Makalah Negara Dan Konstitusi

Makalah Negara Dan Konstitusi

Kesimpulan negara dan konstitusi. Setelah suatu Negara terbentuk maka Negara tersebut berhak membentuk undang-undang atau konstitusiKonstitusi di Indonesia sudah ada sejak zaman dahulu bahkan sebelum kemerdekaan Indonesia konstitusi telah ada yang berfungsi mengatur kehidupan bermasyarakat yang disebut dengan adat istiadat yang ada karena kesepakatan dari suatu masyarakat yang terlahir dan dipakai sebagai pengatur kehidupan. MAKALAH NEGARA DAN KONSTITUSI Oleh.

7 Tujuh Anggota. Ayu Mey Stika Putri 1432402002 Desi Hartini 1432402019 Kelas.

Teknik Kimia PSPM KEMENTRIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN JURUSAN TEKNIK KIMIA POLITEKNIK NEGERI LHOKSEUMAWE 2017 KATA PENGANTAR Alhamdulillah Puji Syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang mana atas rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini yang berjudul Negara dan Konstitusi dengan baik dan tepat waktu. Negara dan konstitusi 10 BAB III PENUTUP 41 Kesimpulan Negara adalah oraganisasi tertinggi di antara suatu kelompok masyarakat yang mempunyai cita-cita untuk bersatu hidup dalam daerah tertentu dan mempunyai pemerintahan yang berdaulat.

Dan komunikasi antar warga negara dan dengan sendirinya setelah kemerdekaan kemudian dibentuklah suatu pemerintahan negara. Prinsip-prinsip negara Indonesia dapat dikaji melalui makna yang terkandung di dalam Pembukaan UUD 1945.

Kita dapat mempelajari serta menelaah dokumen. Negara dan konstitusi Diajukan untuk memenuhi salah satu tugas KATA PENGANTAR Puji syukur saya panjatkan ke hadirat Tuhan yang maha esa karena berkat rahmat dan hidayahnya saya bisa menyelesaikan tugas Pendidikan Kewarganegaraan yang berjudul NEGARA DAN KONSTITUSI.

Tugas ini diajukan guna memenuhi nilai mata kuliah Pendidikan KewarganegaraanHarapan saya semoga tulisan ini bisa. Setelah mengetahui penjelasan fungsi konstitusiselanjutnya akan dijelaskan tentang mengenai kedua sifat konstitusi.

Konstitusi Bersifat Luwes flexible. Dalam hal ini konstitusi dapat berubah melalui prosedur seperti membuat Undang-Undang dan disesuaikan dengan perkembangan jaman.

Konstitusi Bersifat Kaku rigid. Yaitu Undang-Undang yang sulit atau tidak bisa diubah sampai.

Dalam kasus bentukan Negara konstitusi memuat aturan dan prinsip-prinsip entitas politik dan hukum istilah ini merujuk secara khusus untuk menetapkan konstitusi nasional sebagai prinsip-prinsip dasar hukum termasuk dalam bentukan struktur prosedur wewenang dan kewajiban pemerintahan negara pada umumnya. Konstitusi dan Perarturan Perundang-undangan Fakultas Hukum Unila 2014 hal.

Dan negara mempunyai tanggung jawab untuk menjamin pemenuhan hak-hak. Kemudian secara yuridis karena UUD 1945 sendiri telah mengatur prinsip dalam mekanisme perubahan konstitusi Pasal 37.

Adapun dasar pertimbangan praktis-politisnya sesuai dengan sinyalemen Mochtar Pabottinggi bahwa konstitusiUUD 1945-nya sudah lama tidak dijalankan secara murni dan konsekuen. Rumusan tujuan nasional dalam konstitusi negara merupakan pedoman untuk pola tindak.

Tujuan nasional bangsa Indonesia dalam bernegara tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 alinea IV antara lain tertulis. Melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum mencerdaskan kehidupan bangsa dan ikut.

Konstitusi merupakan segala ketentuan dan aturan dasar mengenai ketatanegaraan. 1 Berdirinya sebuah negara tidak lepas dari adanya konstitusi yang mendasarinya.

Konstitusi dapat berupa hukum dasar tertulis yang lazim disebut UndangUndang Dasar dan dapat pula tidak tertulis. Pengertian Konstitusi Oleh parta setiawan Diposting pada 26082020 26082020 Undang-Undang Dasar Konstitusi atau dalam bahasa latin Constitutio di sebuah negara adalah pembentukan norma-norma politik dan sistem hukum di negara pemerintah-biasanya dikodifikasikan sebagai sebuah dokumen yang tertulis.

Konstitusi memegang peran yang sangat penting dikarenakan dapat menjadikan suatu negara itu mencapai tujuan yang diinginkan atau diharapkan dan dapat mengatur secara mengikat cara suatu pemerintahan yang diselenggarakan dalam suatu negara. Tanpa konstitusi negara akan hancur atau tidak berkembang dengan baik.

Hubungan Dasar Negara Dengan Konstitusi Dasar negara mempunyai kedudukan sebagai norma hukum tertinggi di negara kita yang mengatur hal yang berkaitan dengan hubungan manusia dengan Tuhan manusia dengan manusia dan manusia dalam menjalankan hidupnya sehari-hari. Letak hubungan dasar negara dengan konstitusi adalah dari aturan dasar tersebut akan dibentuk keseluruhan sistem.

Negara dan konstitusi merupakan lembaga yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Attamimi dalam disertasinya berpendapat tentang pentingnya suatu konstitusi atau Undang-undang Dasar adalah sebagai pegangan dan pemberi batas sekaligus tentang bagaimana kekuasaan negara harus dijalankan.

Negara dan konstitusi merupakan lembaga yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lain. Attamimi dalam disertasinya berpendapat tentang pentingnya suatu konstitusi atau Undang-undang Dasar adalah sebagai pegangan dan pemberi batas sekaligus tentang bagaimana kekuasaan negara harus dijalankan.

Apabila Negara berdasar atas hukum pemerintahan Negara itu juga harus berdasar atas suatu konstitusi atau undang-undang dasar sebagai landasan penyelenggaraan pemerintahanKonstitusi dalam negara hukum adalah konstitusi yang bercirikan gagasan kostitusionalisme yaitu adanya pembatasan atas kekuasaan dan jaminan hak dasar warga negara. Konstitusi Tidak Tertulis yaitu suatu aturan atau norma yang tidak tertulis yang telah ada dan dilaksanakan oleh penyelenggaran negara.

Konstitusi ini disebut juga dengan istilah konvensi. Itulah penjelasan ringkas mengenai pengertian konstitusi fungsi tujuan sifat dan beberapa jenis konstitusi.

JAKARTA HUMAS MKRI Mahkamah Konstitusi MK kembali menggelar persidangan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan PHP Bupati Nunukan dan PHP Bupati Malinau pada Jumat pukul 1330 WIB di persidangan panel II dipimpin Wakil Ketua MK Aswanto dengan didampingi Hakim Konstitusi Suhartoyo dan Hakim Konstitusi Daniel Yusmic P. FoekhAgenda persidangan adalah mendengarkan jawaban Termohon.

Dalam suatu ketatanegaraan ada dikenal dengan istilah konstitusi. Indonesia sebagai negara hukum mendirikan sebuah lembaga yang dikenal sebagai Mahkamah Konstitusi MK.

www.slideshare.net