Rule Of Law

Rule Of Law

Kesimpulan rule of law. Makalah tentang ulasan mengenai Rule of Law ini diajukan untuk memenuhi salah satu tugas semester Gasal mata kuliah Kewarganegaraan. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memberikan informasi lebih jauh mengenai pengertian konsep dasar Rule of Law serta mengenai hubungnanya dengan negara dan HAM kepada pembaca.

MAKALAH KEWARGANEGARAAN RULE OF LAW HAM Dosen pembimbing. Anwar Aulia MPd Disusun Oleh.

Ilmi dina Prianti P27903117070 Kelas IB Teknologi Laboratorium Medik Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Banten 2018 KATA PENGANTAR Alhamdulillah puji syukur saya panjatkan kepada Allah SWT yang masih memberikan nafas kehidupan sehingga saya dapat menyelesaikan pembuatan makalah ini dengan. Rule of law juga mempunyai akar sosial dan juga akar budaya Eropa Satdjipto Rahardjo 2003 Rule of law juga adalah suatu legalisme aliran pemikiran hukumyang mengandung wawasansosial gagasan tentang hubungan antarmanusia masyarakat serta negara.

Rule of law adalah suatu legalisme liberal Satdjipto Rahardjo 2003. Rule of law tidaklah hanya memiliki sistem pengadilan yang sempurna di atas kertas Rule of Law yang bersifat formal akan tetapi ditentukan oleh kenyataan bahwa rakyat benar-benar dapat menikmati perlakuan yang adil baik dari sesama warga negara maupun dari pemerintahannya.

Rule of Law identik dengan keadilan. BAB III PENUTUP A.

KESIMPULAN Rule of law sangat diperlukan untuk Negara seperti Indonesia karena akan mewujudkan keadilan. Tetapi harus mengacu pada orang yang ada di dalamnya yaitu oranr-orang yang jujur tidak memihak dan hanya memikirkan keadilan tidak terkotori hal yang buruk.

Ada tidaknya rule of law pada suatu negara ditentukan oleh. Rule of law sebagai suatu legalisme yang memuat wawasan social g agasan tentang hubungan antar manusia masyarakat dan negara harus ditegakan secara adil juga memihak pada keadilan.

Rule of Law merupakan suatu legalisme sehingga mengandung gagasan bahwa keadilan dapat dilayani melalui pembuatan sistem peraturan dan prosedur yang bersifat objektif tidak memihak tidak personal dan otonom. Misalnya gerakan revolusi Perancis serta gerakan melawan absolutisme di Eropa lainnya baik dalam melawan kekuasaan raja bangsawan maupun golongan teologis.

14 BAB III PENUTUP A. Kesimpulan Rule of law merupakan suatu legalisme hukun yang menuntut keadilan.

Rule of law tidak dapat dipisahkan dengan Hak Asasi Manusia HAM karena HAM juga menuntut keadilan. Jadi HAM merupakan cakupan dari rule of law.

Saran Penegakan hukum haruslah adil agar tidak terjadi lagi kasus-kasus pelanggaran hukum. Rule of law terkait erat dengan keadilan sehingga rule of law harus menjamin keadilan yang dirasakan oleh masyarakat.

Rule of Law merupakan suatu legalisme sehingga mengandung gagasan bahwa keadilan dapat dilayani melalui pembuatan system peraturan dan prosedur yang bersifat objektif tidak memihak tidak personal dan otonom. Rule of Law adalah suatu doktrin yang mulai muncul pada abad ke 19 bersamaan dengan kelahiran Negara konstitusi dan demokrasi.

Rule of Law merupakan konsep tentang common law dimana segenap lapisan masyarakat dan Negara beserta seluruh kelembagaannya menjungjung tinggi supremasi hukum yang dibangun diatas prinsip keadilan dan egalitarian. Cirri-ciri konsep the rule of law taitu.

Adanya supremasi aturan-aturan hukum Kesamaan kedudukan di depan hukum equality before the law. RULE of LAW Rule of Law.

31 Kesimpulan Adapun kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penulisan makalah yang berjudul Hak Asasi Manusia ini antara lain. Latar belakang sejarah munculnya ide tentang hak asasi manusia yang berlaku saat ini berakar sejak era Perang Dunia II.

Pembunuhan dan kerusakan dahsyat yang ditimbulkan Perang Dunia. Puji dan syukur penyusun panjatkan kepada Allah SWT atas segala rahmat dan karunia-Nya sehingga penyusun dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul Rule of Law Penegakkan Hukum Peningkatan dan Kesadaran Hukum.

Tak lupa shalawat dan salam selalu tercurah kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW beserta para keluarga sahabat dan pengikut pengikutnya sampai akhir zaman. Hak Asasi Manusia HAM dan Rule of Law.

Qurratul Ain AMa I. Pendahuluan Pasal 1 ayat 3 Perubahan Ketiga Undang-Undang Dasar UUD 1945 menegaskan bahwa Negara Indonesia berdasarkan atas negara hukum the rule of law.

Pakar ilmu sosial Franz-Magnis Suseno 1990 melihat bahwa perlindungan HAM adalah salah satu elemen dari the rule. Franz-Magnis Suseno 1990 melihat bahwa perlindungan HAM adalah salah satu elemen dari the rule of law selain hukum yang adil.

Kita bisa melacak akar prinsip the rule of law dari putusan-putusan pengadilan internasional seperti Pengadilan Hak Azasi Manusia HAM Eropa dan Komite HAM Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB untuk mengetahui pembahasan antara the rule of law dan Hak Asasi Manusia. Rule of law sangat diperlukan untuk Negara seperti Indonesia karena akan mewujudkan keadilan.

Tetapi harus mengacu pada orang yang ada di dalamnya yaitu orang-orang yang jujur tidak memihak dan hanya memikirkan keadilan atau semata-mata mengabdikan diri untuk kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Rule of Law Pengertian Prinsip Strategi Fungsi Dinamika.

Oleh parta setiawan Diposting pada 15 Desember 2020. Rule of Law Pengertian Prinsip Strategi Fungsi Dinamika.

Rule of law adalah suatu legalisme hukum yang mengandung suatu gagasan bahwa keadilan dapat dilayani dengan cara pembuatan sistem peraturan. Kesimpulan rule of law dan ham.

Oleh Guru Pendidikan Diposting pada September 10 2019 September 29 2020. Kali ini akan membahas mengenai Rule Of Law.

Ada yang sudah. Rule of law dalam suatu Negara dapat dilihat dari ada atau tidaknya kenyataanapakah rakyat benar-benar menikmati keadilan dalam artian perlakuan yang adil baik semua warga Negara maupun pemerintah.

Di Negara demokrasi pemerintah yang baik adalah pemerintah yang menjamin sepenuhnya kepentingan rakyat serta hak dasar rakyat. Kesimpulan yang kelompok saya ambil tentang Hak Asasi Manusia dan Rule of Law dari Buku DrWinarnoSPdMSi 2014 Paradigma Baru Pendidikan Kewarganegaraan panduan Kuliah di Perguruan Tinggi Jakarta.

www.slideshare.net