Identitas Nasional Dan Globalisasi

Identitas Nasional Dan Globalisasi

Kesimpulan identitas nasional dan globalisasi. Manfaat dan Tujuan Mengetahui pengertian identitas nasional Mengetahui unsur-unsur pembentuk identitas nasional Mengetahui faktor pembentukan identitas bersama Mengetahui tentang identitas nasional Indonesia Mengetahui tentang Globalisasi Mengetahui keterkaitan antara identitas nasional dengan globalisasi 2 BAB II PEMBAHASAN 1 1Pola perilakuAdalah gambaran pola perilaku yang terwujud dalam. Kata identitas berasal dari kata identity berarti ciri-ciri tanda-tanda atau jati diri yang melekat pada seseorang atau sesuatu yang membedakannya dengan yang lain.

Nasional sendiri menunjukkan pada sifat khas kelompok yang memiliki ciri-ciri kesamaan baik fisik seperti budaya agama bahasa maupun non-fisik seperti keinginan cita-cita dan tujuan. Menjaga integritas bangsa Integritas nasional adalah suatu proses penyatuan atau pembauran berbagai aspek sosial budaya ke dalam kesatuan wilayah dan pembentukan identitas nasional atau bangsa Kamus Besar Bahasa Indonesia 1989 yang harus dapat menjamin terwujudnya keselarasan keserasian dan keseimbangan dalam mencapai tujuan bersama sebagai suatu bangsa.

Setelah memahami Identitas Nasional dan Globalisasi dan kenyataan zaman yang tidak dapat di elakan Globalisasi sangat mempengaruhi Identitas Nasional bangsa kita akibatnya Identitas Nasional semakin memudar akan tetapi pentingnya identitas sebuah Negara menyebabkan Negara harus mampu menentukan sendiri sejauh mana Negara. Hakikat dan Dimensi Identitas Nasional Identitas adalah ungkapan nilai-nilai budaya suatu bangsa yang bersifat khas dan membedakannya dengan bangsa lain.

Kekhasan yang melekat pada sebuah bangsa banyak dikaitkan dengan sebutan identitas nasional. Namun demikian proses pembentukan identitas nasional bukan sesuatu yang sudah selesai tetapi sesuatu yang terus berkembang dan kontekstual.

Softskill Kewarganegaraan Pengaruh Globalisasi Terhadap Identitas Nasional Disusun oleh. Annisa Mutia KhanzaNPM.

2EA21 FAKULTAS EKONOMIUNIVERSITAS GUNADARMA20132014 KATA PENGANTAR Pertama saya panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT atas rahmat dan karunianya yang telah diberikan kepada saya. Identitas nasional suatu bangsa adalah ciri khas yang dimiliki suatu bangsa yang membedakannya dari bangsa lainnya.

Namun demikian proses pembetukan Identitas nasional bukan merupakan sesuatu yang sudah selesai tetapi sesuatu yang terbuka dan terus berkembang mengikuti perkembangan jaman. Dapat dikatakan bahwa hakikat identitas nasional kita sebagai bangsa didalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam berbagai penataan kehidupan kita dalam arti luas misalnya dalam pembukaan UUD kita sistem pemerintahan yang diterapkan nilai nilai etik moral tradisi bahasa mitos ideologi yang secara normatif diterapkan.

Globalisasi dan Tantangan Identitas Nasional Di Era Transkultural. Kopi TIMES Universitas Islam Malang Globalisasi dan Tantangan Identitas Nasional Di Era Transkultural Rabu.

Berdasarkan kedua contoh diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tantangan era trans-kultural menjadi akut jika terdapat motif liberalisasi dan radikalisasi. Untuk dampak globalisasi itu sendiri adalah bagaimana kita menyikapinya dengan cara dan berbuat seperti apa karana tidak bisa dipungkiri lagi bahwa Identitas Nasional Bangsa kita sudah mulai tergeser oleh Globalisasi kebaratan moral dan etika bangsa kita yang ketimuran semakin hari semakin terkikis bukan hanya tentang moral dan etika saja tapi Globalisasi juga mengkikis berbagai aspek.

Kehalusan budi sopan santun dalam sikap perbuatan kerukunan toleransi dan solidaritas social idealisme telah hilang karena arus globalisasi dan modernisasi. Trust atau kepercayaan antar sesame baik vertical maupun horizontal telah udar dalam kehidupan masyarakat Identitas Nasional dipertanyakan eksistensinya.

Di era globalisasi seperti sekarang peran dan fungsi identitas nasional semakin penting agar kita tidak terbawa arus globalisasi yang mengalir deras. Nilai-nilai dan budaya nasional yang ada di Indonesia tidak boleh luntur hanya karena terpaan arus globalisasi.

Identitas nasional dan globalisasi 1. Makalah pendidikan kewarganegaraan identitas nasional dan globalisasi disusun oleh.

Nilla puspita sari 1310182 ari putra ramadhan1310190 fajar sidiq 13101__ teti putri guslinda 1310175 utari rahayu 1310189 dosen. Impementasi identitas nasional dalam kehidupan berbangsa dan bernegara yamg mencakup kehidupan politik ekonomi sosial budayadan pertahanan keamanan harus tercemin dalam pola pikir pola sikap dan pola tindak senantiasa mengutamakan kepentingan bangsa dan negara kesatuan Republik Indonesia diatas kepentingan pribadi dan golongan.

Globalisasi Dan Ketahanan Nasional. Ketahan nasional adalah merupakan suatu kondisi dinamis suatu bangsa yang terdiri atas ketangguhan serta keuletan dan kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam menghadapi segala macam dan bentuk ancaman tantangan hambatan dan gangguan baik yang datang dari dalam maupun luar secara langsung maupun yang tidak langsung yang mengancam dan.

Istilah Identitas Nasional dapat disamakan dengan identitas kebangsaan secara etimologis identitas nasional dari kata identitas dan nasional. Identitas berasal dari bahasa Inggris identity memiliki pengertian harfiah.

Ciri tanda atau jati diri yang melekat pada seorang kelompok masyarakat bahkan suatu bangsa sehingga dengan identitas membedakan dengan yang lain. Identitas nasional adalah sesuatu yang selalu berubah dan terbuka untuk diberi makna baru agar tetap sesuai dengan tuntutan zaman.

Seperti kebiasaan warga indonesia yang menyebut bahwa negara kita adalah negara yang ramah tamah dan agamis maka hal ini akan menjadi mitos belaka jika kenyataanya negara kita banyak yang melakukan tindakan yang anarkis main hakim sendiri korupsi kriminalitas. KETERKAITAN IDENTITAS NASIONAL DENGAN GLOBALISASI 1.

Hakikat Identitas Nasional Pengertian Identitas Ciri - ciri tanda - tanda jati diri yang menandai suatu benda atau orang. Ciri fisik dan ciri non fisik Identitas ada yang melekat sejak lahir ada yang diperoleh melalui tindakan Identitas adalah pengenalan atau pengakuan.

Identitas nasional merupakan ciri khas yang menjadikan suatu bangsa berbeda dari yang lain. Seperti bangsa Indonesia yang terkenal dengan beragam macam budaya suku agama dan ras semua itu menjadi identitas bangsa Indonesia.

Akan tetapi sewaktu-waktu identitas nasional suatu bangsa akan terancam karena adanya pengaruh-pengaruh dari luar. Dapat dikatakan bahwa hakikat identitas nasional kita sebagai bangsa didalam hidup dan kehidupan berbangsa dan bernegara adalah pancasila yang aktualisasinya tercermin dalam berbagai penataan kehidupan kita dalam arti luas misalnya dalam pembukaan UUD kita sistem pemerintahan yang diterapkan nilai nilai etik moral tradisi bahasa mitos ideologi yang secara normatif diterapkan.

www.slideshare.net