Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Negara

Kesimpulan tentang pancasila sebagai ideologi nasional. Pancasila sebagai ideologi nasional bukan dibentuk dan diciptakan oleh seseorang begitu saja tetapi terbentuknya melalui proses yang panjang dalam sejarah bangsa Indonesia yang diangkat dari nilai-nilai adat istiadat nilai-nilai kebudayaan serta nilai religious yang terdapat dalam pandangan hidup masyarakat Indonesia sebelum membentuk Negara. Perlu adanya penelitian atau study banding kedepannya agar memperlengkap pengetahuan tentang pancasila sebagai ideologi nasional.

Selain dari pada itu penulis memohon maaf apabila terdapat kesalahan karena kami masih dalam proses pembelajaranDan yang kami harapkan dengan adanya makalah inidapat menjadi wacana yang membuka pola pikir pembaca. Ketetapan bangsa Indonesia bahwa Pancasila adalah ideologi bagi Negara dan bangsa Indonesia adalah sebagaimana tertuang dalam Ketetapan MPR No.

XVIIVMPRl998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR RI No. IVMPR 1978 tentang Pedoman Penghayatan dan pengamalan pancasila Eka prasetya Pancakarsa dan Penetapan tentang Penegasan pancasila sebagai dasar Negara.

PENDIDIKAN PANCASILA PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NASIONAL Rowland Bismark Fernando Pasaribu 9142013 Pancasila perlu disosialisasikan agar dipahami oleh dunia sebagai landasan filosofis bangsa Indonesia dalam mempertahankan eksistensi dan mengembangkan dirinya menjadi bangsa yang sejahtera dan modern. Sebagai ideologi nasional ia harus.

MAKALAH PANCASILA SEBAGAI IDEOLOGI NEGARA STMIK AMIKOM YOGYAKARTA Dosen. Abidarin Rosyidi MMa Kelompok E Abdul Rajab Tahir 11115222 S1T1 ABSTRAKSI Kesetiaaan nasionalisme dan patriotisme warga Negara kepada bangsa dan negaranya dapat diukur dalam bentuk kesetiaan mereka terhadap filsafat negaranya secara formal diwujudkan dalam bentuk peraturan perundang-undangan Undang.

Pancasila sebagai Filsafat dan Ideologi Nasional 1. Pancasila Sebagai Filsafat dan Ideologi Nasional Kelompok 2 2.

Anggota Agung Nugraha 1307457 Dwi Ratna Martiana 1306593 Nurrizkiyah Amir 1300520 Patimah Ahmad1305130 Rapika Annasari 1304183 Wendi Kuswiandi 1307650. Pancasila merupakan dasar negara yang terbentuk melalui proses panjang yang penuh lika-liku perjuangan baik perjuangan secara moril maupun materiil bahkan jiwa dan raga.

Asal mula Pancasila menurut kausalitas dibagi menjadi dua yakni asal mula langsung dan tak langsung. Pancasila sebagai Kepribadian dan Identitas Nasional karena Bangsa Indonesia sebagai salah satu bangsa dari masyarakat internasional memilki sejarah serta prinsip dalam hidupnya yang berbeda dengan bangsa-bangsa lain di dunia Tatkala bangsa Indonesia berkembang menuju fase nasionalisme modern diletakanlah prinsip-prinsip dasar filsafat.

Kesimpulan Dengan terseleainya pembuatan makalah Pancasila yang berjudul Pancasila Sebagai I deologi Nasional dapat dibuat kesimpulan. Ideologi nasional terdiri atas nilai-nilai yang perlu dilembagakan dalam masyara kat sedemikian sehingga memudahkan proses sosialisasi bagi warga negara dalam me nghayati statusnya itu.

Aprilia Dwi Astuti 7311415030 Manajemen B. UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG TAHUN 2015 KATA PENGANTAR.

Puji syukur kami panjatkan Kepada allah SWT atas anugrah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan makalah tentang Pancasila Sebagai Ideologi. Pancasila Sebagai Ideologi -Pengertian Makalah Fungsi Dan Ciri dosenpendidikan Pancasila di lambangkan sebagai burung garuda yang memiliki 5 sila di bagian tubuhnya.

Menurut wikipedia Pancasila adalah ideologi dasar bagi negara Indonesia. Nama ini terdiri dari dua kata dari Sanskerta.

Panca berarti lima dan sila berarti prinsip atau asas. Pancasila sebagai ideologi memiliki karakter utama sebagai ideologi nasional.

Ia adalah cara pandang dan metode bagi seluruh bangsa Indonesia untuk mencapai cita-citanya yaitu masyarakat yang adil dan makmur. Pancasila adalah ideologi kebangsaan karena ia digali dan dirumuskan untuk kepentingan membangun negara bangsa Indonesia.

Ideologi Pancasila ditetapkan sebagai dasar negara juga sekaligus ideologi nasional. Makna Pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia adalah bahwa nilai-nilai yang terkandung dalam ideologi Pancasila itu menjadi cita-cita normatif bagi penyelenggaraan bernegara.

Dengan kata lain visi atau arah dari penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia adalah terwujudnya. Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Pancasila sebagai ideologi bangsa adalah pancasila sebagai cita-cita negara atau cita-cita yang menjadi basis bagi suatu teori atau sistem kenegaraan untuk seluruh rakyat dan bangsa Indonesia Berdasarkan Tap. XVIIIMPR1998 tentang pencabutan ketetapan MPR tentang P4.

NUSANTARANEWSCO Peran fungsi dan implemetasi Pancasila. Ideologi sebagaimana disampaikan Prof.

Berperan memberikan stabilitas arah dalam hidup berkelompok dan sekaligus memberikan dinamika gerak menuju yang dicita-citakan. Ideologi berupa pandangan hidup falsafah hidup bangsa merupakan seperangkat tata nilai yang dicita-citakan yang diyakini kebenarannya perlu.

Pada masa era reformasi Pancasila sebagai ideologi negara mengalami pasang surut dengan ditandai beberapa hal seperti. Enggannya para penyelenggara negara mewacanakan tentang Pancasila bahkan berujung pada hilangnya Pancasila dari kurikulum nasional meskipun pada akhirnya timbul kesadaran penyelenggara negara tentang pentingnya pendidikan.

Setelah memahami pengertian dari ideologi kita perlu mengetahui bahwa pancasila sebagai ideologi nasional bangsa Indonesia juga memiliki makna sebagai berikut. Nilai-nilai yang terkandung dalam pancasila menjadi cita-cita yang hendak dicapai menjadi pedoman hidup dalam penyelenggaraan bernegara.

Pancasila sebagai ideologi dalam masa pemerintahan Presiden Soeharto diletakkan pada kedudukan yang sangat kuat melalui TAP MPR No. II1978 tentang pemasyarakatan P-4.

Pada masa Soeharto ini pula ideologi Pancasila menjadi asas tunggal bagi semua organisasi politik Orpol dan organisasi masyarakat Ormas. Pancasila sebagai Paradigma perkembangan Bidang Ideologi.

Perkembangan ideologi di Negara kita harus selalu diartikan sebagai pengembangan Pancasila sebagai ideologi nasional. Dalam hal ini pancasila harus dipandang ideologi yang dinamis yang dapat menangkap tanda tanda perkembangan dan perubahan zaman.

Ketetapan bangsa Indonesia bahwa Pancasila adalah ideologi bagi Negara dan bangsa Indonesia adalah sebagaimana tertuang dalam Ketetapan MPR No. XVIIVMPRl998 tentang Pencabutan Ketetapan MPR RI No.

IVMPR 1978 tentang Pedoman Penghayatan dan pengamalan pancasila Eka prasetya Pancakarsa dan Penetapan tentang Penegasan pancasila sebagai dasar Negara.

www.slideshare.net