Makalah Globalisasi Dalam Budaya

Makalah Globalisasi Dalam Budaya

Kesimpulan globalisasi budaya. KESIMPULAN Cabaran globalisasi. Semoga blog ini memberi sedikit sebanyak info mengenai pengaruh globalisasi budaya di Malaysia.

Ahli Kumpulan kami terdiri daripada - NUR SAZIRA BINTI ABRANI A133957 FASIHAH BINTI ABU BAKAR A135442 SHAFIRAH AZHANI BT AZIZ ABD AZIZ A133642. Globalisasi budaya yang begitu pesat harus diantisipasi dengan memperkuat identitas kebudayaan nasional.

Berbagai kesenian tradisional yang sesungguhnya menjadi aset kekayaan kebudayaan nasional jangan sampai hanya menjadi alat atau slogan para pemegang kebijaksanaan khususnya pemerintah dalam rangka keperluan turisme politik dsb. Memahami globalisasi globalisasi adalah sebuah konsep yang licin dan tidak mudah dipahami.

Meskipun terdapat peningkatan keterkaitan pada fenomena globalisasi sejak 1980-an istilah tersebut masih digunakan untuk menunjuk secara beragam pada sebuah proses sebuah kebijakan sebuah strategi pemasaran sebuah bahaya atau bahkan sebuah ideologi. Oleh karena itu globalisasi bukan hanya soal ekonomi namun juga terkait dengan masalah atau isu makna budaya dimana nilai dan makna yang terlekat di dalamnya masih tetap berartiMasyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang majemuk dalam berbagai hal seperti anekaragaman budaya lingkungan alam dan wilayah geografisnyaKeanekaragaman masyarakat Indonesia ini dapat dicerminkan pula dalam.

BAB III PENUTUP 10 A. Kesimpulan Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan dan ketergantungan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia dunia melalui perdagangan investasi perjalanan budaya populer dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.

Wacana globalisasi sebagai sebuah proses ditandai dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga ia mampu mengubah dunia secara mendasarBAB 1 PENDAHULUAN PENGARUH GLOBALISASI TERHADAP SOSIAL BUDAYA 11 LATAR BELAKANG Sedangkan menurut Kuntowijoyo 2004. 11-12 Globalisasi mencakup seluruh banyak beragam hiburan dan informasi yang lebih beragam yang mungkin lebih menarik.

Pengaruh globalisasi di bidang sosial budaya memunculkan pelbagai sikap buruk manusia seperti sikap individualisme konsumtif dan matrealis. Perkembangan zaman memicu manusia untuk bekerja keras agar bisa mendapatkan uang untuk bertahan hidup hal ini memicu munculnya sikap individualisme bagi setiap orang.

Globalisasi adalah suatu fenomena khusus dalam peradaban manusia yang bergerak terus dalam masyarakat global dan merupakan bagian dari proses manusia global itu. Kehadiran teknologi informasi dan teknologi komunikasi mempercepat akselerasi proses globalisasi ini.

Globalisasi menyentuh seluruh aspek penting kehidupan. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus.

Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia atau world culture telah terlihat semenjak lama. Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini Lucian W.

Dari uraian dan penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa dampak globalisasi kenyataannya sangat berpengaruh terhadap prilaku dan budaya masyarakat Indonesia dimana fenomena peng- globalan dunia harus disikapi dengan arif dan positif thinking karena globalisasi dan modernisasi sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kemajuan. Globalisasi sebagai sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia atau world culture telah terlihat semenjak lama.

Cikal bakal dari persebaran budaya dunia ini dapat ditelusuri dari perjalanan para penjelajah Eropa Barat ke berbagai tempat di dunia ini Lucian W. Pengertian lain dari globalisasi seperti yang dikatakan oleh Barker 2004 adalah bahwa globalisasi merupakan koneksi global ekonomi egara budaya dan politik yang semakin mengarah ke berbagai arah di seluruh penjuru dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita.

Mereka percaya bahwa globalisasi budaya berasal dari negara Barat merupakan dunia tanpa batas mereka sedang berhadapan dengan masalah globalisasi budaya dan perkembangan teknologi dan informasi merupakan bagian dari globalisasi budaya. Dari segi persepsi di mana mereka terhadap globalisasi budaya adalah sederhana.

Ada dua faktor pendukung munculnya globalisasi yaitu berkembang pesatnya teknologi komunikasi dan adanya integrasi ekonomi. Namun meski hanya 2 faktor pendukung dampak globalisasi merambat pada segala sekor yang ada.

Dan pengaruh Globalisasi bidang Sosial Budaya yang paling dapat kita rasakan adalah Masuknya Budaya Barat. Kesimpulan yang dapat kita ambil bahwa ciri-ciri globalisasi ditandai dengan adanya.

Kecanggihan teknologiera digital khususnya pada bidang informasi dan komunikasi. Oleh sebab itu kejadian kegiatan dan atau keputusan individumasyarakat di belahan dunia sangat mudah diakses dan dikomunikasikan atau disebarluaskan kepada masyarakat dunia.

Penulis diatas maka dalam penelitian yang berjudul Globalisasi dan Budaya populer Studi fenomena food fun dan fashion di kalangan mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut. Fenomena budaya Food fun dan fashion yang terjadi dikalangan.

Makalah Kebudayaan Di Indonesia - Kumpulan Makalah. Kata kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta yaitu Buddhayahdari kata buddhi yang artinya budi atau akal maka kebudayaan adalah sebagai hal-hal yang bersangkutan dengan budi atau akalDalam bahasa Inggris kebudayaan disebut culture yang berasal dari kata lain yaitucolere yang berarti mengolah atau mengerjakan tanah atau bertani.

Adanya globalisasi dan komunikasi yang semakin terbuka hubungan antar bangsa semakin mudah selain berdampak positif juga berdampak negatif. Dimana nilai-nilai sosial budaya asing yang tidak sesuai dengan kepribadian kita ikut masuk dalam kebudayaan bangsa akibatnya akan mempengaruhi pola pikir sikap hidup dan perbuatan kita.

Pada intinya semua penyebab terjadinya era Globalisasi ini adalah karena kegiatan ekonomi antar Negara yang semakin terbuka sehingga memudahkan Negara-negara di dunia untuk saling berinteraksi menjalin kerja sama dalam berbagai bidang yang mengakibatkan masuknya budaya-budaya baru pengetahuan baru hal-hal baru dari luar negeri ke dalam negeri. Penyusunan makalah ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas mata pelajaran IPS pada Semester Satu tahun 2018-2019.

Dalam makalah ini diuraikan tentang pengaruh-pengaruh globalisasi terhadap kehidupan masyarakat sehari-hari mencakup tentang bentuk-bentuk dan ciri-ciri globalisasi dan perubahan sosial budaya pengaruh positif dan negative upaya menaggulangi nya dan peran masyarakat.

www.slideshare.net