Makalah Demokrasi Di Indonesia

Makalah Demokrasi Di Indonesia

Kesimpulan demokrasi di indonesia. BAB IPENDAHULUAN11 Latar belakangDi indonesia telah banyak menganut sistem pemerintahan pada awalnya. Namun dari semua sistem pemerintahan yang bertahan mulai dari era reformasi 1998 sampai saat ini adalah sistem pemerintahan demokrasi.

Meskipun masih terdapat beberapa kekurangan dan tantangan disana sini. Sebagian kelompok merasa merdeka dengan diberlakukannya sistem domokrasi di Indonesia.

Sejak Indonesia merdeka dan berdaulat sebagai sebuah negara pada tanggal 17 Agustus 1945 para Pendiri Negara Indonesia the Founding Fathers melalui UUD 1945 yang disahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 telah menetapkan bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia selanjutnya disebut NKRI menganut paham atau ajaran demokrasi dimana kedaulatan kekuasaan tertinggi berada ditangan Rakyat dan dilaksanakan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat MPR. Demokrasi Indonesia dipandang perlu dan sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia.

Selain itu yang melatar belakangi pemakaian sistem demokrasi di Indonesia. Hal itu bisa kita temukan dari banyaknya agama yang masuk dan berkembang di Indonesia selain itu banyaknya suku budaya dan bahasa kesemuanya.

Maka dari itu dalam makalah ini penulis akan memaparkan tentang perkembangan dan penerapan demokrasi di IndonesiaBangsa Indonesia dengan segala keanekaragamanya merupakn suatu ciri khas yang tidak dimiliki oleh negara lainKita memiliki idologi dan dasar hukum yang samatujuan yang sama dan jiwa yang samasemuanya terkandung dalam Pancasila dan Pembukaan UUD 1945. Demokrasi di Indonesia adalah suatu proses sejarah dan politik perkembangan demokrasi di dunia secara umum hingga khususnya di Indonesia mulai dari pengertian dan konsepsi demokrasi menurut para tokoh dan founding fathers Kemerdekaan Indonesia terutama Soekarno Mohammad Hatta dan Soetan SjahrirSelain itu juga proses ini menggambarkan perkembangan demokrasi di Indonesia dimulai saat.

Kesimpulan Dengan demikian telah kita lihat bahwa demokrasi di Indonesia telah berjalan dari waktu ke waktu. Namun kita harus mengetahui bahwa pengertian Demokrasi Pancasila adalah demokrasi yang dihayati oleh bangsa dan negara Indonesia yang dijiwai dan diintegrasikan oleh nilai-nilai luhur Pancasila.

Adapun aspek dari Demokrasi Pancasila antara lain di bidang aspek Aspek Material Segi Isi. Secara etimologis Istilah demokrasi berasal dari bahasa Yunani demos berarti rakyat dan kratoskratein berarti kekuasaan.

Konsep dasar demokrasi berarti rakyat berkuasa government of rule by the people. Demokrasi Yang Ada Di Indonesia Didalam sistem pemerintahannya Indonesia sudah mengalami beberapa kali pergantian sistem Demokrasi.

Hal tersebut dikarenakan Indonesia sedang mencari Demokrasi yang sesuai dengan peraturan yang diterapkan serta pemimpinnya pada saat itu. BBC News Indonesia Mahasiswa melakukan unjuk rasa dengan membawa foto almarhum Munir Said Thalib di Kampus UNS Solo Jawa Tengah Selasa 109.

Unjuk rasa tersebut digelar untuk memperingati 15 tahun meninggalnya aktivis HAM Munir serta meminta pemerintah serius dalam menyelesaikan kasus pelanggaran Hak Asasi Manusia HAM di masa lalu. Kesimpulan dari pengertian demokrasi - 9028753 LATIHAN PTS 2 PKN TEMA 6 1.

Semua siswa yang sedang belajar di Indonesia wajib mengikuti peraturan yang ditetapkan negara melalui a. Menurut Akbar Konsep Demokrasi telah dijadikan dasar dalam penyelenggaraan pemerintahan.

Kemajemukan politik dan munculnya pusat-pusat kekuasaan baru di luar Negara berimbas bagi Indonesia telah menjadi ciri kepolitikan Indonesia mutakhir. Bila di masa lalu sentralisasi kekuasaan.

DEMOKRASI DI INDONESIA 1 DEMOKRASI DI INDONESIA SUATU KAJIAN TENTANG KONSEP DAN IMPLEMENTASINYA Sunarso Jurusan PKn dan Hukum FISE UNY. Abstarct In many respects what Samuel P.

Huntington has called the third wave of democratic transitions was driven by level 1--that is by the level of ideology. Sedangkan demokrasi di negara berkembang seperti Indonesia tanpa menghasilkan negara yang kuat justru tidak akan mampu menyejahterakan rakyatnya.

Demokrasi di Indonesia memberikan harapan akan tumbuhnya masyarakat baru yang memiliki kebebasan berpendapat berserikat berumpul berpolitik dimana masyarakat mengharap adanya iklim ekonomi yang kondusif. Prinsip-prinsip Demokrasi Pancasila yaitu.

Persamaan hak dan kewajiban bagi seluruh rakyat Indonesia. Keseimbangan antara hak dan kewajiban.

Pelaksanaan kebebasan yang bertanggungjawab secara moral kepada Tunan Yang Maha Esa diri sendiri dan orang lain. Mewujudkan rasa keadilan sosial.

Pendidikan Demokrasi di Indonesia Dari mulai tahun 1960 sampai sekarang pendidikan demokrasi telah dilaksanakan walaupun dengan substansi yang berbeda karena faktor kepentingan penguasa. Di tingkat persekolahan mata pelajaran yang memiliki visi dan misi yang jelas sebagai pendidikan demokrasi adalah Pendidikan Kewarganegaraan PKn.

Pada periode ini Indonesia memasuki era baru yang biasa disebut dengan era reformasi yaitu era yang menjadi babak baru dalam pelaksanaan demokrasi di Indonesia. Jika masa sebelumnya demokrasi di Indonesia diwarnai oleh kekuasaan presiden yang sangat dominan dan peran lembaga-lembaga lainnya di era reformasi ini tampak peran yang sangat proporsional di antara lembaga-lembaga negara yang ada.

Demokrasi yang dianut di Indonesia yaitu demokrasi berdasarkan Pancasila masih dalam taraf perkembangan dan mengenai sifat-sifat dan ciri-cirinya terdapat berbagai tafsiran serta pandangan. Tetapi yang tidak dapat disangkal ialah bahwa beberapa nilai pokok dari demokrasi konstitusionil cukup jelas tersirat di dalam Undang Undang Dasar 1945.

Demokrasi mencakup kondisi social ekonomi dan budaya yang memungkinkan adanya praktik kebebasan politik secara bebas dan setara. Demokrasi Indonesia dipandang perlu dan sesuai dengan pribadi bangsa Indonesia.

Selain itu yang melatar belakangi pemakaian sistem demokrasi di Indonesia. Hal itu bisa kita temukan dari banyaknya agama yang 2.

Demokrasi Pancasila Pengertian Prinsip Asas Tujuan Contoh Sekarang ini jarang sekali kita menemukan warga negara Indonesia menerapkan nilai-nilai Pancasila di dalam melakukan aktifitas sehari-harinya. 70 tahun sudah Indonesia merdeka apa itu yang disebut merdeka.

Kita lihat saja kejadian-kejadian yang masih mengental dalam keseharian dilingkungan kita. Demokrasi menurut Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 bukan saja mengakui kekuasaan negara Republik Indonesia yang tidak tak terbatas secara hukum melainkan juga demokrasi itu dikuatkan dengan pembagian kekuasaan negara dan diserahkan kepada badan-badan negara yang bertanggung jawab.

www.slideshare.net