Makalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Makalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa

Kesimpulan pancasila sebagai pandangan hidup bangsa indonesia. Kesimpulan Setelah mempertimbangkan penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa oleh rakyat Indonesia karena di dalam Pancasila terdapat cita-cita yang ditetapkan oleh The Finding Fathers Pancasila juga mempunyai peranan penting dalam mengatasi persoalan-persoalan yang terjadi di negara ini serta Pancasila mengandung nilai- nilai yang menjadikan perbedaaan sebagai suatu persatuan. 5 Manfaat Pancasila sebagai pandangan hidup a.

Menjadikan bangsa Indonesia berdiri kokoh dan mengetahui dengan jelas kearah mana tujuan yang ingin dicapai. Sebagai pegangan dan pedoman bagi pemecahan masalah yang dihadapi.

Sebagai pedoman bangsa Indonesia membangun dirinya. Tidak ada pemaksaan dan saling toleransi antara agama yang satu dengan agama yang lain.

Setelah mempertimbangkan penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa Pancasila dijadikan sebagai pandangan hidup bangsa oleh rakyat Indonesia karena di dalam Pancasila terdapat cita-cita yang ditetapkan oleh The FindingBAB III PENUTUP 31. Oleh karena itu bangsa Indonesia lahir dengan kepribadianya sendiri yang bersamaan dengan lahirnya bangsa dan Negara itu kepribadian itu ditekankan sebagai pandangan hidup dan dasar Negara Pancasila.

Bangsa Indonesia lahir dengan kekuatan sendiri maka percaya pada diri sendiri juga merupakan salah satu cirri kepribadian bangsa Indonesia. Adapun isi dari Makalah ini adalah Pancasila Sebagai Pandangan Hidup Bangsa Indonesia Penjabaran Nilai - Nilai Pancasila Upaya Menjaga Nilai Nilai Luhur Pancasila.

Semoga Makalah ini dapat menambah wawasan kita semua dan dapat memenuhi kriteria tugas yang bapak berikan serta dapat menjadi nilai tambah untuk penulis. Pancasila memiliki kedudukan sebagai alat pemersatu bangsa.

Kehadiran Pancasila telah menyatukan keberagaman masyarakat Indonesia yang terdiri dari beragam ras suku dan budaya. Tanpa kehadiran Pancasila masyarakat tidak akan bisa bersatu sebagai nusa dan bangsa seperti sekarang.

Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa Indonesia lebih didasarkan dalam keadaan yang sebenarnya terjadi dimana Indonesia mempunyai beragam mulai dari Budaya Agama serta Suku yang berbeda-beda. Dengan begitu adanya Pancasila sebagai pedoman hidup sehingga seperti menjadi contoh identitas nasional yang wajib ditaati oleh masayarakat.

Bagi bangsa Indonesia hakikat yang sesungguhnya dari pancasila adalah sebagai pandangan hidup bangsa dan sebagai dasar negara. Kedua pengertian tersebut sudah selayaknya kita pahami akan hakikatnya.

Dasar negara adalah dasar untuk mengatur penyelenggaraan ketatanegaraan suatu negara dalam bidang ideology politik ekonomi sosial budaya pertahanan dan keamanan. Karena pandangan hidup bangsa harus sesuai ciri khas bangsa Indonesia dan diambil dari kepribadian tertinggi bangsa.

Pancasila dijadikan dasar untuk mencapai tujuan negara sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-undang Dasar Republik Indonesia Tahun 1945 UUD 1945. Selain itu perlu kita ketahui bahwa Pancasila selain sebagai dasar negara Indonesia Pancasila juga berfungsi sebagai pandangan hidup bangsa jiwa dan kepribadian bangsa serta sebagai perjanjian seluruh bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara.

3 Pentingnya kita mempelajari Pancasila dalam konteks sejarah perjuangan bangsa Indonesia karna. KESIMPULAN Pancasila merupakan dasar Negara dan juga menjadi falsafah hidup bangsa Indonesia sejak dahulu.

Pancasila juga diperuntukkan kepada Negara masyarakat dan pribadi bangsa Indonesia. Sila-sila pancasila itu tidak terlepas satu sama lain melainkan satu kesatuan yang bulat baik dalam fungsi dan kedudukannya sebagai dasar Negara maupun.

C Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa Indonesia. D Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia.

E Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum atau sumber tertib hukum bagi negara Republik Indonesia. F Pancasila sebagai perjanjian luhur bangsa Indonesia pada waktu mendirikan negara.

G Pancasila sebagai cita-cita dan tujuan. Pancasila sebagai dasar kehidupan bangsa Indonesia mempunyai lima sila yang menjadi pedoman hidup.

Sila-sila yang dicetuskan oleh pendiri bangsa atas dasar tujuan yang sama. Terdapat butir-butir pancasila yang masih digunakan sampai saat ini.

Ketuhanan Yang Maha Esa. Pancasila sebagai pandangan hidup merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri kukuh serta dapat mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah ideologi politik ekonomi sosial budaya pertahanan keamanan yang dihadapi bangsa dan negara.

Pancasila kemudian dijadikan bangsa Indonesia sebagai dasar hidup bersama dalam benegara. Ini berarti filsafat Pancasila mempunyai fungsi sebagai pegangan sikap dan perbuatan dalam kehidupan sehari-hari entah itu dalam bidang hukum politik ekonomi maupun sosial masyarakat.

Dengan demikian Pancasila menempati kedudukan sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai dan gagasan-gagasan dasar yang dapat dilihat dalam sikap perilaku dan kepribadian bangsa Indonesia.

Menurut Alfian suatu ideologi yang baik harus mengandung tiga dimensi agar supaya dapat memelihara relevansinya yang tinggikuat terhadap perkrmbangan aspirasi. Pancasila sebagai Dasar Negara memiliki makna penting yang menjadi pandangan hidup Bangsa Indonesia.

Kita harus bangga dengan Indonesia ya. Oleh karena pancasila sebagai pandangan hidup bangsa merupakan suatu kristalisasi dari nilai- nilai yang hidup dalam masyarakat indonesia maka pandangan hidup tersebut dijunjung tinggi oleh warganya karena pandangan hidup pancasila berakar pada budaya dan pandangan hidup masyarakat.

Sebagai dasar negara tentu Pancasila ada yang merumuskannya. Pancasila memang merupakan karunia terbesar dari Tuhan YME dan ternyata merupakan light-star bagi segenap bangsa Indonesia di masa-masa selanjutnya baik sebagai pedoman dalam memperjuangkan kemerdekaan juga sebagai alat pemersatu dalam hidup kerukunan berbangsa serta sebagai pandangan hidup untuk kehidupan manusia Indonesia.

BAB I PANCASILA DALAM KONTEKS SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA APengantar. Pancasila sebagai dasar negara republik indonesia sebelum di syahkan pada tanggal 18 Agustus 1945 oleh PPKI nilai-nilainya telah ada pada bangsa indonesia sejak zaman dahulu kala sebelum bangsa indonesia mendirikan negarayang berupa nilai-nilai adat istiadat kebudayaan serta nilai-nilai religius.

www.slideshare.net