Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia

Kesimpulan dari wawasan nusantara sebagai geopolitik indonesia. Wawasan Nusantara Pada dasarnya wawasan nusantara merupakan wawasan nasionalnya negara kita sebagai konsep politik ketatanegaraan Indonesia sehingga wawasan nasional berpandangan atas geopolitik bangsa. Pandangan ini dibangun mengingat situasi lingkungan.

Itulah mengapa sebenarnya wawasan nusantara disebut juga sebagai penerapan dari teori geopolitik bangsa Indonesia. Apasih itu konsep.

Semua itu dipandang sebagai ruang hidup yang utuh atau satu. Wawasan nusantara ini dibangun atas pandangan geopolitik bangsa.

Konsepsi wawasan nusantara dihasilkan dari pandangan masyarakat Indonesia pada konstelasi lingkungan di tempat tinggalnya. Bisa disimpulkan wawasan nusantara adalah penerapan dari teori geopolik bangsa ini.

Tujuan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia secara umum dapat dilihat dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. Dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah Untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan.

Berbagai perbedaan kebudayaan adalah keanekaragaman budaya yang menjadi identitas dari bangsa IndonesiaNamun tidak dipungkiri bahwa keaneragaman budaya bisa saja menimbulkan berbagai konflik yang terjadi dalam masyarakatKarena itu diperlukan Wawasan Nusantara sebagai nilai dasar Ketahanan Nasional serta sebagai pemersatu keragaman budaya bangsa. Jadi wawasan nusantara merupakan penerapan dari teori geopolitik bangsa IndonesiaNusantara berasal dari kata nusa dan antara.

Nusa artinya pulau atau kesatuan kepulauan dan Antara artinya menunjukkan letak anatara dua unsur. Jadi Nusantara berarti kesatuan kepulauan yang terletak antara dua benua yaitu benua Asia dan Australia dan dua.

11 Pengertian dan Latar Belakang Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Wawasan Nusantara adalah cara pandang Bangsa Indonesia terhadap rakyat bangsa dan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang meliputi darat laut dan udara di atasnya sebagai satu kesatuan Politik Ekonomi Sosial Budaya dan Pertahanan Keamanan. Wawasan nasional itu selanjutnya menjadi pandangan atau visi.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang pengertian dan penjelasan wawasan nusantara sebagai geopolitik Indonesia. Dalam pembahasannya kita juga akan melengkapi dengan menyajikan Hakikat dan Kedudukan Wawasan Nusantara Pengertian Geopolitik Teori-Teori Geopolitik serta masih banyak lagi.

Geopolitik Indonesia 11 Program Studi Pendidikan Kerwarganegaraan Hibah Pembelajaran Non Konvensional S umarsono dkk 2001 E. Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia 1.

Pengertian dan Hakikat Kata wawasan mengandung arti pandangan tinjauan penglihatan atau tanggap inderawi sedangkan istilah nusantara dipergunakan untuk. Sebagai wawasan nasional dari bangsa Indonesia maka wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan laut dan udara di atasnya dipandang sebagai aspek penting dalam Wawasan Nasional dan Geopolitik Indonesia.

Wawasan nusantara bangsa Indonesia didasarkan pada keadaan lingkungan tempat tinggalnya yang menghasilkan konsepsi wawasan nusantara. Dan Indonesia bisa bisa disebut sebagai Benua Maritim IndonesiaWilayah Negara Indonesia tersebut dituangkan secara yuridis formal dalam Pasal 25A UUD 1945 Amandemen IVAtas dasar itulah Indonesia mengembangkan paham geopolitik nasionalnya yaitu Wawasan NusantaraDan secara historis wilayah Indonesia sebelumnya adalah wilayah bekas jajahan.

Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Nusantara archipelagic dipahami sebagai konsep kewilayahan nasional dengan penekanan bahwa wilayah negara Indonesia terdiri dari pulau-pulau yang dihubungkan oleh laut. Laut yang menghubungkan dan mempersatukan pulau-pulau yang tersebar di seantero khatulistiwa.

Ada tiga faktor yang melandasi pemikiran Wawasan Nusantara yaitu geografi geopolitik dan geostrategis. Latar belakang historis dan yuridis formal.

Dalam konteks geografis geopolitik dan geostrategi Indonesia memandang wilayahnya dari segi geografi dan demografi sebagai negara terbesar di kawasan Asia Tenggara. Sebagai Wawasan nasional dari bangsa Indonesia naka wilayah Indonesia yang terdiri dari daratan laut dan udara diatasnya dipandang sebagai ruang hidup lebensraum yang satu atau utuh.

Wawasan nusantara sebagai wawasan nasionalnya bangsa Indonesia dibangunatas pandangan geopolitik bangsa. Contoh Makalah PKn.

WAWASAN NUSANTARA BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Salah satu persyaratan mutlak harus dimiliki oleh sebuah negara adalah wilayah kedaulatan di samping rakyat dan pemerintahan yang diakui. Konsep dasar wilayah kepulauan telah diletakkan melalui Deklarasi Djuanda 13 Desember 1957.

Deklarasi tersebut memiliki nilai sangat strategis bagi bangsa Indonesiakarena telah. Dengan demikian Wawasan Nusantara menjadi landasan visional dalam menyelenggarakan kehidupan nasional.

Wawasan Nusantara dalam paradigma nasional dapat dilihat dari spesifikasinya sebagai berikut. Pancasila sebagai falsafah ideologi bangsa dan dasar negara.

Berkedudukan sebagai landasan idiil. Wilayah Nusantara tersusun dari gugusan dari pulau-pulau besar dan kecil membentang di tengah khatulistiwa dengan kekayaan sumber daya alam dan budayanya.

Dengan memerhatikan arti wawasan nsuantara tersebut maka dapat menarik kesimpulan bahwa pada dasarnya wawasan nusantara memiliki empat makna yaitu. Wawasan Nusantara Sebagai Geopolitik Indonesia Konsep Dasar Wawasan Nusantara Pemerintah dan rakyat memerlukan konsepsi berupa wawasan nasional untuk menyelenggarakan kehidupannya.

Wawasan ini dimaksudkan untuk menjamin kelangsungan hidup keutuhan wilayah serta jati diri Kehidupan suatu bangsa dan negara senantias dipengaruhi oleh perkembangan. Serta dalam tujuannya wawasan nusantara digunakan sebagai cara untuk mewujudkan kerukunan dan persatuan indonesia sesuai dengan sila ke 3 pancasila dan sesuai pesan bhineka tunggal ika.

Sebutkan paham kekuasaan Bangsa indonesia Paham bangsa indonesia yang berfilsafah dan berideologi pancasila menganut paham tentang perang dan damai. Dengan judul WAWASAN NUSANTARA SEBAGAI GEOPOLITIK INDONESIA.

Dengan tulisan ini kami diharapkan mahasiswa mampu untuk memahami makna dari wawasan nusantara geopolitik dan juga hubungan antara keduanya yang menjadi suatu kesatuan yang diterapkan di Indonesia. Dengan demikian tulisan ini terdapat banyak kekurangan.

Dari penjelasan tersebut dapat dipahami bahwa geopolitik adalah suatu sistem politik wawasan nusantara yang di dalamnya terdapat peraturan-peraturan dalam kebijaksanaan serta strategi nasional. Sederhananya geopolitik dapat didefinisikan sebagai suatu permainan atau percaturan politik dari negara-negara di dunia untuk membagi teritorial atau.

www.slideshare.net