Makalah Rule Of Law

Makalah Rule Of Law

Kesimpulan dari rule of law. Rule of Law adalah rule by the law dan bukan rule by the man. Baca Juga Artikel Yang Mungkin Berhubungan.

Pengertian Sejarah Fungsi Tugas Dasar Hukum Dan Wewenang DPD Ia lahir mengambil alih dominasi yang dimiliki kaum gereja ningrat dan kerajaan menggeser negara kerajaan dan memunculkan negara konstitusi dari mana doktrin. Bagaimanakah kelebihan dari Rule by Law dalam teori negara hukum the Rule of Law.

Bagaimanakan kekurangan dari konsep Rule by Law dalam teori negara hukum the Rule of Law C. Dapat mengetahui dan menjelaskan apa itu rule of law prinsip prinsip serta bagaimana strategi pelaksanaan pengembangan dari rule of law.

Rule of law tidaklah hanya memiliki sistem pengadilan yang sempurna di atas kertas Rule of Law yang bersifat formal akan tetapi ditentukan oleh kenyataan bahwa rakyat benar-benar dapat menikmati perlakuan yang adil baik dari sesama warga negara maupun dari pemerintahannya. Rule of Law identik dengan keadilan.

Unsur-unsur rule of law menurut AV. Dicey terdiri dari- Supremasi aturan-aturan hukum- Kedudukan yang sama didalam menghadapi hukum- Terjaminnya hak-hak asasi manusia oleh undang-undang serta keputusan-keputusanpengadilanPaham rule of law di Inggris diletakan pada hubungan antara hukum dan keadilan di Amerika diletakan pada hak-hak asasi.

Dari rumusan konsep rule of law baik yang klasik maupun yang dinamis hasil K emisahan kekuasaan dalam uk undang-undang. Luar memisahkan kekuasaan negara menjad n Legislatif yaitu kekuasaan pembentuk undang-undang yang onres ICJ tahun 1965 di Bangkok dikatakan bahwa konsep rule of law dalam kaitannya dengan negara hukum memang sangat.

Franz-Magnis Suseno 1990 melihat bahwa perlindungan HAM adalah salah satu elemen dari the rule of law selain hukum yang adil. Kita bisa melacak akar prinsip the rule of law dari putusan-putusan pengadilan internasional seperti Pengadilan Hak Azasi Manusia HAM Eropa dan Komite HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB untuk mengetahui pembahasan antara the rule of law dan Hak Asasi Manusia.

Penulis sangat menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran baik secara tertulis ataupun secara lisan khususnya kepada Dosen pengampu mata kuliah Kewarganegaraan Bapak BudiartoSPdMSi agar penulis bisa mengembangkan ilmu pengetahuannya khususnya memahami tentang Kewarganegaraan pada materi Rule of Law.

Di Indonesia inti dari rule of law adalah jaminan adanya keadilan bagi masyarakatnya khususnya keadilan social. Pembukaan UUD 1945 memuat prinsip-prinsip rule of law yang pada hakikatnya merupakan jaminan secara formal terhadap rasa keadilan bagi rakyat Indonesia.

Rule of law terkait erat dengan keadilan sehingga harus menjamin keadilan yang dirasakan oleh masyarakat. Rule of law mengandung gagasan bahwa keadilan dapat dilayani melalui pembuatan system peraturan dan prosedur yang objektif tidak memihak tidak personal dan otonom.

Dalam praktik di masa kini rule of law tidak dapat dipisahkan dari good governance. Keduanya saling mengisi antara satu sama lain.

Dengan good governance setiap pelaku pekerjaan akan mampu memisahkan antara urusan pribadi dengan urusan institusi dimana ia bekerja atau bertugas. Demikian pula setiap orang akan tahu batas.

Rule of law juga dapat diartikan sebagai suatu hukum yang sudah muncul dari abad 19 bertepatan dengan lahirnya negara konstitusi juga negara demokrasi. Seiring dengan lahirnya rule of law dan pertumbuhan demokrasi serta munculnya beberapa peran peran parlemen maupun senat meningkat.

Rule of Law adalah suatu doktrin yang mulai muncul pada abad ke 19 bersamaan dengan kelahiran Negara konstitusi dan demokrasi. Rule of Law merupakan konsep tentang common law dimana segenap lapisan masyarakat dan Negara beserta seluruh kelembagaannya menjungjung tinggi supremasi hukum yang dibangun diatas prinsip keadilan dan egalitarian.

Penegakan rule of law harus diartikan secara hakiki materiil yaitu dalam arti pelaksanaan dari just law Prinsip-prinsip rule of law secara hakiki materiil sangat erat kaitannya dengan the enforcement of the rules of law dalam penyelenggaraan pemerintahan terutama dalam hal penegakan hukum dan implementasi prinsip. Sedangkan prinsip umum dari demokrasi rule of law ini adalah sebagai berikut.

Kebebasan diakui dan diterima oleh semua warga negara. Keterlibatan warga negara mengenai pembuatan keputusan politik.

Kesamaan hak diantara sesame warga dalam menentukan hak nya dalam pemilihan umum. Dapat mengetahui dan menjelaskan apa itu rule of law prinsip prinsip serta bagaimana strategi pelaksanaan pengembangan dari rule of law.

Dapat memahami pengertian hak dan kewajiban mengetahui seseorang yang berhak menjadi warga Negara di suatu Negara dan korelasi hubungan warga Negara dengan Negara. Konsep The Rule Of Lawadalah konsep negara hukum Anglo Saxon sedangkan Negara Eropa Kontinental dikenal dengan Rechtstaat.

Pada saat yang hampir bersamaan muncul pula konsep negara hukum rule of law dari AV. Dicey yang lahir dalamnaungan sistem hukum anglo-saxon.

Dicey mengemukakan unsur-unsur rule of law sebagai berikut62. Konsep rule of law yang diterapkan di negara-negara Anglo-saxon antara lain Inggris dan Amerika Serikat.

Contoh Kasus Rule Of Law Di Indonesia on. Dengan demikian inti dari Rule of Law adalah jaminan adanya keadilan bagi masyarakat terutama keadilan sosial.

Prinsip-prinsip di atas merupakan dasar hukum pengambilan kebijakan bagi penyelengagara negarapemerintahan baik di tingkat pusat maupun daerah yang berkaitan dengan jaminan atas rasa keadilan terutama. Perlu disikapi degan sangat serius ketika Pemerintah ingin menggunakan sistem hukum common law padahal Indonesia adalah penganut sistem hukum civil law.

Jangan sampai ketika Undang-Undang Induk sebagai produk dari Omnibus Law terbentuk justru malah menimbulkan kekacauan hukum dalam pelaksanaannya.

www.slideshare.net