Laporan Praktikum Viskositas

Laporan Praktikum Viskositas

Kesimpulan praktikum viskositas zat cair. Viskositas dapat dijumpai baik pada gas maupun zat cair. Pada zat cair biasanya lebih kental daripada gas.

Viskositas gas timbul akibat tumbukan-tumbukan dari molekul. Viskositas pada umumnya diukur dengan alat bernama viskosimeter.

Model dari viskometer bermacam-macam ada viskometer bola jatuh yang prinsipnya menggunakan hukum Stokes. LAPORAN PRAKTIKUM VISKOSITAS ZAT CAIR Nama.

Pendidikan Fisika A Fakultas. FMIPA ABSTRAK VISKOSITAS ZAT CAIR Viskositas merupakan pengukuran fluida yang diubah dengan tekanan maupun tegangan.

Besarnya viskositas dinyatakan dengan suatu bilangan yang menentukan kekentalan suatu zat cair. SaranPada praktikum menentukan koefisien kekentalan atau viskositas dari suatu zat cair ini bahan acuan yang digunakan hanya berupa minyak kelapa tanpa adanya bahan pembanding lainnya seperti oli air dan lainnya sehingga kami tidak dapat melihat atau mengetahui perbedaan koefisien viskositas dari setiap fluida secara langsung maka dari itu diharapkan untuk praktikum selanjutnya hal tersebut dapat diperhatikan lagi namun untuk keseluruhannya praktikum berjalan dengan baik1 1.

Wikipedia Viskositas atau kekentalan sebenarnya merupakan gaya gesekan antara molekul-molekul yang menyusun suatu fluida fluida itu zat yang dapat mengalir dalam hal ini zat cair dan zat gas. Viskositas adalah gaya gesekan internal fluida internal dalam.

Adapun kesimpulan praktikum menentukan kekentalan viskositas zat cair ini adalah. Semakin besar diameter bola yang dijatuhkan kedalam fluida semakin besar pula kecepatan benda tersebut jatuh.

Semakin kental suatu zat cair atau fluida semakin lambat kecepatan bola yang jatuh didalamnya. PENUTUP 51 Kesimpulan Adapun kesimpulan percobaan viskositas ini adalah.

Rapat massa pada bola lebih besar rapat massa pada zat cair atau fluida. Semakin tinggi nilai atau angka viskositas pada suatu zat cair maka akan semakin kecil atau semakin lambat kecepatan pada suatu benda di dalam zat cair tersebut.

Prinsip Praktikum Prinsip percobaan viskositas ini adalah menentukan massa jenis dan nilai viskositas suatu zat cair berdasarkan metode Ostwald dimana waktu yang diperlukan untuk semua volume cairan yang mengalir melalui kapiler berada dibawah pengaruh tekanan yang tetap. Besarnya gesekan ini biasa juga disebut sebagai derajat kekentalan zat cair.

Jadi semakin besar viskositas zat cair maka semakin susah benda padat bergerak didalam zat cair tersebut. Viskositas dalam zat cair yang berperan adalah gaya kohesi antar partikel zat cair Martoharsono 200 6.

Pada zat cair viskositas disebabkan karena adanya gaya kohesi gaya tarik menarik antara molekul sejenis. Sedangkan dalam zat gas viskositas disebabkan oleh tumbukan antara molekul Bird 1993.

Fluida yang lebih cair biasanya lebih mudah mengalir contohnya air. Besarnya gesekan ini biasa juga disebut sebagai derajat kekentalan zat cair.

Jadi semakin besar viskositas zat cair maka semakin susah benda padat bergerak didalam zat cair tersebut. Viskositas dalam zat cair yang berperan adalah gaya kohesi antar partikel zat cair Martoharsono 200 6.

Laporan praktikum kekentalan zat cair. Pengertian Viskositas Viskositas ialah suatu istilah ilmiah yang menggambarkan suatu resistensi terhadap suatu aliran fluida.

Fluida itu dapat menjadi cair atau juga gas Namun istilah ini lebih sering dihubungkan dengan cairan. Sebagai contoh sirup.

PENGERTIAN VISKOSITAS FLUIDA Viskositas fluida zat cair adalah gesekan yang ditimbulkan oleh fluida yang bergerak atau benda padat yang bergerak didalam fluida. Besarnya gesekan ini biasa juga disebut sebagai derajat kekentalan zat cair.

Jadi semakin besar viskositas zat cair maka semakin susah benda padat bergerak didalam zat cair tersebut. Dari praktikum Fisika Dasar tentang Viskositas Zat Cair dapat disimpulkan bahwa kekentalan suatu fluida juga sangat berpengaruh terhadap laju bola semakin besar koefisien kekentalan suatu fluida maka semakin besar pula gaya gesekan yang disebabkan oleh kekentalan fluida.

April 12th 2018 - bab vi kesimpulan dan saran vi 1 kesimpulan dari percobaan dan laporan praktikum fisika dasar koefisien kekentalan zat cairasia hw laporan praktikum fisika dasar 1 viskositas april 20th 2018 - besarnya gesekan ini biasa juga disebut sebagai derajat kekentalan zat cair jadi semakin besar viskositas zat cair 5 1 kesimpulanVISKOMETER. Zat cair memiliki gaya gesek yang bergantung pada 2 hal yang pertama adalah Viskositas kekentalanviskositas berbanding lurus dengan gaya gesek makin besar viskositas makin besar gaya gesek dan makin kecil viskoitas makin kecil gaya gesekUntuk dapat mengetahui harga viskositas suatu cairan secara kuantitatif dapat digunakan alat ukur yang.

Pada praktikum Fisika Dasar tentang Viscositas Zat Cair diperoleh hasil sebagai berikut. Waktu yang diperlukan bola besi untuk mencapai ketinggian 20 cm dan 30 cm berbeda untuk setiap zat cair dan tergantung pada tingkat viscositasnya.

Semakin tinggi viscositas maka gerakan bola besi akan semakin lambat. Mahasiswa dapat melakukan praktikum dan memahami cara penentuan nilai kekentalan zat cair sesuai prosedur dan keselamatan kerja III.

Memahami prinsip kerja Viskositas Ostwald. Menentukan Viskositas larutan dengan metode Ostwald IV.

ALAT DAN BAHAN 1. Gelas Beker 350ml dan 250ml 3.

Gelas ukur 250ml 4. Inilah pembahasan selengkapnya mengenai laporan praktikum viskositas zat cair pdf.

Admin blog Seputar Laporan 2019 juga mengumpulkan gambar-gambar lainnya terkait laporan praktikum viskositas zat cair pdf dibawah ini. Kesalahan Kesalahan Yang Mungkin Terjadi Dalam Percobaan Ini.

Pengukuran Massa Jenis Zat Cair Soal Cara Praktikum. Little Things Berat Jenis Zat Padat dan Zat Cair.

PRAKTIKUM VISCOSITAS KEKENTALAN ZAT CAIR. Viskositas Zat Cair Kumpulan Laporan Praktikum Kimia.

MATERI IPA SMP Contoh Laporan Praktikum. LAPORAN PRAKTIKUM FISIKA DASAR I Viskositas M4.

Laporan Praktikum Pipa U Bolo Bolo Bolo Bolo Bolo Bolo. Telah dilakukan praktikum koefisien kekentalan zat cair yang bertujuan untuk memahami bahwa gaya gesekan yang dialami benda yang bergerak dalam fluida berkaitan dengan kekentalan fluida tersebut dan untuk menentukan koefisien kekentalan zat cair dengan menggunakan Hukum Stokes.

www.slideshare.net