Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Makalah Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka

Kesimpulan tentang pancasila sebagai ideologi terbuka. Demikian artikel tentang kesimpulan Pancasila sebagai ideologi terbuka dengan penjelasan yang saya rasa cukup lengkap dimana artikel ini merupakan referensi dari buku pengayaan Kewarganegaraan untuk siswa SMAMASMK kelas XII Semester 1 semoga bermanfaat. Demikian artikel tentang kesimpulan Pancasila sebagai ideologi terbuka dengan penjelasan yang saya rasa cukup lengkap dimana artikel ini merupakan referensi dari buku pengayaan Kewarganegaraan untuk siswa SMAMASMK kelas XII Semester 1 semoga bermanfaat.

Pancasila sebagai suatu Ideologi tidak bersifat tertutup dan kaku tetapi bersifat reformatif dinamis dan terbuka. Hal ini dimaksudkan bahwa Ideologi pancasila besifat aktual dinamis antisipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman ilmu pengetahuan dan teknologi iptek serta dinamika perkembangan aspirasi masyarakat.

Yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah Pancasila merupakan ideologi yang mampu menyesuaikan diri dengan perkembagan jaman tanpa pengubahan nilai dasarnya. Ini bukan berarti bahwa nilai dasar Pancasila dapat diubah dengan nilai dasar yang lain yang sama artinya dengan meniadakan Pancasila atau meniadakan identitasjati diri bangsa Indonesia AL Marsudi 200062.

Pancasila sebagai ideologi terbuka Abdulkadir Besar dalam tulisannya tentang Pancasila Ideologi Terbuka antara lain menyebutkabn bahwa pada umumnya khalayak memehai arti terbuka dari pernyataan ideologi terbuka sebagai filsafat keterbukaan ideologi itu sendiri. Sebagai ideologi terbuka Pancasila ini dapat memberikan orientasi kedepan yang akan mengharuskan bangsa Indonesia untuk selalu menyadari tentang sebuah kehidupan yang akan dihadapinya di keesokan harinyayang terutama menghadapi era globalisasi maupun keterbukaan.

Pancasila sebagai ideologi terbuka mempunyai makna jika setiap sila yang terkandung dalam landasan dasar negara ialah. Ketuhanan Kemanusiaan Persatuan Kerakyatan dan Keadilan dapat berkembang seiring dinamika kehidupan bangsa Indonesia serta perubahan jaman yang semakin kreatif.

Pancasila sebagai ideologi bangsa Ideologi bangsa Indonesia mengandung nilai-nilai dan gagasan-gagasan dasar yang dapat dilihat dalam sikap perilaku dan kepribadian bangsa Indonesia. Menurut Alfian suatu ideologi yang baik harus mengandung tiga dimensi agar supaya dapat memelihara relevansinya yang tinggikuat terhadap perkrmbangan aspirasi masyarakat dan tuntutan perubahan zaman.

Pancasila sebagai ideology terbuka sering dipahami sebagai harifah yaitu berbagai konsop dari ideology lain terutama ideology leberalisme seperti hak asasi manusia pasar bebas mayoritas tunggal dualisme pemerintahan serta konsekunsi logis system operasi liberal tanpa pelarangan yang system matisnilai itu dianggap dan diberlakukan sebagai konsep yang inheren dalam ideology pancasiala. Sebagai ideologi terbuka Pancasila senantiasa mampu berinteraksi secara dinamis.

Nilai-nilai Pancasila tidak boleh berubah namun pelaksanaannya kita sesuaikan dengan kebutuhan dan tantangan nyata yang kita hadapi dalam setiap kurun waktu. Meskipun bersifat terbuka ideologi Pancasila juga ada batasan dalam keterbukaan tersebut.

Ideologi terbuka adalah ideologi yang bisa mengikuti perkembangan zaman dan dapat menyesuaikan. Pengertian Pancasila Sebagai Ideologi Negara dan Fungsinya bagi Bangsa Ideologi terbuka biasanya hanya berisi pandangan dasar dan pengembangannya disesuaikan dengan nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

Pancasila sebagai ideology terbukaPancasila memberikan orientasi ke depanmengh aruskan bangsanya untuk selalu menyadari situasi kehidupan yang sedang dan akan dihadapinyaterutama menghadapi globalisasi dan era keterbukaan dunia dalam sega la bidangIdeologi Pancasila menghendaki agar bangsa Indonesia tetap bertahan da lam jiwa dan budaya bangsa Indonesia dalam ikatan Negara Kesatuan. Bagaimanakah pancasila sebagai ideologi terbuka dan ideologi tertutup.

TUJUAN Kelompok kami menyusun makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui tentang Pancasila sebagai ideologi negara dan pancasila sebagai ideologi bangsa indonesia yang sesungguhnya dan dengan adanya makalah ini juga di harapkan dapat menjadi pengetahuan bagi kita semua. Menurut Kesimpulan Saya bagi masyarakat Indonesia Pancasila bukanlah sesuatu yang asing.

Pancasila terdiri atas 5 lima sila tertuang dalam pembukaan UUD 1945Alinea IV dan diperuntukkan sebagai dasar negara Republik Indonesia. Meskipun di dalam Pembukaan UUD 1945 tersebut tidak secara eksplisit disebutkan kata Pancasila namun sudah dikenal luas bahwa 5 lima sila yang dimaksud adalah.

Menurut pendapat Harol HTitus defenisi dari ideologi adalah suatu istilah yang digunakan untuk sekelompok cita-cita mengenai berbagai macam masalah politik ekonomi filsafat sosial yang sering dilaksanakan bagi suatu rencana yang sistematis tentang suatu cita-cita yang dijalankan oleh sekelompok atau lapisan masyarakat Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah sebagai suatu sistem pemikiran. Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka Seperti kita ketahui budaya masyarakat Indonesia dalam mencapai kata sepakat ditentukan melalui musyawarah dan kosensus dari masyarakat.

Oleh karena itu bentuk dari proses pemikiran dari suatu masyarakat terbuka menjadi suatu dasar kepribadian bangsa Indonesia sekaligus sebagai bagian dari konsep perumusan Pancasila sebagai dasar negara. Pancasila Sebagai Ideologi Terbuka.

Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup namun bersifat terbuka hal ini dimaksudkan bahwa ideologi pancasila adalah bersifat aktual dinamis antsipatif dan senantiasa mampu menyesuaikan dengan perkembangan jaman. Berdasarkan kutipan diatas kita dapat menarik kesimpulan bahwa secara fundamental memang benar Pancasila dapat dikategorikan sebagai ideologi terbuka.

Seiring dengan perkembangan zaman nilai-nilai Pancasila tetap sama hanya saja peraturan dan kebijakan yang bersumber dari nilai tersebutlah yang berubah menyesuaikan dengan zaman. Pentingnya Pilar Demokrasi Indonesia dalam Melaksanakan Pemilu.

Arti Pancasila sebagai Ideologi Terbuka. Pancasila sebagai ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam penerapannya menganut ideologi terbuka.

Negara sebagai lembaga kemasyarakatan sebagai organisasi hidup manusia senantiasa memiliki cita-cita dan harapan ide-ide serta pemikiranpemikiran yang secara bersama merupakan suatu yang orientasi bagi semua tindakan dalam hidup kenegaraan. Pancasila sebagai ideologi yang Reformasi Dinamis dan Terbuka Pancasila sebagai suatu ideologi tidak bersifat kaku dan tertutup namun bersifat.

www.slideshare.net