terdapat perlindungan terhadap Hak Asasi Manusia HAM dan mengatur tentang distribusi kekuasaan Distribution of Power dalam penyelenggaraan negara.

Konstitusi biasanya juga disebut sebagai hukum fundamental negara sebab konstitusi ialah aturan dasar. Konstitusi adalah keseluruhan sistem ketatanegaraan dari suatu Negara berupa kumpulan peraturan-peraturan yang membentuk mengatur atau memerintah dalam pemerintahan suatu Negara KC.

KESIMPULAN DAN SARAN 51 KESIMPULAN 511 Unamendable Provision Yang Bertentangan Dengan Hakikat Konstitusi Hakikat dari konstitusi selalu berbicara mengenai konklusi dari kesepakatan masyarakat untuk membina negara dan pemerintahan yang mengatur mereka. Masyarakat dapat menyatakan kebutuhannya kepada.

Pengertian konstitusi secara etimologi yang berasal dari bahasa latin constitutio constituere yang artinya membentuk. Istilah konstitusi pada zaman dahulu yang digunakan oleh kaisar romawi untuk perintah-perintah yang diketahui constitution principum.

Sedangkan di italia istilah konstitusi menunjukkan undang-undang dasar atau Diritto Constitutionale dan dalam bahasa belanda.

www.slideshare.net